Ciri-Ciri Muka Alergi Kosmetik

Ciri-Ciri Muka Alergi Kosmetik, Yuk Kenali!

Ciri-Ciri Muka Alergi Kosmetik, Yuk Kenali! – Walaupun produk kosmetik bisa membuat penampilanmu semakin cantik, nyatanya tidak semua produk kecantikan bisa cocok untuk kulitmu. Terlebih lagi jika kamu mempunyai kulit yang sensitif, maka kemungkinan terjadinya alergi kosmetik akan lebih tinggi.

Tapi jangan khawatir, terdapat ciri-ciri muka alergi kosmetik yang mungkin bisa kamu ketahui, apa saja? Yuk simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini!

Apa Perbedaan Sensitif dan Alergi?

Sebelum kita membahas ciri-ciri muka alergi kosmetik, ada baiknya kamu memahami perbedaan antara kulit sensitif dan alergi. Umumnya, beberapa gejala kulit sensitif yaitu muncul kemerahan disertai rasa gatal atau terbakar yang mungkin tidak nyaman.

Kondisi kulit yang sensitif ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan kulit dalam menghadapi tekanan luar seperti angin, polusi, dan cuaca yang terlalu hangat atau terlalu dingin. Akibatnya, kulit bereaksi berlebihan saat terkena stres.

Sedangkan alergi kulit, biasanya disebabkan oleh adanya bahan-bahan alergen tertentu, tidak lagi disebabkan oleh stres dari luar. Alergi ini hanya terjadi saat kulit bersentuhan dengan alergen.

Berbeda dengan kulit sensitif yang responsnya berupa peradangan, alergi memicu reaksi imun berupa kemerahan, bengkak, eksim atau gatal-gatal dan paling sering muncul di area yang bersentuhan dengan produk.

MPM Beauty

Perbedaan Antara Iritasi dan Alergi Karena Kosmetik

Selain itu, ada pula ciri-ciri alergi kosmetik yang berbeda dengan iritasi akibat kosmetik. Terdapat 2 jenis reaksi kulit terhadap bahan yang terkandung dalam kosmetik, yaitu iritasi (dermatitis kontak iritan) dan alergi (dermatitis kontak alergi).

Dermatitis kontak iritan tidak lagi melibatkan reaksi kekebalan, dan biasanya berkembang saat kulit beradaptasi dengan produk tertentu. Selain itu, dermatitis kontak iritan biasanya ditandai dengan munculnya rasa gatal, terbakar atau perih, dan kemerahan di sekitar kulit yang terkena kosmetik.

Di sisi lain, dermatitis kontak alergi adalah hasil dari reaksi berlebihan tubuh terhadap bahan-bahan yang tidak berbahaya dalam produk kecantikan. Beberapa tanda dan gejala dermatitis kontak alergi antara lain gatal, kemerahan, dan bengkak pada bagian tubuh termasuk wajah, bibir, telinga, dan leher, atau daerah yang langsung terpapar alergen. Kondisi dermatitis kontak alergi ini akan bertahan sampai tubuh mampu meningkatkan toleransi terhadap alergen.

Ciri-Ciri Muka Alergi Kosmetik

Walaupun setiap orang bisa mengalami kondisi yang berbeda-beda, namun secara umum ciri-ciri muka alergi kosmetik yaitu:

  • Kulit gatal
  • Ruam merah muncul
  • Muncul sensasi perih, gatal, atau terbakar
  • Kulit kering dan pecah-pecah
  • Muncul bintik-bintik merah kecil
  • Mata merah, gatal, bengkak dan berair
  • Daerah sekitar bibir dan lidah membengkak

Perlu diketahui, reaksi alergi kosmetik biasanya dapat mengakibatkan anafilaksis. Ingatlah bahwa anafilaksis merupakan reaksi alergi berat yang jika tidak ditangani dengan baik, bisa mengancam keselamatan jiwa.

Ciri-ciri muka alergi kosmetik yang berkembang menjadi anafilaksis bisa mencakup tanda-tanda berikut.

  • Sulit bernafas
  • Lidah dan tenggorokan bengkak
  • Diare
  • Pingsan

Baca Juga : Pakai Sunscreen Dulu Atau Serum, Ini Urutan yang Benar

Kapan Reaksi Alergi Skincare Muncul?

Reaksi alergi terhadap skincare bisa muncul secara langsung sampai beberapa jam setelah penggunaan produk perawatan kulit atau kecantikan tertentu. Tetapi kenyataannya, reaksi alergi mungkin bisa muncul setelah kamu menggunakan produk selama berbulan-bulan atau mungkin bertahun-tahun tanpa masalah. Jadi pastikan untuk selalu waspada dan memperhatikan kondisi kulit ya!

Berapa Lama Sembuh dari Alergi Kosmetik?

Tingkat keparahan gejala alergi yang dialami oleh semua orang pada umumnya tidak sama karena bergantung pada jenis respons dan sensitivitas kulit terhadap suatu zat. Oleh karena itu, untuk mengatasi kondisi alergi ini, penting untuk mengenali dan menghindari penyebab reaksinya.

Umumnya, jika kamu menghindari zat yang menyebabkan reaksi tersebut, ruam kulit akan hilang dalam 2 sampai 4 minggu.

Bagaimana Langkah Awal Mengatasi Alergi?

Ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan sebagai langkah awal dalam mengatasi reaksi alergi setelah mengetahui tentang ciri-ciri muka alergi kosmetik.

Hal ini sangat penting untuk diketahui agar alergi kamu tidak bertambah parah. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi alergi.

  • Ketahui apa penyebab alergi.
  • Sebisa mungkin, jauhi zat-zat yang dapat menyebabkan reaksi alergi.
  • Temukan obat reaksi alergi berkualitas yang sesuai dengan gejala kamu.
  • Gunakan serum yang dapat meredakan iritasi dan efek alergi pada kulit sensitif.
  • Konsultasikan dengan dokter jika reaksi alergi tidak kunjung membaik.

Baca Juga : Apakah Kulit Sensitif Bisa Kembali Normal? Ini Cara Jitu Mengatasinya

Itulah beberapa ciri-ciri muka alergi kosmetik yang mungkin bisa kamu pahami agar tidak bertambah buruk jika dibiarkan. Durasi pemulihan alergi kosmetik pada kulit wajah juga berbeda-beda. Apabila kamu merasa sudah parah dan tidak kunjung sembuh dalam waktu lama, segera temui dokter kecantikan terdekat. Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan