Panthenol dalam Skincare

Manfaat Panthenol dalam Skincare, Bisa Melembapkan Kulit!

Manfaat Panthenol dalam Skincare, Bisa Melembapkan Kulit! – Disebut juga sebagai vitamin B5, panthenol merupakan bahan kimia yang saat ini sering ditemukan di berbagai jenis produk perawatan kulit dan tubuh.

Berbeda dengan temannya, hyaluronic acid, panthenol tidak hanya membantu melembabkan kulit tetapi juga bertindak sebagai humektan dan emolien. Nah, hal itulah yang menjadikan kandungan ini semakin populer.

Lantas, apa saja manfaat panthenol dalam skincare? Mengutip dari beberapa sumber, berikut 5 manfaat panthenol dalam skincare yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Manfaat Panthenol dalam Skincare

Selain memberikan manfaat untuk melembabkan kulit, panthenol juga memiliki efek penting lainnya.

1. Meningkatkan Retensi Kelembapan Kulit

Retensi kelembapan kulit merupakan kemampuan kulit untuk menyimpan air dan menjaga hidrasi lapisan kulit. Panthenol mampu menembus lapisan bawah kulit dan meningkatkan kandungan air di dalam sel sehingga mampu menjaga kelembapan lebih lama di dalam jaringan.

Ini adalah karena sifatnya sebagai humektan dan emolien. Humektan menarik dan mengikat air pada kulit, sedangkan emolien menutup celah-celah di kulit, sehingga air tetap terkunci di dalamnya.

MPM Beauty

2. Memperkuat Skin Barrier Kulit Kamu

Manfaat panthenol dalam skincare selanjutnya yaitu memperkuat skin barrier pada kulit. Bagaimana caranya? Panthenol bisa meningkatkan perbaikan skin barrier dengan cara menghentikan lapisan transepidermal kehilangan air.

Selain menjaga kelembapan kulit, hal ini juga membantu menstimulasi kinerja sel-sel sehingga akan meningkatkan fungsi perlindungan sel-sel kulit. Faktanya, penelitian ilmiah menunjukkan bahwa penggunaan emolien setiap hari mencegah dermatitis atopik dengan meningkatkan skin barrier pada kulit. Skin barrier yang kuat dan sehat akan menjaga kelembapan.

3. Menunda Penuaan Kulit

Dengan kandungan humektan yang membantu menjaga dan mengunci kelembapan, panthenol juga bisa membantu memperlambat proses penuaan kulit! Pasalnya, kulit yang lembab juga meningkatkan elastisitas kulit sehingga tetap kenyal dan sehat.

Oleh karena itu, kulit yang basah adalah tanda kulit sehat. Kulit kering cenderung menua lebih cepat karena hilangnya kelembapan dan membuat garis-garis halus lebih terlihat.

Baca Juga : Perbedaan Body Cream dan Body Lotion, Jangan Keliru!

4. Membantu Penyembuhan Luka

Sel yang meningkatkan fungsi pelindung kulit juga penting untuk penyembuhan luka. Itu sebabnya panthenol juga sering digunakan untuk luka ringan pada kulit, termasuk luka bakar dan sengatan matahari.

Hal ini dibuktikan pada sebuah studi tahun 2020 tentang fungsi panthenol yang menyebutkan bahwa panthenol sangat baik untuk luka pasca operasi, terutama jika digunakan setelah kerusakan kulit, karena panthenol bisa meningkatkan regenerasi sel-sel kulit. Selain itu penggunaannya juga bisa mengurangi kemerahan pada kulit akibat sengatan matahari.

5. Sebagai Antiinflamasi

Manfaat panthenol dalam skincare ini juga bisa menjadi pertimbangan untuk mulai menggunakan produk skincare yang mengandung panthenol. Sifat panthenol yang melembapkan juga didukung melalui sifat anti inflamasinya. Menjaga kulit tetap lembab bisa membantu kulit supaya tidak mudah iritasi dan sensitif.

Oleh karena itu, panthenol juga dapat digunakan untuk meningkatkan tekstur kulit yang kasar, kering, gatal dan kemerahan yang berhubungan dengan kondisi kulit seperti eksim, dermatitis dan psoriasis. Bahkan penelitian tahun 2019 menunjukkan bahwa panthenol bisa mengurangi kemerahan akibat cuaca dingin pada orang dengan kulit sensitif.

Efek Samping Panthenol

Secara umum, siapa pun bisa menggunakan panthenol. Seperti halnya senyawa lain, reaksi alergi juga bisa terjadi walaupun peluangnya cukup kecil. Kamu bisa bertanya kepada dokter kulit mengenai penggunaan panthenol yang tepat jika masih ragu apakah kulit kamu cocok untuk bahan ini atau tidak. Atau kamu juga dapat melakukan tes alergi.

Baca Juga : Macam Macam Masalah Kulit Wajah dan Cara Mengatasinya

Selain itu, panthenol juga bekerja dengan baik bersamaan berbagai bahan lainnya. Oleh karena itu, kamu bisa mengkombinasikan penggunaannya dengan bahan perawatan kulit lainnya jika diperlukan. Karena kemungkinan terjadinya peradangan cukup kecil, maka penggunaan panthenol berkali-kali dalam sehari juga tidak akan menyebabkan masalah kulit.

Itulah 5 manfaat panthenol dalam skincare yang perlu kamu ketahui. Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan