Myristic Acid Untuk Wajah

Manfaat Myristic Acid Untuk Wajah

Manfaat Myristic Acid Untuk Wajah – Banyak orang yang beranggapan bahwa bahan kimia dalam produk perawatan kulit tidak lebih baik dan lebih aman daripada bahan herbal. Faktanya, terdapat beberapa bahan kimia yang diklaim aman untuk kulit. Bahkan, kehadirannya justru dapat meningkatkan efektivitas bahan-bahan herbal yang terkandung dalam produk skincare, seperti myristic acid.

Myristic acid adalah bahan skincare dan kosmetik yang cukup terkenal karena manfaatnya bagi kulit. Dalam industri kecantikan, bahan ini berperan sebagai surfaktan, pembersih atau pengemulsi. Keunggulan utama myristic acid yaitu kemampuannya sebagai pelumas dengan tingkat penyerapan yang tinggi pada kulit.

Lantas, apakah myristic acid baik untuk kulit? Myristic acid terbilang cukup ampuh dalam pengobatan berbagai penyakit dan masalah kulit. Menggunakan bahan ini pada produk kecantikan bisa mengurangi munculnya selulit, stretch mark, dan gejala-gejala penuaan dini.

Lalu apa itu myristic acid, apa saja manfaat myristic acid untuk wajah, bagaimana produk perawatan kulit yang dibuat dengan myristic acid, dan bolehkah kamu membuat sendiri produk perawatan kulit menggunakan myristic acid? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Myristic Acid?

Myristic acid atau disebut sebagai Tetradecanoic acid merupakan sebuah asam lemak jenuh yang terlihat jelas pada minyak nabati dan lemak hewani. Kandungan ini mempunyai bentuk kimia yang terdiri dari rantai karbon sepanjang 14 atom karbon. Selain itu, kandungan ini juga bisa kamu temukan pada minyak kelapa, minyak sawit, mentega pala, atau susu sapi.

Secara komersial, garam myristic acid diproduksi melalui reaksi dengan zat basa seperti natrium atau kalium hidroksida. Adapun ester myristic acid dibuat dengan menggabungkannya dengan alkohol yang tersedia dalam bentuk padatan kristal kuning atau putih.

MPM Beauty

Manfaat Myristic Acid Untuk Wajah

Myristic acid bisa digunakan pada beberapa produk, termasuk kosmetik, sabun, dan produk perawatan pribadi lainnya, karena kemampuannya yang bisa membantu menjaga kelembapan dan tekstur kulit. Berikut beberapa manfaat myristic acid untuk wajah dan kesehatan kulit.

Berfungsi Sebagai Bahan Pembersih dan Pembusa yang Kuat

Myristic acid sering ditemukan dalam produk pembersih dan sabun karena kemampuannya menghasilkan busa yang melimpah dan membersihkan debu dari kulit.

Penggunaan kandungan ini pada produk pembersih berfungsi menghilangkan debu dan menyerap kelebihan minyak pada kulit. Hal ini membuat kulit tampak bersinar, terasa halus dan kenyal.

Melembabkan Kulit

Sifat emolien dari myristic acid bisa membantu mencegah hilangnya kelembapan dan menciptakan lapisan pelindung pada kulit. Dengan kemampuannya tersebut, kandungan ini bisa menjaga kulit tetap terhidrasi, terasa halus, halus dan kenyal.

Memiliki Agen Antimikroba

Sifat antimikroba pada myristic acid bisa membantu melawan bakteri, mikroba, dan jamur yang dapat mengakibatkan masalah kecantikan. Akibatnya kulit bisa terkena infeksi kulit, jerawat, beruntusan, dan masalah kulit lainnya.

Bertindak sebagai Antiinflamator

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam miristat mempunyai khasiat sebagai zat anti inflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan kulit.

Kandungan anti inflamasi dari myristic acid membantu menenangkan kulit yang iritasi, mengurangi kemerahan dan menenangkan peradangan. Oleh karena itu, bahan ini sangat cocok digunakan pada produk perawatan kulit terutama untuk kulit sensitif yang rentan berjerawat.

Melawan Minyak Berlebih dan Berbagai Masalah Lainnya

Manfaat myristic acid untuk wajah selanjutnya yaitu melawan minyak berlebih. Hal ini disebabkan karena myristic acid bisa mengubah produksi sebum, mengurangi minyak berlebih, dan mencegah pori-pori tersumbat yang berkontribusi terhadap pertumbuhan jerawat.

Baca Juga : Cara Meracik Parfum Agar Tahan Lama Seharian, Wajib Simak!

Meningkatkan Penyerapan Kandungan Lain dalam Skincare

Seperti yang disebutkan di atas, beberapa bahan kimia pada produk perawatan kulit justru meningkatkan efektivitas bahan herbal yang ada dikandungnya. Salah satu bahan kimia yang bisa meningkatkan penyerapan berbagai macam bahan skincare lainnya yaitu myristic acid.

Bahan ini bisa menembus kulit, sehingga membantu bahan-bahan lain yang ada pada produk skincare. Kemampuan myristic acid untuk membentuk lapisan luar kulit agar memaksimalkan manfaat produk lainnya.

Bekerja dengan Baik sebagai Emolien

Produk perawatan kulit yang dibuat dengan myristic acid sangat cocok untuk kulit kering dan bersisik. Myristic acid bertindak sebagai agen pelembab dan emolien yang membuat kulit terasa lebih lembut dan halus.

Meningkatkan Skin Barrier

Sebagai emolien, myristic acid bisa memperkuat skin barrier. Hal tersebut bisa mengunci kelembapan dan melindungi kulit dari faktor eksternal. Kandungan pelembab alami dari bahan ini bisa mengatasi kulit rusak dengan cara melembabkan, menghaluskan dan meremajakannya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Wajah Yang Terasa Panas dan Penyebabnya

Mencegah Terbentuknya Jerawat

Manfaat myristic acid untuk wajah berikutnya yaitu mencegah terbentuknya jerawat. Dengan potensinya dalam mengubah produksi minyak dan sifat antimikrobanya, myristic acid bisa membantu mencegah perkembangan bakteri penyebab jerawat.

Itulah beberapa manfaat myristic acid untuk wajah yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat! Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan