Agar Purging Cepat Selesai

Tips Agar Purging Cepat Selesai, Anti Gagal!

Tips Agar Purging Cepat Selesai, Anti Gagal! – Tahukah kamu apa itu purging? Hampir setiap orang yang menggunakan produk perawatan kulit pernah mengalami hal ini, namun mereka belum mengetahui bahwa proses ini disebut dengan purging.

Purging sering kali dianggap sebagai tanda bahwa suatu produk perawatan kulit tidak cocok untuk jenis kulit kita. Tetapi, purging sebenarnya menandakan kondisi kulit yang sedang mengalami respons pembersihan dan regenerasi akibat penggunaan produk skincare.

Purging sering terjadi pada orang dengan kulit wajah normal dan berminyak. Oleh karena itu, banyak orang mencari cara untuk menyelesaikan purging dengan cepat agar kulit wajah dapat kembali normal dan sehat.

Secara umum, purging dapat terjadi ketika kulit wajah menggunakan produk yang mengandung eksfoliator seperti AHA (alpha-hydroxy acid), BHA (beta-hydroxy acid) dan retinoid.

Keadaan ini dapat dikatakan sebagai purging apabila jerawat muncul di tempat di mana jerawat tersebut sebelumnya tumbuh. Purging umumnya hilang lebih cepat daripada breakout. Hal ini karena purging menyebabkan pergantian sel, sehingga kulit menghilangkan sel-sel mati lebih cepat dari sebelumnya.

Jerawat akibat purging akan muncul ketika sel-sel baru yang sehat tidak sempat naik ke atas permukaan tetapi minyak berlebih, serpihan kulit mati, dan kotoran lainnya terlebih dulu naik ke permukaan. Oleh karena itu, jerawat yang menyumbat pori-pori yang terletak di bawah permukaan kulit (mikrokomedo) akan muncul ke permukaan wajah.

Harus diingat bahwa purging tidak sama dengan breakout. Apabila purging dilakukan untuk meregenerasi kulit setelah menggunakan produk perawatan kulit, sedangkan breakout muncul karena ketidaksesuaian kulit dengan produk perawatan yang digunakan bahkan dapat menyebabkan peradangan pada kulit wajah.

Breakout juga bisa disebabkan oleh stres yang tidak terkendali dan pola makan yang buruk. Breakout dapat muncul dalam jumlah besar dan membutuhkan waktu delapan hingga sepuluh hari untuk muncul, kemudian menjadi matang dan kemudian mereda.

MPM Beauty

Cara Agar Purging Cepat Selesai

Kita memang perlu bersabar dengan keadaan kulit saat mengalami purging. Alasannya karena purging membuat kulit wajah menjadi rentan dan sensitif. Ada banyak tips yang telah dirangkum di bawah ini agar purging cepat selesai. Yuk simak selengkapnya!

1. Cuci Muka Secara Rutin

Agar purging cepat selesai, kita harus mencuci muka secara rutin selama dua kali sehari untuk menghilangkan debu dan minyak berlebih. Lalu, kita juga harus menghindari mencuci muka terlalu lama atau berlebihan karena juga bisa membuat kulit wajah menjadi kering.

Pastikan untuk membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit dan mengandung bahan-bahan yang aman untuk kulit. Supaya wajah lebih bersih, lakukan double cleaning. Bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan cleansing oil atau micellar water untuk menghilangkan sisa riasan dan debu secara optimal.

2. Hindari Menyentuh Muka Dengan Tangan

Tentunya hal ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Apalagi saat kita sedang mengalami purging, maka menyentuh atau memencet jerawat akan menyebabkan iritasi yang lebih parah dan memudahkan bakteri penyebab jerawat hinggap di kulit.

Kita tidak akan mengenali apa saja yang pernah disentuh oleh tangan kita atau bahkan jika kita sudah mencuci tangan hingga bersih, akan selalu ada bakteri dan debu lainnya yang tertinggal di tangan kita. Oleh karena itu, hindari menyentuh wajah dengan tangan untuk mencegah risiko perpindahan bakteri dari tangan ke wajah.

Baca Juga : Macam Macam Masalah Kulit Wajah dan Cara Mengatasinya

3. Mengatur Asupan Makan

Tips agar purging cepat selesai berikutnya adalah membatasi asupan makanan dengan tingkat indeks glikemik yang tinggi karena dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat atau bahkan memperparah kondisi jerawat yang sudah muncul di wajah.

Makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi biasanya mengandung jumlah karbohidrat yang dapat dicerna tubuh dengan cepat sehingga meningkatkan kadar gula darah. Beberapa makanan yang perlu dibatasi yaitu nasi putih, sereal, pasta, mie, roti tawar putih, dll.

4. Gunakan Sunscreen Atau Sunblock Setiap Saat

Mengoleskan sunscreen secara rutin dapat mempercepat proses purging. Apalagi saat kita sering beraktivitas di luar ruangan, sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari radikal bebas akibat paparan sinar UV matahari.

Pilih produk sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit kamu dan tidak mengandung minyak berlebih. Selain itu pilihlah produk yang mempunyai label noncomedogenic agar tidak menyumbat pori-pori saat dioleskan ke wajah.

Baca Juga : Kenali Manfaat Titanium Dioxide, Apa Saja?

5. Rutin Jalani Skincare Yang Baik

Untuk mengatasi purging, kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan yang menenangkan seperti chamomile, green tea, panthenol, aloe vera extract, dll, supaya ampuh mengurangi gejala peradangan dan iritasi kulit. Selain itu, gunakan masker wajah secara rutin setiap 2 sampai 3 hari sekali.

Pilihlah masker wajah dengan tekstur clay mask yang mengandung lidah buaya untuk hasil yang optimal. Pastikan masker yang kamu beli sesuai dengan jenis kulit. Lalu gunakan juga moisturizer atau produk pelembap untuk menjaga kulit wajah kita tetap terhidrasi dan mencegah produksi minyak berlebih.

Itulah beberapa tips agar purging cepat selesai. Semoga bermanfaat! Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan