fungsi zat fragrance

Fungsi Zat Fragrance Yang Wajib Diketahui

Fungsi Zat Fragrance Yang Wajib Diketahui – Dalam bidang perawatan kulit, kita sering mendengar tentang penggunaan zat fragrance pada produk perawatan kulit. Sebenarnya apa sih fungsi zat fragrance, dan apakah fragrance berbahaya bagi kulit wajah? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Fragrance merupakan parfum atau wewangian yang dihasilkan dari kombinasi berbagai bahan kimia atau bahan herbal. Fragrance bisa digunakan dalam berbagai produk, termasuk parfum, minyak wangi, sabun, lotion, dan produk perawatan tubuh lainnya. Sehingga secara tidak langsung, fragrance bisa dikatakan “parfum” atau wewangiannya skincare.

Alasan utama penggunaan fragrance yaitu untuk memberikan wewangian yang menyenangkan dan menyegarkan. Aroma fragrance bisa berasal dari berbagai sumber, seperti bunga, buah-buahan, rempah-rempah, kayu, atau bahan buatan. Penggunaan fragrance juga bisa memberikan kenikmatan sensorik yang bermanfaat dan meningkatkan mood.

MPM Beauty

Fungsi Zat Fragrance untuk Wajah

Zat fragrance, seperti sebutannya, memberikan aroma atau wewangian pada produk kecantikan. Tetapi, karakteristik bahan ini tidak hanya memberikan aroma yang harum kepada penggunanya. Berikut beberapa fungsi zat fragrance dalam perawatan wajah.

1. Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Parfum yang dihasilkan menggunakan zat fragrance bisa memberikan pengalaman yang lebih baik saat menggunakan produk perawatan wajah. Aromanya yang lembut dan menyegarkan mampu memberikan efek menenangkan dan kenyamanan ketika menjaga kulit wajah. Menggunakan produk dengan aroma yang tepat bisa menciptakan suasana spa pribadi di rumah.

2. Membantu Menyamarkan Aroma Tidak Sedap

Beberapa bahan herbal yang digunakan dalam produk perawatan wajah, seperti minyak esensial, memiliki aroma yang tidak sedap. Fungsi zat fragrance bisa membantu menyamarkan aroma yang tidak sedap, sehingga produk tetap nyaman diaplikasikan tanpa mengubah sensasi penciuman.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Keharuman yang sedap dari produk perawatan wajah dengan zat fragrance memiliki dampak psikologis yang bermanfaat. Dengan merasa segar dan wangi, kamu akan merasa lebih percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain. Kepercayaan diri yang tinggi bisa berdampak positif pada penampilan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

4. Pengaruh Aromaterapi

Tidak hanya memberikan aroma yang harum, tetapi beberapa zat fragrance tertentu juga mempunyai sifat aromaterapi. Beberapa aroma, seperti lavender atau peppermint, mungkin memiliki efek menenangkan atau mendinginkan yang bisa membantu meredakan ketegangan dan meningkatkan mood pengguna.

Baca Juga : Pantangan Setelah Botox, Sebaiknya Dihindari!

Aturan Penggunaan Zat Fragrance Pada Produk Perawatan Wajah

Saat ini produk perawatan wajah dengan bahan pewangi bisa ditemukan dalam berbagai bentuk, mulai dari krim, lotion, masker atau produk pembersih. Tetapi, penting untuk memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Berikut beberapa panduan dalam memilih produk perawatan wajah dengan bahan pewangi:

1. Perhatikan Kandungan dan Konsentrasi

Pastikan untuk membaca label produk dan menguji kandungan zat fragrance yang digunakan. Beberapa produk mungkin mengandung bahan pewangi dengan konsentrasi tinggi, sehingga tidak cocok untuk kulit sensitif. Pilih produk dengan kandungan dan konsentrasi yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

2. Uji Reaksi Kulit

Sebelum menggunakan produk perawatan wajah dengan bahan pewangi secara langsung, disarankan untuk melakukan pemeriksaan respon kulit terlebih dahulu. Oleskan sedikit produk ke sebagian kulit dan lihat respon kulit dalam 24 jam. Apabila tidak ada infeksi atau efek buruk lainnya, kamu boleh menggunakan produk tersebut.

3. Konsultasikan dengan Ahli Kecantikan

Apabila kamu masih ragu untuk memilih produk perawatan wajah dengan zat fragrance, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kecantikan atau dermatologis. Mereka bisa membantu memberikan rekomendasi yang tepat berdasarkan jenis dan kondisi kulit kamu.

Apakah Fragrance Berbahaya?

Secara umum, fragrance yang digunakan dalam produk konsumen tidak dianggap berisiko pada kadar yang biasanya digunakan. Tetapi, penting untuk dicatat bahwa beberapa orang mungkin juga memiliki kepekaan atau reaksi alergi terhadap fragrance tertentu.

Reaksi alergi juga bisa berupa infeksi kulit, ruam, gatal-gatal atau kesulitan bernapas pada penderita asma. Selain itu, bahan fragrance tertentu juga bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang.

Selain kemungkinan reaksi alergi, beberapa wewangian mengandung senyawa kimia tertentu bisa menyebabkan masalah kesehatan apabila terpapar dalam jumlah yang signifikan atau jika digunakan secara tidak benar.

Bahan fragrance tertentu mungkin bisa berinteraksi dengan bahan kimia lain yang digunakan pada produk sehari-hari, seperti produk pembersih rumah tangga atau produk perawatan kulit tertentu.

Oleh karena itu, penting untuk membaca label produk dan memperhatikan bahan-bahan yang terkandung pada fragrance. Apabila kamu mempunyai riwayat alergi atau sensitivitas terhadap wewangian tertentu, disarankan agar kamu menghindari produk dengan bahan-bahan tersebut atau berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum menggunakannya.

Apabila kamu mengalami reaksi yang meragukan atau mengkhawatirkan setelah penggunaan produk fragrance, segera hentikan penggunaan dan dapatkan saran dari ahli kesehatan.

Itulah penjelasan mengenai fungsi zat fragrance yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat! Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan