berapa lama pemulihan kulit terbakar matahari

Berapa Lama Pemulihan Kulit Terbakar Matahari? Ini Waktu yang Dibutuhkan

Berapa Lama Pemulihan Kulit Terbakar Matahari? Ini Waktu yang Dibutuhkan – Ternyata banyak hal baik yang bisa kamu dapatkan saat beraktivitas di luar ruangan, antara lain mendapatkan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Banyak penelitian juga menyatakan bahwa paparan sinar matahari yang cukup dapat meningkatkan suasana hati karena tubuh akan melepaskan hormon serotonin yang membantu kamu fokus dan menjadi lebih tenang.

Walaupun siang hari mempunyai banyak manfaat, tetapi paparan sinar matahari yang berlebihan akan mempunyai dampak yang buruk. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kulit terbakar. Oleh karena itu, berapa lama pemulihan kulit terbakar matahari? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Sunburn?

Sebelum kita membahas tentang “berapa lama pemulihan kulit terbakar matahari”, ada baiknya kita memahami apa itu sunburn. Sunburn atau kulit terbakar sinar matahari merupakan masalah kulit yang timbul karena paparan sinar matahari berlebihan dalam jangka waktu yang lama.

Apa Saja Tanda Yang Muncul Ketika Mengalami Sunburn?

Gejala sunburn biasanya dirasakan beberapa jam setelah terpapar sinar matahari. Gejala yang umum terjadi yaitu munculnya sensasi terbakar di area kulit yang terbakar.

Selain itu, kulit berubah warna menjadi kemerahan, disertai rasa perih atau panas. Kulit kamu mungkin juga terasa gatal atau bengkak. Dalam beberapa kasus, kulit juga bisa melepuh dan mengelupas karena paparan sinar matahari yang berlebihan.

Dalam kasus yang lebih parah, kamu yang terkena sunburn mungkin juga mengalami sakit kepala dan demam. Terlebih lagi tubuh bisa menggigil karena terbakar sinar matahari. Kamu mungkin juga merasa mual dan mengalami kelelahan yang berlebihan.

MPM Beauty

Berapa Lama Pemulihan Kulit Terbakar Matahari?

Kerusakan kulit akibat terbakar matahari biasanya akan terlihat setelah 24 jam pasca kamu mengalami sunburn. Lantas, berapa lama pemulihan kulit terbakar matahari? Waktu pemulihan tergantung dari sejauh mana kerusakan kulit yang terjadi. Namun situs Healthline online mengklasifikasikan lamanya waktu pemulihan kulit yang terbakar sinar matahari sebagai berikut.

Sunburn Ringan

Kulit terbakar akibat paparan sinar matahari memerlukan waktu pemulihan sekitar tiga hingga lima hari. Kulit yang terkena paparan sinar matahari ringan biasanya tampak merah dan nyeri. Kulit bahkan bisa mengelupas setelah beberapa hari sebagai tanda regenerasi.

Sunburn Sedang

Kulit terbakar akibat paparan sinar matahari tingkat sedang memerlukan waktu pemulihan kurang lebih 7 hari atau seminggu. Kulit yang terkena paparan matahari sedang umumnya tampak lebih merah dan terasa lebih sakit dibandingkan kamu mengalami sunburn ringan.

Sunburn Berat

Kulit terbakar akibat sinar matahari yang berat biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 14 hari untuk membaik. Pada tahap ini, rasa sakit seringkali menjadi tak tertahankan dan membutuhkan bantuan ahli kesehatan untuk menanganinya.

Waktu pemulihan kulit yang terbakar sinar matahari tersebut merupakan perkiraan semata. Kulit kamu mungkin membaik lebih cepat atau mungkin lebih lama tergantung pada pengobatan yang diterapkan dan kecepatan regenerasi kulit.

Baca Juga : Cara Mengatasi Wajah Yang Terasa Panas dan Penyebabnya

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Terkena Sunburn?

Apakah kamu saat ini panik saat mengetahui kulit kamu terbakar akibat paparan sinar matahari? Jangan khawatir, karena perawatan yang tepat dapat membantu mengatasi kerusakan kulit. Jadi, perhatikan hal-hal berikut ini setelah kamu terbakar sinar matahari.

Lakukan kompres dingin, cara pertama untuk kulit yang terbakar sinar matahari adalah menggunakan kompres dengan air dingin atau es. Ambil handuk halus yang lembut dan baskom air yang sudah diberi es.

Basahi handuk, lalu peras dan gunakan pada kulit yang terbakar sinar matahari. Tunggu beberapa menit dan ulangi lagi hingga kulit terasa lebih nyaman. Jangan langsung menempelkan es batu ke kulit karena akan meningkatkan risiko kerusakan kulit.

Minum obat pereda nyeri, apabila rasa sakit akibat paparan matahari tidak tertahankan, kamu bisa berkonsultasi ke dokter supaya bisa mengonsumsi obat pereda nyeri untuk meredakannya.

Hindari paparan sinar matahari langsung, selama masa pemulihan, kamu harus menghindari paparan sinar matahari langsung agar kerusakannya tidak semakin parah. Jika kamu perlu melakukan kegiatan di luar ruangan, kenakan pakaian yang tertutup dan longgar.

Tingkatkan asupan cairan, saat kulit terbakar sinar matahari, tubuh akan secara rutin menarik cairan ke area tersebut untuk memulihkannya. Inilah yang menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk minum air yang cukup supaya menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Gunakan pelembab, kamu dapat menggunakan pelembab untuk kulit yang terbakar sinar matahari. Pastikan pelembab yang kamu pilih mengandung bahan-bahan yang aman dan hypoallergenic. Hindari pelembab yang mengandung minyak mineral atau yang mengandung petroleum.

Jangan memencet kulit yang melepuh, karena hal ini akan meningkatkan risiko infeksi. Jangan lupa untuk menggunakan krim antibakteri agar terhindar dari resiko iritasi pada kulit yang melepuh.

Terapkan cara ini untuk mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari agar mempercepat penyembuhan. Namun jika gejalanya tidak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter kulit atau klinik kesehatan terdekat untuk mendapatkan pengobatan.

Baca Juga : Perbedaan Toner dan Face Tonic, Yuk Pahami Keduanya

Bagaimana Cara Membatasi Resiko Sunburn?

Kamu yang mengalami sunburn tentunya akan merasakan rasa nyeri atau sakit, tidak peduli seberapa ringan kulit yang terbakar sinar matahari. Oleh karena itu, penting bagi kamu mencari cara untuk mengurangi risiko dari paparan sinar matahari.

Jadi, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah mengoleskan tabir surya sebelum melakukan kegiatan di bawah paparan sinar matahari. Tentu saja, kamu tidak boleh memilih sembarang produk sunblock, karena produk ini juga memiliki formulasi yang disesuaikan dengan jenis kulit.

Apabila kamu memiliki kulit sensitif, misalnya memilih tabir surya untuk kulit sensitif adalah pilihan yang tepat. Hal ini penting karena tabir surya untuk kulit sensitif memiliki formulasi ringan yang dapat meminimalkan risiko alergi. Selain itu, jika kamu memiliki kulit kering, pilihlah tabir surya yang dapat memberikan kelembapan pada kulit.

Sekarang kamu sudah mengetahui informasi tentang berapa lama pemulihan kulit terbakar matahari, cara mengatasinya, dan cara mengurangi kemungkinan terjadinya paparan sinar matahari. Selalu waspada dan berhati-hati agar tetap nyaman melakukan kegiatan di luar ruangan tanpa khawatir terbakar sinar matahari. Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan