Manfaat Propylene Glycol Untuk Wajah

Manfaat Propylene Glycol Untuk Wajah, Apakah Aman?

Manfaat Propylene Glycol Untuk Wajah, Apakah Aman? – Apabila kamu memperhatikan label bahan-bahan yang ada pada kemasan lotion, shampoo atau serum, kamu mungkin menemukan bahan yang disebut propylene glycol atau propilen glikol dalam bahasa Indonesia.

Propylene glycol sendiri tidak berwarna dan tidak berbau. Bahan ini bisa larut dalam air dan memiliki sifat melembapkan, sehingga menjadikannya bahan tambahan yang biasa digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit.

Tetapi, ada beberapa kontroversi seputar penggunaan propylene glycol yang juga disebut sebagai 1,2-dihidroksipropana, 1,2-propanediol, metil glikol, dan trimetil glikol ini, khususnya jika kamu mencari bahan tersebut di Internet. Kamu mungkin akan menemukannya terdaftar di Agency for Toxic Substances and Disease Registry (ATSDR), yang mungkin menjadi perhatian khusus.

Jadi, apakah propylene glycol aman untuk wajah dan kulit? Apa sebenarnya fungsi bahan ini? Di bawah ini akan dijelaskan beberapa manfaat propylene glycol untuk wajah yang perlu diketahui. Yuk simak selengkapnya.

Apakah Propylene Glycol Aman Untuk Wajah Dan Kulit?

Di Internet, kamu dapat menemukan artikel yang berkaitan dengan propylene glycol yang mengandung frasa dapat menimbulkan kekhawatiran, seperti “beracun” atau “karsinogenik”. Terdapat alasan propylene glycol dikaitkan dengan istilah tersebut karena bahan ini sering kali berasal dari minyak bumi petroleum.

MPM Beauty

Industri kimia dan farmasi yang biasanya menggunakan propylene glycol sebagai bahan tambahan, meliputi:

  • Pendingin
  • Antibeku
  • Plasticizer
  • Perpindahan panas dan cairan hidrolik

Mengingat penggunaannya dalam industri yang disebutkan di atas, wajar apabila banyak orang khawatir tentang manfaat propylene glycol untuk wajah dan kulit yang terkandung dalam produk skincare ataupun bodycare.

Namun, Joshua Zeichner, seorang dokter kulit bersertifikat dan profesor asosiasi di Rumah Sakit Mount Sinai di NYC, menjelaskan bahwa petrolatum (minyak bumi) tingkat kosmetik tidak seperti minyak bumi industri, sehingga penggunaan propylene glycol untuk wajah dan kulit bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan.

Purvisha Patel, dokter kulit berlisensi, setuju dengan hal tersebut. Dia menjelaskan bahwa orang awam mungkin menganggap itu berbahaya karena dibuat dengan cara menambahkan air ke petrolatum. Namun, pada kenyataannya, propylene glycol dan petrolatum aman dan tidak menimbulkan ancaman kanker atau toksisitas bagi perkembangan dan reproduksi.

Tetapi yang harus mendapat perhatian khusus yaitu bahwa propylene glycol bisa menyebabkan efek samping dalam bentuk peradangan atau dermatitis kontak, bahkan dalam konsentrasi rendah yang hanya dua persen. Namun penggunaan propylene glycol untuk wajah dan kulit dianggap aman.

Manfaat Propylene Glycol Untuk Wajah dan Kulit

Propylene glycol merupakan bahan yang banyak dipakai dalam produk kecantikan seperti lotion, sabun, shampoo, kondisioner, krim cukur, deodoran, dan lain sebagainya. Kenapa bahan ini sangat populer digunakan dalam industri kecantikan? Berikut sejumlah alasan utamanya:

1. Sebagai Bahan Pengawet

Propylene glycol bisa membantu meningkatkan umur simpan produk perawatan kulit dan tubuh karena memiliki sifat antimikroba. Bahan ini bisa membantu mencegah pertumbuhan berlebih mikroorganisme sehingga membantu produk perawatan kulit dan tubuh bertahan lebih lama.

Baca Juga : Bakuchiol Tidak Boleh Dicampur Dengan Apa Saja? Yuk, Cari Tahu Berikut Ini!

2. Sebagai Humektan

Pada tingkat rendah, propylene glycol umumnya digunakan untuk menambah manfaat pelembab pada produk perawatan kulit karena mempunyai afinitas tinggi terhadap air. Humektan menarik air ke kulit dan membantu menjaganya supaya kulit lebih kenyal dan terhidrasi. Inilah sebabnya mengapa propylene glycol sering digunakan dalam formulasi produk pelembab wajah.

Penambahan propylene glycol menjadikan bahan lain lebih efektif. Bahan aktif lainnya bahkan bisa menembus kulit lebih baik dengan propylene glycol. Sehingga, serum favorit kamu mungkin lebih baik karena manfaat dari propylene glycol ini.

Apakah Ada Efek Samping Dari Propylene Glycol Sebagai Bahan Produk Kecantikan?

Walaupun propylene glycol umumnya aman untuk digunakan, perlu diingat bahwa propylene glycol sekarang tidak lagi berfungsi dengan baik untuk semua orang. Efek samping yang paling umum dari propylene glycol yaitu respons alergi pada kulit atau yang disebut dermatitis kontak. Keadaan ini lebih berisiko pada mereka yang:

  • Mempunyai kondisi kulit seperti eksim.
  • Mempunyai catatan alergi.
  • Mempunyai kulit yang sensitif.

Baca Juga : Sulfur Tidak Boleh Dicampur Dengan Bahan Berikut, Wajib Tahu!

Apabila kamu khawatir tentang reaksi terhadap bahan ini, atau jika kamu melihat ruam atau reaksi lain setelah penggunaan produk yang mengandung propylene glycol, sebaiknya kamu perlu menghubungi dokter kulit.

Itulah informasi seputar manfaat propylene glycol untuk wajah dan kulit yang perlu untuk diketahui. Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan