Khasiat Daun Pandan Untuk Kecantikan Kulit

Khasiat Daun Pandan Untuk Kecantikan Kulit

Khasiat Daun Pandan Untuk Kecantikan Kulit – Kenal dengan daun pandan? Tanaman ini merupakan tanaman tradisional yang umum di pakai oleh penduduk Indonesia. Daun ini memiliki peran luar biasa dalam kategori kesehatan dan kecantikan. Dalam pemakaiannya, pandan memiliki aroma khas yaitu harum dan manis apalagi jika di sandangkan dengan makanan sehari-hari. Misalnya agar-agar, kue, dan lainnya.

Pandan bisa di temui sangat mudah di Indonesia, dalam penanamannya pun tergolong mudah. Tanaman pandan bisa tumbuh dengan mudah tidak seperti tanaman cherry, blueberry dan tanaman langka lainnya.

Dengan aroma yang khasnya, Pandan di juluki The Next Superfood yang artinya makanan super. Karena itu tanaman pandan selain sebagai bahan makanan, di produksi juga untuk bahan pembuatan kosmetik kecantikan. Misalnya body scrub, lotion, ice balm, masker, dan serum. Bahkan ada juga produk khusus aroma terapi dengan konsentrat daun pandan lho beautypreneur!

 

Baca Juga: Perawatan Kecantikan Menggunakan Daun Mint

 

Di balik aromanya yang pekat, pandan pun mempunyai kandungan yang berfaedah untuk badan, salah satunya yaitu tanin, glikosida, serta alkaloid. Khasiat daun pandan ini sangat berfariasi untuk mengatasi persoalan kesehatan dan kecantikan.

Khasiat daun pandan di percayai sebagai penurun panas serta pendingin kulit yang efisien. Bukan sekedar itu saja, khasiat daun pandan dapat bersihkan badan dari toksin atau racun.

Sebelumnya mencoba beberapa produk ini mari kita kaji terlebih dulu beberapa khasiat daun pandan untuk kecantikan yang wajib sekali kamu ketahui, diantaranya sebagai berikut:

Detoks Tubuh

Teh yang di bentuk dari rebusan daun pandan atau daun pandan yang di seduh dapat dipakai sebagai detoksifikasi. Khasiat daun pandan punya kapabilitas untuk bersihkan liver dari toksin. Hasilnya dapat di rasakan pada kulit sehingga lebih sehat serta berseri.

Untuk membuat 1 gelas besar teh pandan, pakai satu helai pandan mempunyai ukuran besar yang telah di cuci serta di ikat simpul. Minumlah airnya pada situasi hangat dan jangan berikan tambahan gula.

Aromaterapi

Buat Anda yang punyai masalah dengan kulit kering, berminyak, serta kusam, coba melakukan facial steam bersama air seduhan pandan. Minyak mendasar yang terdapat di pandan dapat menolong menghilangkan pusing serta menentramkan ingatan. Di luar itu uapnya dapat juga menolong buka pori-pori yang terhalang serta melembutkan kulit.

Sajikan satu ember kecil air rebusan pandan masih panas. Setelah itu ikatkan handuk di seputar kepala. Pastikan muka sudah bersih dari make-up, setelah itu letakkan muka di permukaan ember. Setidaknya 10 cm di atas ember dalam waktu 2 hingga 3 menit.

Membasmi Komedo

Sisihkan komedo yang bandel dengan masker yang di bentuk dari 1/2 sdk teh air perasan daun pandan, 1 sdk teh madu, 1 biji pisang, serta 1/4 sdk teh minyak zaitun. Dapat juga ditambahi 1/2 sdk makan air jeruk nipis.

Lembutkan semuanya bahan serta campur sampai jadi pasta kental. Aplikasikan di muka yang telah di buat bersih dari make-up. Sesudah itu biarkan hingga 15 menit serta cuci bersama air dingin.

Mengangkut Sel Kulit Mati

Daun pandan yang telah di lembutkan dapat di pakai selaku bodi scrub yang cukup efisien untuk menyingkirkan sel kulit mati. Cuci sampai bersih daun pandan, setelah itu lembutkan dengan perabotan yang sudah steril. Sesudah itu campur dengan madu atau minyak zaitun. Pakai untuk menggosok kulit seluruh anggota badan yang sebaiknya di eksfoliasi. Gosok dengan pergerakan melingkar, setelah itu biarkan selama 3 menit. Sesudah itu cuci badan bersama air dingin. Kulit akan berasa lebih halus serta bersinar dalam sesaat.

Anti Jamur

Selanjutnya daun pandan mempunyai kandungan yang memiliki sifat sebagai anti-jamur. Kulit benar-benar rentan terserang infeksi jamur seperti panu, baik di kulit sekitar muka atau pada sekitar badan. Panu ini dapat membuat kulit jadi gatal, kering sampai iritasi.

Khasiat daun pandan yang di tumbuk sampai lembut, dapat menolong kurangi dan mecegah jamur di kulit. Khasiat daun pandan bisa juga diminum airnya tiap satu hari sekali sepanjang tiga hari.

Solusi Rambut Rontok

Khasiat daun pandan yang paling akhir, yakni dapat menolong menahan dan menangani rambut rontok. Rambut rontok dapat muncul karena faktor usia, genetika, kebanyakan pemikiran dan karena kebanyakan pemakaian bahan kimia di rambut.

 

Baca Juga: Manfaat Kulit Pisang Bagi Kecantikan

 

Untuk menahan kerontokan pada rambut, Kamu dapat memakai 1 helai daun pandan, 10 daun kembang sepatu, 10 bunga melati dan 1 bunga mawar. Lantas rebus seluruh bahan dengan panci dan tambah 1/2 cangkir minyak kelapa, minyak wijen dan minyak kemiri. Selanjutnya saring sesudah mendidih.

Kemudian dinginkan dengan temperatur ruangan, lalu berikan ramuan pada rambut dan lakukan saat malam hari. Setelah itu basuh rambut saat pagi hari. Perawatan rambut ini dapat di laksanakan tiap 2 sampai 3x satu minggu.

Tinggalkan Balasan