Bakuchiol Tidak Boleh Dicampur Dengan

Bakuchiol Tidak Boleh Dicampur Dengan Apa Saja? Yuk, Cari Tahu Berikut Ini!

Bakuchiol Tidak Boleh Dicampur Dengan Apa Saja? Yuk, Cari Tahu Berikut Ini! – Menjelang akhir tahun, tren perawatan kulit yang mengandung bakuchiol telah menjadi idola dan menjadi perbincangan hangat di jejaring sosial dan forum kecantikan. Karena sifatnya yang fleksibel, bahkan dikatakan sebagai alternatif untuk retinol, namun masih aman digunakan setiap hari atau untuk kulit sensitif.

Walaupun bahan ini aman untuk digunakan sehari-hari. Tapi, bukan berarti bisa dipadukan dengan bahan lain dalam waktu bersamaan. Walaupun dikenal sebagai alternatif retinol yang memiliki efek samping minim. Namun, bakuchiol tergolong sebagai bahan aktif, yang dapat menyebabkan efek samping jika dicampur dengan bahan lain yang bertentangan.

Nah, untuk kemudahan penggunaan, kamu bisa memperlakukan penggunaan serum bakuchiol mirip dengan retinol. Bedanya, kamu bisa menggunakan serum bakuchiol setiap malam secara rutin. Seperti yang diketahui, tentu saja kamu perlu melakukan perawatan 2 atau 3 kali seminggu supaya efek perawatannya benar-benar membuat perbedaan pada wajah kamu.

Nah, mengenai hasil penggunaan bakuchiol untuk membuat wajah bersinar, berikut beberapa hal yang membuat serum bakuchiol tidak boleh dicampur dengan bahan lain yang perlu kamu pertimbangkan dalam perawatan.

Bakuchiol Tidak Boleh Dicampur Dengan Bahan Lain

1. Retinol

Bakuchiol sendiri adalah alternatif dari retinol yang dianggap lebih ramah dan minim efek samping. Jadi, sekarang kamu dapat mempertimbangkan apa yang mungkin terjadi jika bakhuciol dan retinol digunakan bersamaan. Tentu saja, zat-zat aktif tersebut sangat rentan terhadap kemungkinan kondisi kulit bermasalah, karena pengelupasan kulit yang berlebihan.

Untuk mengurangi dampak buruk dari keduanya, kamu bisa memanfaatkan retinol dan bakuchiol satu per satu dalam perawatan. Apabila kamu memutuskan untuk menggunakan retinol pada perawatan kulit berjerawat. Maka perhatikan langkah penggunaan yang tepat supaya efeknya benar-benar memberikan perbedaan pada kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

MPM Beauty

2. AHA BHA / Glycolic Acid

Ngomong-ngomong soal serum bakuchiol tidak boleh dicampur dengan apa? Tentunya kamu harus menghindari penggunaan Glycolic Acid secara bersamaan dengan kandungan bakuchiol. Pasalnya, dari segi kandungan, Glycolic Acid dan salicylic acid memiliki potensi untuk mengeluarkan sel mati di lapisan terluar kulit.

Oleh karena itu, dikhawatirkan penggunaan Glycolic Acid bersamaan dengan serum bakuchiol akan menyebabkan pengelupasan kulit yang berlebihan sehingga membuat kondisi kulit menjadi lebih rumit.

3. Benzoil Peroksida

Bakuchiol tidak boleh dicampur dengan bahan lain yaitu benzoil peroksida. Seperti yang diketahui, benzoil peroksida dan bakuchiol merupakan salah satu jenis bahan perawatan kulit yang umumnya terdapat pada obat jerawat.

Mengingat keduanya dilengkapi dengan sifat antibakteri dan anti inflamasi untuk meningkatkan penyembuhan jerawat. Lalu mengapa tidak dianjurkan untuk menerapkan keduanya secara bebarengan?

Pasalnya, penggunaan benzoil peroksida seringkali membuat kulit menjadi kering. Jadi, apabila dicampur bersamaan dengan kandungan bahan aktif dalam serum bakuchiol. Bukan tidak mungkin, rencana mempercantik wajah bisa menjadi bumerang yang pada akhirnya bisa membuat kulit kamu semakin brekout dan rentan berjerawat.

Oleh karena itu, untuk menghindari efek samping penggunaannya, sebaiknya kamu harus menghindari penggunaan benzoil peroksida bersamaan dengan beberapa serum bakuchiol.

Baca Juga : Perbedaan Parfum Alkohol dan Non Alkohol? Ini Jawabannya

Bahan-Bahan Yang Dapat Digunakan Bersamaan Dengan Serum Bakuchiol

Apabila kamu sudah tahu sebelumnya tentang bakuchiol tidak boleh dicampur dengan apa saja. Maka, tidak ada salahnya jika kamu mengenali bahan-bahan perawatan kulit yang tepat dipadukan dengan beberapa serum bakuchiol untuk membuat kulit tampak lebih bercahaya. Berikut daftar bahan-bahan perawatan kulit yang dianjurkan untuk dicampur dengan bakuchiol.

1. Niacinamide

Bagi wanita cantik yang tidak hanya ingin memiliki kulit lembab, berkilau namun juga cerah, sekaligus terbebas dari flek hitam dan bekas jerawat. Tentu saja, tidak ada salahnya apabila kamu menggabungkan niacinamide dengan bakuchiol.

Pasalnya, kombinasi duo kandungan perawatan kulit ini mampu memulihkan dan memperkuat pelindung kulit. Jadi, kecantikan pun bisa terlihat lebih terjamin berkat kombinasi niacinamide sebagai antioksidan yang dipercaya mampu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Hal ini termasuk mengatasi tampilan wajah kusam dan flek hitam membandel yang sulit dihilangkan.

2. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid adalah humektan terkenal untuk kulit kering. Hyaluronic Acid akan menarik air dari area sekitarnya dan mengirimkannya ke sel-sel kulit untuk menghidrasinya.

Bahan ini sebenarnya membantu meningkatkan jumlah air di dalam kulit dan menyimpannya hingga kulit membutuhkannya. Tak hanya itu, khasiat hyaluronic acid juga diketahui mampu menenangkan kulit, mengurangi peradangan, dan juga membantu penyembuhan luka.

Baca Juga : Manfaat Propylene Glycol Untuk Wajah, Apakah Aman?

3. Panthenol

Dari segi formulasi, kehadiran panthenol diklaim efektif meningkatkan produksi kolagen guna memulihkan dan memperkuat skin barrier yang rusak. Jadi sangat cocok bila dicampur dengan serum bakuchiol dalam perawatannya.

Dengan kondisi pelindung kulit yang sehat tentunya akan memudahkan penyembuhan jerawat. Selain itu, manfaat panthenol juga sangat baik dalam menjaga elastisitas kulit sehingga membuatnya lebih lembab dan lembut saat disentuh. Yang tidak kalah pentingnya, kandungan panthenol berhasil melindungi kulit dari risiko radikal bebas akibat paparan bahan kimia, polutan, dan sinar UV.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai bakuchiol tidak boleh dicampur dengan beberapa bahan lainnya. Semoga bermanfaat! Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan