Perbedaan Body Cream dan Body Lotion

Perbedaan Body Cream dan Body Lotion, Jangan Keliru!

Perbedaan Body Cream dan Body Lotion, Jangan Keliru! – Berbicara tentang perawatan kulit tubuh, salah satu produk yang paling umum digunakan yaitu body lotion atau body cream. Dengan penggunaan body cream atau body lotion, maka kelembapan kulit dapat tetap terjaga. Namun, tahukah kamu apa saja perbedaan body cream dan body lotion?

Sekilas keduanya terlihat seperti krim pelembab untuk kulit. Namun, body lotion dan body cream sebenarnya mempunyai formulasi yang berbeda dan bisa bermanfaat untuk kondisi tertentu. Nah, untuk mengetahui perbedaan body cream dan body lotion, yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Apa Itu Body Lotion?

Lotion pelembab kulit atau body lotion merupakan pelembab ringan yang biasanya mengandung lebih banyak air daripada body cream. Biasanya body lotion dibuat dari kombinasi air dan minyak.

Apa Itu Body Cream?

Berbeda dengan body lotion, body cream mempunyai konsistensi yang lebih kental dan konsentrasi terhadap minyak yang lebih baik. Hal tersebut dikarenakan body cream biasanya dibuat untuk melembabkan kulit yang lebih kering atau dehidrasi.

Perbedaan Body Cream dan Body Lotion

Nah, setelah memahami pengertian dari body cream dan body lotion, maka kamu akan lebih mudah untuk membedakan keduanya. Berikut perbedaan body cream dan body lotion.

MPM Beauty

1. Tekstur dan Konsistensi

Body cream mempunyai konsistensi yang lebih tebal karena diformulasikan dengan lebih banyak minyak dan butter. Oleh karena itu, body cream sangat cocok untuk orang yang mempunyai kulit sangat kering atau kulit dehidrasi.

Sedangkan body lotion mempunyai tekstur yang lebih ringan dan cair. Produk ini lebih cocok untuk orang dengan kulit normal atau sedikit kering, serta mudah digunakan setiap hari.

2. Kemampuan Menghidrasi

Apabila kamu membutuhkan hidrasi yang lebih baik dan perlindungan lebih lanjut untuk menghindari hilangnya kelembapan alami pada kulit, maka body cream merupakan produk yang tepat untuk digunakan.

Body cream sangat ampuh untuk merawat kulit yang sangat kering atau kulit yang mulai mengalami gejala penuaan. Tetapi jika kamu menginginkan sedikit kelembapan, maka kamu bisa lebih cocok menggunakan body lotion.

3. Bahan

Perbedaan body cream dan body lotion berikutnya terletak pada bahan kandungan. Secara umum, body cream mempunyai kandungan minyak dan emolien yang lebih tinggi, termasuk shea butter atau cocoa butter.

Sedangkan body lotion mempunyai kandungan air yang lebih tinggi dan umumnya menggunakan minyak yang lebih ringan, seperti minyak almond atau minyak jojoba. Beberapa lotion mungkin juga mengandung bahan-bahan tertentu, seperti aloe vera, gliserin, atau vitamin E untuk meningkatkan kemampuan pelembab tanpa menimbulkan rasa lengket.

Baca Juga : Sulfur Tidak Boleh Dicampur Dengan Bahan Berikut, Wajib Tahu!

4. Jenis kulit

Orang-orang dengan kulit yang sangat kering dan mengelupas atau kulit yang sudah mengalami gejala penuaan umumnya disarankan untuk mengoleskan body cream. Selain itu, orang yang tinggal di daerah beriklim dingin dan kering juga disarankan untuk menggunakan body cream karena bisa memberikan kelembapan tambahan.

Sebaliknya, bagi orang-orang dengan kulit normal, kombinasi, atau sedikit kering, penggunaan body lotion sangat direkomendasikan.

5. Aplikasi dan Penyerapan

Perbedaan body cream dan body lotion yang terakhir terletak pada tahapan aplikasi dan kapasitas penyerapannya. Karena konsistensinya yang lebih kental, body cream umumnya membutuhkan waktu lebih lama untuk meresap saat diaplikasikan ke kulit.

Selain itu, body cream biasanya diaplikasikan pada bagian tubuh yang membutuhkan kelembapan tambahan, seperti siku, lutut, atau tumit. Di sisi lain, body lotion lebih mudah digunakan dan cepat menyerap, sehingga cocok untuk digunakan sehari-hari. Umumnya body lotion digunakan setelah mandi.

Baca Juga : Manfaat Panthenol dalam Skincare, Bisa Melembapkan Kulit!

Tips Menggunakan Body Cream dan Body Lotion

Agar penggunaan body cream dan body lotion lebih efektif, pastikan untuk mengikuti tips di bawah ini.

  • Gunakan setelah mandi pada kulit yang sedikit lembab untuk menjaga kelembapan.
  • Pastikan untuk menggunakan produk secukupnya. Biasanya, kamu hanya perlu sedikit lotion dibandingkan body cream karena teksturnya lebih ringan.
  • Oleskan tipis-tipis pada kulit, mulai dari bawah ke atas dengan gerakan memutar supaya produk bisa diaplikasikan secara merata.
  • Body lotion bisa digunakan setiap hari untuk mempertahankan kelembapan.

Itulah beberapa perbedaan body cream dan body lotion yang perlu kamu ketahui dalam memilih produk yang tepat untuk tubuh kamu. Pastikan kamu memilih produk yang menyehatkan jenis kulit dan tingkat kelembapan yang dibutuhkan kulit.

Dengan memilih produk yang tepat dan rutin menggunakannya, kamu dapat menjaga kulit tetap halus, lembut, dan ternutrisi dengan baik. Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan