Berapa Lama Iritasi Wajah Sembuh

Berapa Lama Iritasi Wajah Sembuh? Yuk Cek Jawabannya

Berapa Lama Iritasi Wajah Sembuh? Yuk Cek Jawabannya – Saat ini produk perawatan wajah tersedia di pasaran dengan berbagai bahan dan klaimnya. Tentu saja, bagi sebagian orang, mencoba berbagai produk perawatan kulit di pasaran merupakan godaan. Terlebih lagi jika produk tersebut mendapat banyak review baik dari para influencer dan menjadi bahan perbincangan di media sosial.

Tetapi karena begitu banyaknya produk perawatan kulit yang beredar di pasaran, tidak jarang masyarakat tergoda untuk mengganti produk perawatan kulit dalam waktu yang cepat. Belum lagi kandungan-kandungan bahan yang mungkin belum kita ketahui kelebihan dan kekurangannya. Apabila kamu memiliki kulit sensitif, maka kulit kamu bisa menjadi iritasi.

Jika kulit teriritasi, pasti rasanya tidak nyaman. Lalu, berapa lama iritasi wajah sembuh? Apa yang harus dilakukan saat wajah kamu sedang teriritasi? Tidak perlu panik. Di bawah ini akan dijelaskan berapa lama iritasi wajah sembuh yang penting untuk diketahui.

MPM Beauty

Berapa Lama Iritasi Wajah Sembuh?

Sebenarnya berapa lama iritasi wajah sembuh tergantung pada penyebabnya. Tetapi pada umumnya dibutuhkan waktu 2 hingga 3 minggu atau kurang lebih 28 hari sampai kulit benar-benar pulih. Hal ini didasarkan pada siklus regenerasi kulit yang berlangsung kurang lebih 28 hari.

Tetapi, penting untuk mengetahui apa penyebab peradangan wajah yang kamu alami. Tidak jarang peradangan pada wajah muncul karena penggunaan produk skincare yang mengandung acid atau retinol.

Bahan-bahan tersebut bisa memecah dan menyerap ke dalam sel-sel kulit di dalam lapisan pelindung kulit (skin barrier). Hal ini jelas merupakan cara yang bagus, tetapi jika kamu menggunakannya terlalu banyak, maka wajah kamu bisa menjadi teriritasi.

Penyebab iritasi pada wajah lainnya yaitu kecanduan mengompres jerawat. Ya, kecanduan mengompres jerawat bisa menyebabkan peradangan pada wajah lho? Apalagi jika dilakukan secara tidak benar. Alih-alih jerawatnya sembuh, malah wajahmu jadi tambah teriritasi karena bakteri masuk ke dalam luka yang terbentuk lewat cara memencet jerawat dengan keras.

Apabila kamu tidak melakukan semua hal di atas, penyebab peradangan wajah lainnya yang mungkin tidak kamu ketahui adalah terlalu sering mengganti produk perawatan kulit.

Kamu mungkin mengharapkan hasil terbaik dengan kombinasi berbagai produk perawatan kulit. Namun nyatanya, penggunaan terlalu banyak produk perawatan kulit sekaligus, terutama yang belum pernah kamu coba sebelumnya, bisa menyebabkan dermatitis periroral atau POD.

Keadaan ini terjadi karena adanya peradangan kimia yang memicu suatu reaksi. Reaksinya bisa bermacam-macam, misalnya peradangan pada kulit di sekitar mulut, mata, dan hidung. Tanda-tanda yang mungkin terjadi adalah rasa gatal ringan di wajah yang diikuti dengan munculnya serangkaian benjolan kecil berwarna merah.

Baca Juga : Apakah Kulit Sensitif Bisa Kembali Normal? Ini Cara Jitu Mengatasinya

Cara Mengatasi Iritasi Wajah Sembuh Dengan Cepat

Dengan kondisi kulit yang tidak nyaman, banyak orang yang bertanya-tanya “apakah infeksi wajah bisa disembuhkan dalam waktu singkat?” Solusinya tergantung pada pengobatan yang kamu lakukan. Cara mengatasi iritasi wajah agar cepat sembuh yaitu dengan pengobatan dan perawatan yang paling mendasar.

  • Segera hentikan penggunaan produk perawatan kulit yang dirasa dapat menyebabkan iritasi pada wajah. Terutama produk yang baru saja kamu coba.
  • Fokus sepenuhnya pada melembabkan dan memperbaiki lapisan pelindung kulit (skin barrier).
  • Kamu dapat menggunakan produk perawatan kulit dasar pada tahap tertentu dalam proses pemulihan. Pilih pembersih wajah yang lembut, melembapkan dan menyejukkan kulit.
  • Pilih produk perawatan kulit yang mengandung ceramides dan hyaluronic acid untuk membantu menenangkan dan mengatasi kulit yang teriritasi.
  • Hindari produk perawatan kulit yang mengandung pewangi, pewarna dan minyak esensial karena bahan-bahan tersebut berpotensi memperburuk iritasi wajah yang kamu alami.
  • Jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen saat melakukan kegiatan di pagi sampai siang hari. Sunscreen dapat membantu memberikan perlindungan pada kulit agar lebih tenang.

Proses penyembuhan ini memakan waktu sekitar 4 sampai 6 minggu. Tetapi, kamu harus bersabar dan tetap melakukan perawatan dasar seperti yang disebutkan di atas. Hindari mencoba mempercepat proses pemulihan menggunakan produk perawatan kulit dengan bahan-bahan keras. Alih-alih sembuh, tetapi kulit kamu menjadi lebih teriritasi.

Baca Juga : Apakah Sunscreen Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat? Bikin Kulit Mulus Kembali

Jika iritasi wajah yang kamu alami tidak kunjung hilang dalam waktu enam minggu, segera hubungi dokter kulit untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.

Itulah penjelasan tentang “berapa lama iritasi wajah sembuh”. Semoga membantu! Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan