Kenali Jenis Rambut dan Cara Perawatannya

Kenali Jenis Rambut dan Cara Perawatannya

Kenali Jenis Rambut dan Cara Perawatannya – Kadangkala kita dibikin bingung saat menentukan produk perawatan rambut yang jumlahnya banyak di pasaran. terutama kecocokan produk tersebut dengan rambut kita. Kalau tidak cocok, rambut beresiko menjadi semakin lepek dan kering. Lantaran hal tersebut, penting untuk kita mengenali jenis rambut kita dan sebelum mencari produk perawatan rambut yang tepat.

Mengenali Ragam Jenis Rambut

Pembagian jenis rambut menurut bentuk ikalnya ada 4 jenis yakni:

Rambut Lurus

Jenis rambut yang memiliki penggemar beberapa golongan orang, karena rapi dan teratur. Tidak hanya sebatas lurus, rambut lurus memiliki 3 jenis rambut lurus yang perlu dikenali:

  1. Bertekstur sangat halus seperti rambut bayi. Walaupun melekuk akan kembali ke keadaan semula.
  2. Memiliki volume lebih tebal dibanding jenis pertama. Selain sama-sama lurus, jenis rambut ini sulit bahkan tidak dapat melengkung kecuali dengan flat iron.
  3. Rambut yang megar atau frizzy.

Perawatan rambut lurus tergolong simple. Meski demikian, jika tidak hati-hati, rambut lurus mudah kusut dan tidak teratur. Karena itu bersihkanlah rambut minimal 2 kali sehari. Jangan lupa gunakan conditioner agar rambut tetap mudah ditata.

Rambut Keriting

Jenis rambut dengan helai yang pipih, berbentuk mirip dengan huruf S. Berikut ini adalah 3 jenis rambut keriting

  1. Bentuknya spiral dengan lekuk yang tegas
  2. Mempunyai lekukan yang tegas dan tebal, hingga rambut nampak ‘kriwil’
  3. Memiliki lekukan spiral yang keras, hingga rambut naik ke atas. Panjangnya ketika normal dan diluruskan cukup berbeda.

Untuk kalian yang berambut keriting, gunakanlah shampoo dengan kandungan argan oil dan vitamin E. Karena rambut keriting gampang rontok dan patah, manjadi tantangan tersendiri untuk mereka dengan jenis rambut ini.

Rambut Bergulung

Memiliki sebutan lain rambut coily, kribo atau afro. Volumenya tebal, ikalnya lebat. Jenis rambut ini terbagi menjadi 3:

  1. Spiral rambutnya tidak terlalu rapat, berbentuk huruf S dalam jumlah yang lebat.
  2. Lekukan rambut berbentuk zig-zag seperti huruf Z
  3. Spiral rambut yang lebat dan sangat rapat

Volume helaian rambut yang tipis membuat jenis rambut ini mudah rontok dan patah. Selain itu juga bersifat benar-benar ringkih dan halus. Gunakanlah cream pelembab rambut tiap 2-3 hari sekali. Karena kelembaban rambut sangat penting untuk jenis rambut ini.

Rambut Ikal/ Bergelombang

Atau biasa disebut wavy hair. Memiliki pola rambut mirip dengan ombak. Lurus di bagian pangkalnya kemudian melonggar di bagian ujungnya. Rambut bergelombang memiliki 3 jenis

  1. Hanya terlihat ikal di beberapa sisi.
  2. Gampang kusut dan megar
  3. Gelombang rambutnya tebal

Hati-hati dengan ikal di ujung rambutmu. Gunakan hair oil atau hair serum supaya bentuknya tetap rapi dan lembab. Seterusnya perawatan rambut kurang lebih mirip dengan rambut lurus.

 

Baca juga: Cara Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis Online

 

Masalah Rambut dan Cara Menanganinya

Berikut ini adalah masalah rambut yang perlu anda perhatikan yang mungkin kamu alami

Rambut Berminyak

Nampak lepek serta berasa gatal, itulah tanda-tanda yang banyak dijumpai pada rambut berminyak. Selain itu munculnya ketombe juga disebabkan oleh produksi minyak di akar rambut yang berlebihan. Gunakanlah shampoo dengan kandungan ZPTO dan Tea Tree Oil.

Rambut Kering

Berasa kesat, gampang kusut, dan gampang megar, itulah tanda-tanda rambut kering. Umumnya rambut kering akan berasa tipis dan memiliki cabang di bagian ujung. Selain itu rambut kering juga akan sulit disisir apalagi ketika dalam kondisi basah.

Gunakan shampoo yang mengandung keratin, antioksidan dan vitamin E. Selain itu anda juga bisa mengunakan shea butterargan oil, dan tea tree oil. Semua bahan itu bermanfaat menghaluskan, melembabkan dan memperbaiki rambut yang rusak.

Rambut Kombinasi

Kondisi rambut dengan masalah gabungan dari rambut berminyak dan rambut kering. Rambut Kombinasi akan berminyak pada akarnya dan bercabang di bagian ujungnya.

Cara menanganinya cukup menantang dan perlu sedikit berhati-hati. Misalnya gunakan conditioner hanya di bagian ujung rambut saja. Dan jauhi membersihkan rambut dengan air panas. Air panas memacu produksi dari minyak rambut.

 

Baca juga: Rahasia Kulit Cantik Wanita Korea

 

Karakter Rambut

Tidak hanya jenis dan masalah rambut, berikut adalah karakteristik rambut yang perlu anda ketahui

Fleksibilitas

Fleksibilitas rambut dapat diperiksa dengan mudah. Ambillah satu helai rambut, lalu tariklah ke-2 ujungnya secara perlahan. Bila rambut meregang lumayan panjang, artinya fleksibilitas rambut cukup tinggi. Begitupun sebaliknya. Bila rambutmu patah saat itu juga, karena itu rambutmu terhitung rapuh.

Rambut ringkih memerlukan perawatan yang ekstra. Tentukan shampoo yang mempunyai kandung untuk menutrisi. Pakai conditioner, hair mask dan vitamin rambut untuk menolong tingkatkan fleksibilitas rambut.

Tekstur Rambut

Langkah mencari tahu tesktur rambut cukup mudah. Pertama, bersihkan rambut seperti umumnya lalu memakai conditioner. Diamkan rambut kering secara alami. Gunting salah satu helai rambut, selanjutnya bandingkan dengan satu helai benang jahit, dengan menempatkannya berdampingan di atas kertas putih. Jika rambutmu mempunyai ketebalan yang serupa atau lebih dari ketebalan benang, karena itu rambutmu terhitung tebal. Begitupun sebaliknya.

Untuk tingkatkan ketebalan rambut, kamu dapat memakai shampoo yang mengandung amino vitamin. Perkembangan rambut baru yang lebih tebal bisa juga ditolong dengan pemakaian hair essence dan hair mask tiap 2-3 hari sekali.

Porositas

Porositas ialah kekuatan rambut dalam meresap dan menjaga kelembapan, zat warna atau cairan apa saja di seputar susunan kutikula. Jika porositas rambut begitu rendah akan membuat rambut susah meresap pelembab. Sedang porositas yang begitu tinggi dapat mengakibatkan rambut lebih gampang kehilangan kelembabannya.

Langkah menguji porositas rambut lumayan gampang, yaitu dengan menyemprotkan air ke seikat rambut. Bila air berada di permukaan rambut dan membuat manik-manik berarti rambut mempunyai porositas yang rendah. Sedang bila air langsung meresap ke dalam rambut berarti porositas rambut cukup tinggi. Bila air ada di atas rambut beberapa lama sebelumnya terakhir teresap ke dalam rambut, karena itu prorositas rambut terhitung normal.

Untuk rambut yang mempunyai porositas rendah, karena itu seharusnya pakai minyak arga/argan atau minyak kelapa untuk jaga menambahkan kelembapan rambut. Sedang rambut dengan porositas tinggi dapat dirawat dengan pemakaiaan conditioner tanpa bilas untuk menjaga kelembapan rambut.

Rupanya ada banyak produk perawatan rambut yang dapat membuat rambutmu terlihat lebih sehat. Apa kamu tertarik membuat salah satunya?

Tinggalkan Balasan