Apakah Sunscreen Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat

Apakah Sunscreen Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat? Bikin Kulit Mulus Kembali

Apakah Sunscreen Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat? Bikin Kulit Mulus Kembali – Mempunyai bekas jerawat berupa bintik kehitaman di wajah sering kali mengubah penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Kamu mungkin sudah mencari berbagai cara untuk menghilangkan bekas jerawat, seperti melakukan eksfoliasi, rajin double-cleansing, penggunaan serum anti jerawat dan lain-lain. Lantas, apakah sunscreen bisa menghilangkan bekas jerawat? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apakah Sunscreen Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat?

Dampak Sinar UVA dan UVB

Kamu mungkin sudah mengetahui jika sunscreen merupakan perawatan kulit wajib yang harus dilakukan setiap orang. Faktanya, sunscreen merupakan perawatan utama untuk menyelamatkan berbagai masalah kulit yang mungkin timbul.

Mengenakan sunscreen bisa menjaga kulit kamu tetap sehat. Supaya tidak lupa, ulasan di bawah ini akan menjelaskan berbagai macam dampak sinar UVA dan UVB pada kulit apabila tidak menggunakan sunscreen.

Pertama-tama, sinar UVA merupakan gelombang radiasi terpanjang yang dipancarkan oleh matahari. Karena pada panjang gelombangnya, sinar UVA bisa menembus sampai ke lapisan terdalam kulit sehingga menimbulkan dampak sebagai berikut:

  • Muncul tanda-tanda kulit menua sebelum waktunya seperti kulit kering dan munculnya kerutan
  • Kulit tampak kendur
  • Sinar UVA dapat merusak DNA kulit dan menyebabkan kanker kulit

Yang kedua adalah sinar UVB. Berbeda dengan sinar UVA, sinar jenis ini memiliki gelombang yang lebih pendek sehingga hanya menyinari kulit sampai lapisan terluar (epidermis). Dampak sinar UVB adalah sebagai berikut:

  • Kulit terbakar
  • Kulit menjadi gelap sehingga menyebabkan hiperpigmentasi
  • Muncul sunspot atau bintik hitam
  • Kulit yang teriritasi

Jadi pertimbangkan untuk mengaplikasikan sunscreen dan menggunakannya kembali setiap 2 jam sekali, walaupun cuaca mendung atau sedang berawan! Kulit yang terlindungi dari sinar ultraviolet bisa mendapatkan banyak manfaat, salah satunya yaitu mempunyai acne prone skin.

MPM Beauty

Manfaat Sunscreen untuk Kulit Berjerawat

Sampai saat ini, masih banyak yang percaya bahwa kulit yang berjerawat tidak harus menggunakan sunscreen, karena hanya bisa memperburuk kondisi kulit yang berjerawat.

Faktanya, sinar ultraviolet bisa membuat kondisi kulit menjadi iritasi dan memicu peradangan. Sebaliknya, penggunaan sunscreen sebelum melakukan kegiatan bisa memberikan banyak manfaat bagi kulit yang rentan berjerawat, antara lain:

Menjaga Kesehatan Skin Barrier

Ternyata, sinar UV bisa merusak skin barrier, sehingga membuatnya rentan terhadap berbagai masalah kulit. Di sinilah sunscreen berperan dalam melindungi skin barrier, sehingga terhindar dari masalah kulit seperti kulit kering, kasar, dan munculnya jerawat akibat virus, bakteri, dan jamur yang menumpuk di kulit.

Baca Juga : Berapa Lama Iritasi Wajah Sembuh? Yuk Cek Jawabannya

Mengobati Jerawat

Terkadang, ketika kamu punya jerawat yang sudah “matang”, maka kulit kamu akan terasa gatal dan perih, apalagi saat terkena sinar matahari. Hal ini disebabkan oleh sinar ultraviolet matahari yang bisa menyebabkan peradangan pada kulit dan memicu munculnya jerawat baru.

Solusinya, kamu bisa melindungi kulit kamu menggunakan sunscreen. Pilihlah sunscreen dengan UV filter zinc oxide, karena bermanfaat sebagai anti inflamasi serta meredakan ruam dan kulit gatal akibat jerawat.

Menghilangkan Bekas Jerawat

Seringkali, sesudah jerawat muncul dan sembuh, timbul perubahan warna kulit berupa bintik-bintik kehitaman akibat bekas jerawat. Perlu diingat bahwa sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari akan memicu sel melanin.

Nah, bekas jerawat berbentuk bintik kehitaman adalah tanda dari sel melanin yang terlalu aktif, sehingga paparan sinar ultraviolet akan membuat bintik hitam lebih terlihat karena menjadi lebih pekat dan lebih sulit dihilangkan. Jadi, pastikan untuk memakai sunscreen untuk membantu memudarkan bekas jerawat ya.

Baca Juga : Cara Menjadi Cantik dan Disukai Banyak Orang, Sudah Kamu Lakukan?

Itulah penjelasan mengenai “Apakah Sunscreen Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat“. Semoga bermanfaat! Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan