Cara Meracik Parfum Agar Tahan Lama

Cara Meracik Parfum Agar Tahan Lama Seharian, Wajib Simak!

Cara Meracik Parfum Agar Tahan Lama Seharian, Wajib Simak! – Saat ini, banyak orang yang ingin membuat parfum sendiri dengan komposisi yang sesuai dengan seleranya. Nah, berikut beberapa tips cara meracik parfum agar tahan lama sehingga bisa kamu praktikkan sendiri di rumah.

Umumnya, orang-orang mengunjungi gerai parfum refill untuk memperoleh parfum dengan wewangian yang dibutuhkan. Oleh karena itu, ketersediaan bahan parfum yang ada di pasaran, dan akses informasi yang mudah tentang cara meracik parfum agar tahan lama, membuat banyak orang tertarik untuk menciptakan parfum buatan sendiri.

Bukan hanya sekedar aroma saja, komposisi parfum yang mempunyai daya tahan lama juga menjadi keunggulan dari parfum yang diinginkan. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk menciptakan parfum yang wangi dan tahan lama, yuk simak berbagai cara meracik parfum agar tahan lama yang bisa kamu jadikan referensi.

6 Cara Meracik Parfum Agar Tahan Lama

1. Pilih Bibit Parfum yang terbaik

Cara meracik parfum agar tahan lama yang pertama yaitu pilihlah bibit parfum yang terbaik. Bibit parfum merupakan bahan wewangian yang diambil dari berbagai macam bahan alami seperti bunga, buah-buahan, tanaman, bahkan ada pula wewangian yang berasal dari hewan.

Biasanya bibit parfum mempunyai tahap konsentrasi yang kental dengan aroma yang sangat kuat. Dalam proses membuatnya, bibit parfum biasanya dicampur dengan bahan lain termasuk alkohol atau formula pewangi.

2. Tentukan Jenis Alkohol

Cara meracik parfum agar tahan lama selanjutnya yaitu dengan menentukan jenis alkohol yang akan dipakai pada komposisi parfum. Peran alkohol tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan bibit parfum.

Selain berperan dalam melarutkan bibit parfum, alkohol juga berfungsi dalam menyebarkan aroma parfum dan mengendalikan penguapan aroma. Umumnya alkohol yang digunakan untuk membuat parfum yaitu jenis etanol atau yang lebih dikenal dengan istilah absolut.

Untuk menciptakan parfum dengan keharuman yang bisa bertahan lama, maka gunakan alkohol murni dengan kualitas food grade 96%.

MPM Beauty

3. Gunakan Penguat Aroma Fiksatif

Beberapa peracik parfum biasanya menggunakan bahan penguat aroma atau fiksatif sebagai cara meracik parfum agar tahan lama. Fiksatif biasanya berasal dari bahan herbal, walaupun saat ini bahan alami tersebut tersedia varian sintetisnya.

Fiksatif alami diperoleh dari getah tumbuhan dan produk hewani, seperti muntahan paus ambergris, castoreum dan musk. Bahan fiksatif tambahan dalam komposisi parfum mempunyai kadar yang rendah, yaitu sekitar 3-5 % dari keseluruhan campuran parfum.

Penggunaan bahan fiksatif bisa menurunkan tingkat penguapan alkohol sehingga aroma parfum dapat bertahan lebih lama. Namun, para pembuat parfum sering melewatkan bahan fiksatif ini karena fungsinya dianggap sudah terwakili oleh alkohol.

4. Siapkan Botol Parfum

Cara meracik parfum agar tahan lama berikutnya yaitu memilih ukuran botol. Alasannya karena volume botol parfum akan menentukan berapa banyak bibit parfum, alkohol, dan fiksatif yang ada saat mencampurkan semua bahan.

Ukuran botol parfum pun bervariasi, mulai dari 8 ml, 15 ml, 20 ml, 30 ml, dan seterusnya. Bagi kamu yang baru mulai membuat parfum, disarankan untuk mencampurkan parfum menggunakan takaran botol yang paling rendah.

Baca Juga : Cara Menggunakan Lip Scrub Supaya Bibir Lebih Cerah

5. Tentukan Perbandingan Racikan

Cara meracik parfum agar tahan lama selanjutnya adalah menentukan perbandingan racikan. Apabila kamu menginginkan wewangian yang kuat dan tahan lama, maka gunakan perbandingan 2:1 antara bibit parfum dan alkohol.

Artinya, jumlah bibit parfum lebih banyak dibandingkan jumlah alkoholnya, sehingga wangi parfum yang dihasilkannya bisa lebih tajam dan tahan lama.

6. Langkah Membuat Parfum Sendiri

Setelah memahami beberapa tips di atas, kini saatnya mulai meracik parfum. Kamu bisa mencoba membuat parfum sendiri dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Mempersiapkan alat dan bahan yaitu tabung ukur, suntikan, botol parfum 15 ml, bibit parfum dan alkohol absolut 96%.
  • Tentukan perbandingan 2:1 dalam komposisi campuran yang mengacu dari ukuran botol parfum yaitu 15 ml.
  • Berdasarkan perbandingan tersebut, masukkan 10 ml bibit parfum dan 5 ml alkohol ke dalam tabung ukur dengan menggunakan suntikan.
  • Campurkan kedua bahan tersebut lalu aduk perlahan hingga tercampur sempurna.
  • Setelah tercampur, tuangkan racikan parfum dari gelas ukur ke dalam botol parfum yang sudah disediakan.
  • Parfum racikan sudah siap digunakan.

Baca Juga : Manfaat Myristic Acid Untuk Wajah

Itulah beberapa cara meracik parfum agar tahan lama yang bisa kamu coba. Harus diingat, bahwa komposisi parfum dibuat dengan mempertimbangkan perlindungan kulit dan kesehatan. Apabila racikan parfum berdampak buruk pada kulit atau mungkin menyebabkan sakit kepala, maka sebaiknya hentikan penggunaannya dan cari komposisi parfum yang cocok. Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan