Efek Samping Minyak Kemiri Untuk Wajah

4 Efek Samping Minyak Kemiri Untuk Wajah

4 Efek Samping Minyak Kemiri Untuk Wajah – Belakangan ini sedang viral efek samping minyak kemiri untuk wajah yang dicampur dengan susu bubuk dan air mawar dapat dijadikan masker wajah. Beberapa tutorial di media sosial menjadi viral dan mengklaim bahwa masker wajah buatan sendiri dapat mencerahkan dan menghilangkan flek atau mengatasi jerawat.

Efek Samping Minyak Kemiri Untuk Wajah

Pakar kulit di Klinik Dermatologi Skincare, dr Jonathan R Subekti SpKK menjelaskan efek samping minyak kemiri untuk wajah. Kemiri atau di kenal dengan aleurites moluccanus mempunyai beragam manfaat dalam pengobatan tradisional dan kosmetik, khususnya di Asia Tenggara.

Kemiri memiliki kandungan minyak yang dapat digunakan untuk perawatan rambut dan kulit. Tetapi, dampaknya terhadap pemutihan kulit belum dibuktikan secara ilmiah atau diakui secara luas dalam dermatologi saat ini.

Dalam praktik tradisional, minyak kemiri juga mudah digunakan karena sifat pelembab dan emolien, sehingga berpotensi memberikan tampilan kulit yang lebih cerah dan sehat. Namun, hal ini tidak bisa disamakan dengan pemutihan kulit atau pencerah pigmen kulit secara nyata.

MPM Beauty

Penggunaan susu pada wajah sebagai masker saat ini belum mempunyai bukti klinis yang cukup. Maka Dr.Jonatan tidak mengusulkannya. Khusus bagi orang yang alergi susu, lebih baik tidak menggunakan susu sebagai masker.

Sangat penting untuk berhati-hati saat menggunakan bahan-bahan alami dan kamu wajib berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau dokter kulit, terutama untuk masalah yang berhubungan dengan kesehatan kulit dan pigmentasi. Mereka dapat memberikan panduan dan mengusulkan perawatan apa yang aman dan cocok untuk kamu.

Menggunakan kemiri pada wajah, terutama yang masih mentah, mungkin memiliki dampak buruk, karena mengandung bahan yang dapat mengiritasi atau berisiko bagi sebagian orang. Berikut merupakan efek samping minyak kemiri untuk wajah.

1. Reaksi Alergi

Beberapa orang yang memiliki alergi terhadap kemiri, menyebabkan reaksi seperti gatal, kemerahan atau ruam.

2. Iritasi Kulit

Minyak kemiri sangat kuat, sehingga dapat menyebabkan iritasi kulit. Terutama jika kulit kamu sensitif atau jika kemiri digunakan dalam bentuk mentah dan tidak diolah.

Baca Juga : Penyebab Kulit Kering dan Keriput di Usia Muda dan Cara Menghindarinya

3. Toksisitas

Efek samping minyak kemiri untuk wajah selanjutnya adalah kemiri beracun jika dimakan mentah-mentah karena mengandung saponin dan phorbol. Meskipun penggunaan topikal umumnya kurang berisiko, penting bagi kamu untuk selalu hati-hati dalam menggunakannya.

4. Penyumbatan Pori-Pori

Karena kemiri merupakan minyak, kemungkinan besar efek samping minyak kemiri untuk wajah yaitu menyumbat pori-pori apabila tidak diformulasikan dengan baik, sehingga menyebabkan jerawat atau masalah kulit lainnya.

Maka dari itu sangat penting untuk menggunakan pada area kecil terlebih dahulu sebelum menggunakan produk atau bahan baru pada kulit kamu, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif atau berisiko alergi.

Baca Juga : Manfaat DNA Salmon Untuk Flek Yang Perlu Diketahui

Itulah efek samping minyak kemiri untuk wajah. Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan