kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu menyusui

Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Untuk Ibu Menyusui, Harus Tahu!

Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Untuk Ibu Menyusui, Harus Tahu! – Saat ini banyak produk perawatan kulit mengandung bahan-bahan yang tidak cocok untuk ibu menyusui. Yuk, cek apa saja kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu menyusui dan berisiko mempengaruhi ASI.

Merawat kulit ketika menyusui sangatlah penting untuk menjaga kebugaran dan kelembapannya. Sayangnya, banyak ibu menyusui yang sering melewatkan perawatan karena tidak punya waktu dan khawatir banyak produk skincare mengandung bahan yang berbahaya bagi ASI.

8 Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Untuk Ibu Menyusui

Sebenarnya hal ini wajar membuat para ibu menyusui khawatir karena ada produk perawatan kulit yang mengandung bahan berisiko apabila digunakan. Berikut beberapa kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu menyusui.

1. Retinol

Retinol yakni sejenis retinoid. Retinoid merupakan salah satu bentuk vitamin A yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam lemak disimpan dalam lemak tubuh, jadi berhati-hatilah seberapa banyak kamu mengonsumsinya, karena bisa menumpuk sampai tingkat beracun.

Vitamin tersebut membutuhkan waktu untuk dihilangkan dari tubuh, berbeda dengan vitamin yang larut dalam air, seperti vitamin C yang dikatakan Jennifer T. Trent, MD FAAD, dikutip dari laman Healthnews.

Walaupun retinol merupakan jenis retinoid yang lebih lemah daripada dengan retinoid resep, namun retinoid bisa membantu kulit kamu. Retinoid juga bisa meningkatkan produksi kolagen dan membantu memperbaiki garis halus dan kerutan.

Retinol meningkatkan pergantian sel dan membantu pengelupasan sel-sel kulit mati untuk membuka pori-pori yang tersumbat, mengatasi komedo dan memberikan tekstur kulit yang bersih. Pengelupasan kulit ini juga membantu memudarkan bintik-bintik coklat dan perubahan warna.

Ada informasi terbatas mengenai efek buruk retinol selama menyusui. Tidak ada penelitian yang dilakukan pada bayi karena alasan etis. Kecil kemungkinan akan ada penelitian yang dilakukan pada bayi.

Belum ada informasi berapa banyak retinol yang diberikan pada bayi melalui ASI, dan apa dampak buruknya. Informasi yang ada berasal dari data yang didapatkan melalui penggunaan retinoid yang tidak disengaja selama kehamilan.

Lalu mengapa para ibu kini harus berhenti menggunakan retinol selama menyusui? Mengkonsumsi retinoid oral, seperti Accutane, selama kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir yang parah.

Keadaan ini disebut sebagai sindrom retinoid janin (FRS). Cacat lahir fisik dan mental meliputi kelainan bentuk wajah, kecacatan memperoleh pengetahuan, keterbelakangan jantung, dan kelainan jantung.

Penggunaan retinol juga tidak lagi dianjurkan selama kehamilan dan menyusui, begitu pula jenis vitamin A lainnya. Karena jumlah retinol yang melewati kulit ke dalam ASI belum diketahui, sehingga sulit untuk menyebutkan apa dampaknya pada bayi. Karena tidak ada informasi atau penelitian pasti tentang penggunaan retinol topikal atau retinoid oral selama menyusui, sebaiknya berhati-hati dan menghindarinya.

MPM Beauty

2. Oxybenzone

Kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu menyusui berikutnya yaitu oxybenzone. Untuk memblokir sinar ultraviolet, tabir surya sering kali mengandung bahan kimia oxybenzone. Kandungan ini bisa ditemukan di berbagai macam jenis tabir surya kimiawi dan produk perawatan kulit lainnya.

Meskipun penelitian mengenai kandungan ini mungkin belum memadai, sebagian besar menyarankan bahwa menyusui harus menghindari penggunaannya.

Oxybenzone bisa diserap ke dalam ASI dan memperburuk kondisi bayi, menyebabkan ruam atau bahkan gatal-gatal. Pertimbangkan untuk beralih ke tabir surya berbahan dasar mineral untuk melindungi dari sinar matahari dan aman untuk bayi.

3. Paraben

Paraben merupakan pengawet buatan yang ditambahkan ke kosmetik dan produk perawatan kulit. Hati-hati dengan produk yang mengandung paraben karena bisa diserap melalui kulit dan memiliki kemampuan untuk diteruskan ke si kecil melalui ASI.

Paraben bisa meniru estrogen di dalam tubuh, yang dapat mengganggu stabilitas hormon bagi ibu dan bayi. Walaupun tidak 100% bahaya paparan paraben saat menyusui, lebih baik aman daripada menyesal dan menghindari penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung paraben.

4. Formaldehyde

Sebaiknya ibu menyusui menghindari kandungan buruk ini, karena bisa menyebabkan masalah pernapasan dan kanker. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam memilih produk yang bebas racun.

Baca Juga : Rahasia Kulit Putih Korea, Ini Dia Caranya!

5. Asam Salisilat

Asam salisilat adalah salah satu kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu menyusui karena menyebabkan sindrom Reye, suatu penyakit yang merusak hati pada bayi apabila dikonsumsi oleh ibu menyusui. Semua ibu menyusui disarankan untuk menghindarinya atau setidaknya berkonsultasi dengan dokter mengenai efek samping yang mungkin terjadi.

6. Perawatan SPA

Berbagai macam perawatan spa saat ini tersedia. Tetapi kamu harus memastikan bahan-bahannya tidak berbahaya dan tidak mengandung senyawa kimia yang kemudian bisa diteruskan ke bayi selama menyusui, dikutip dari laman Sundaebody.

7. Hydroquinone

Sebagai bahan kimia yang mencegah sintesis melanin, serta pigmen yang bertanggung jawab atas warna kulit, Hydroquinone dapat menjadi penyelamat bagi orang tua baru yang mengalami perubahan warna, vitiligo, dan melasma. Tetapi karena hidrokuinon bisa masuk ke aliran darah dan masuk ke dalam ASI, ada baiknya dijauhi ya.

Baca Juga : Berapa Hari Menetralkan Wajah Untuk Mengganti Skincare? Yuk, Pahami Dulu Caranya

8. Phthalates

Kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu menyusui berikutnya adalah phthalates. Kandungan kimia ini umumnya ditemukan pada cat kuku dan banyak kosmetik yang mengandung pewangi. Kandungan ini bisa mengganggu hormon dan menghambat perkembangan bayi yang sedang berkembang.

Pada akhirnya, pikirkan kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu menyusui. Pilihlah produk skincare yang terbuat dari bahan herbal dan aman untuk ibu dan bayi. Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan