Cara Mengatasi Wajah Yang Terasa Panas

Cara Mengatasi Wajah Yang Terasa Panas dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Wajah Yang Terasa Panas dan Penyebabnya – Pernahkah kamu merasa panas di wajah saat berenang atau berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama? Apabila iya, bagaimana cara mengatasi wajah yang terasa panas?

Wajah yang terasa panas mungkin disebabkan oleh banyak hal. Dan sudah bukan hal yang aneh lagi jika kamu mengalami hal-hal ini dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari tuntutan pekerjaan, olahraga atau hal-hal lain yang dapat menyebabkan keadaan tersebut.

Supaya kamu dapat mengatasinya dengan langkah yang tepat, pastikan kamu membaca penjelasan ini sampai selesai ya. Karena pada artikel kali ini akan memberikan penjelasan mengenai penyebab, cara mengatasi wajah yang terasa panas serta memberikan saran produk yang aman untuk mengatasinya. Langsung saja yuk simak penjelasan di bawah ini!

Penyebab Wajah Terasa Panas

Ada banyak penyebab mengapa wajah terasa panas. Pemicu munculnya sensasi panas ini akan berdampak pada penanganannya. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Demam

Saat kamu demam, kamu mungkin merasakan panas di seluruh bagian tubuh, termasuk wajah. Keadaan ini muncul karena suhu tubuh kamu meningkat dan menyebar ke seluruh bagian tubuh. Sehingga suhu tubuh yang terlalu tinggi akan membuat wajah kamu berkeringat.

MPM Beauty

2. Makan Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas juga bisa membuat wajah kamu terasa panas. Hal ini bisa terjadi karena adanya zat bernama capsaicin yang mengaktifkan reseptor panas di dalam kulit sehingga menyebabkan kemerahan, sensasi terbakar atau bahkan sensasi panas.

3. Berada Di Ruang Terbuka

Paparan sinar matahari menyebabkan wajah terasa panas, dan hal ini cukup sering terjadi. Sinar ultraviolet matahari yang mengenai kulit akan menimbulkan sensasi panas pada kulit. Di sinilah kulit akan terasa panas atau bahkan dalam beberapa kondisi, wajah akan mengalami kemerahan atau bahkan terbakar.

4. Tidak Cocok Dengan Skincare Yang Digunakan

Pernahkah kamu merasakan wajah terasa panas setelah menggunakan produk perawatan kulit tertentu? Apabila iya, maka ada baiknya untuk menghindari penggunaan produk perawatan kulit tersebut.

Wajah kamu akan terasa panas jika tidak cocok dengan skincare yang kamu gunakan. Di antara berbagai produk yang biasanya menjadi pemicu adalah serum, tabir surya, dan krim.

Baca Juga : Manfaat Myristic Acid Untuk Wajah

5. Reaksi Alergi Kosmetik

Selain untuk perawatan kulit, penggunaan kosmetik juga dapat menimbulkan rasa panas pada wajah. Keadaan ini biasanya disebabkan karena kamu alergi terhadap bahan-bahan dalam kosmetik yang digunakan. Tak hanya itu, terkadang juga terjadi ketidaksesuaian antara skincare dan kosmetik yang digunakan.

6. Iritasi

Kulit wajah yang iritasi bisa membuat wajah kamu terasa panas. Infeksi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah dua faktor yang disebutkan di atas, infeksi dari udara di sekitar, kulit sensitif, rusaknya pelindung kulit, atau sebab-sebab lain.

Kemerahan akibat iritasi ini tentunya harus diatasi dengan baik. Karena jika kamu memilih produk yang salah untuk mengatasinya, iritasinya akan bertambah parah.

Berapa lama iritasi wajah sembuh? Proses penyembuhan iritasi wajah akan bergantung pada kondisi dan cara penanganannya. Dalam jangka waktu tertentu, rasa panas di wajah akibat iritasi bisa berkurang dalam beberapa hari dengan penggunaan perawatan kulit yang tepat.

7. Berolahraga

Wajah yang terasa panas dan memerah saat berolahraga adalah hal yang biasanya terjadi. Situasi ini merupakan bentuk respon alamiah tubuh. Saat kamu berolahraga, jantung memompa darah lebih cepat untuk mengalir ke otot dan bagian tubuh lainnya.

8. Situasi Medis

Pada tingkat lanjut, ada situasi medis yang menyebabkan wajah terasa panas. Tetapi kondisi ini perlu diperiksakan kembali melalui dokter kulit supaya pengobatan yang dilakukan lebih tepat dan aman,

9. Gugup

Bukan hanya karena keadaan medis, ketika kamu merasa gugup, bingung atau anxiety juga bisa menyebabkan wajah kamu terasa panas. Tubuh akan melepaskan hormon stres ke dalam otot dan darah sekaligus menyalurkan rasa panas.

Contoh situasi yang dapat menyebabkan hal ini misalnya saat kamu akan berbicara di depan banyak orang atau kejadian yang dapat menimbulkan berbagai perasaan gugup.

Baca Juga : Berapa Lama Pemulihan Kulit Terbakar Matahari? Ini Waktu yang Dibutuhkan

Cara Mengatasi Wajah Yang Terasa Panas

Ada banyak cara mengatasi wajah yang terasa panas. Apabila keadaan tersebut karena keadaan medis, maka hal yang harus dilakukan yaitu melakukan konsultasi ke ahlinya. Sedangkan jika karena reaksi alergi terhadap kosmetik dan skincare, kamu bisa menghindari penggunaan produk yang diduga menimbulkan kemerahan dan rasa terbakar.

Apabila wajah kamu terasa panas karena berolahraga atau karena terlalu lama berada di luar ruangan dan terkena sinar matahari, kamu dapat menunggu beberapa saat untuk berlindung di tempat yang lebih sejuk. Kamu juga bisa mempercepat proses pendinginan wajah yang panas melalui penggunaan facial mist yang telah teruji mampu menghilangkan rasa panas di wajah.

Itulah beberapa cara mengatasi wajah yang terasa panas. Semoga bermanfaat! Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan