Penyebab Kulit Kering dan Keriput di Usia Muda

Penyebab Kulit Kering dan Keriput di Usia Muda dan Cara Menghindarinya

Penyebab Kulit Kering dan Keriput di Usia Muda dan Cara Menghindarinya – Pertambahan usia merupakan hal yang pasti akan terjadi dan tidak dapat dipungkiri lagi pengaruhnya terhadap kulit.

Namun penyebab kulit kering, keriput dan kusam, bukan hanya karena bertambahnya usia. Yuk pelajari tentang semua faktor penyebab kulit kering dan keriput di usia muda, berikut ulasan lengkapnya.

Ciri-Ciri Kulit Kering dan Keriput

Photoaging merupakan suatu kondisi penuaan dini pada kulit karena paparan berlebihan terhadap sinar ultraviolet matahari. Sehingga, kulit kamu bisa menjadi kasar, kehilangan warna, atau bahkan mengalami hiperpigmentasi.

Bahkan, kulit juga berpotensi menjadi kering dan mengalami kerutan. Kulit kering dan keriput karena penuaan dini sering terlihat di area yang langsung terkena sinar matahari. Ciri-cirinya yaitu keriput, kasar, kulit terasa kendor, dan menipis.

Penuaan tidak hanya disebabkan oleh usia. Menurut penelitian, 80% penuaan kulit disebabkan oleh photoaging yang berasal dari paparan sinar UV. Jadi, jika tidak ingin kulit kamu mengalami ciri-ciri yang disebutkan di atas, maka kamu perlu mengambil tindakan yang tepat. Berikut beberapa penyebab kulit kering dan keriput di usia muda.

MPM Beauty

Penyebab Kulit Kering Dan Keriput Di Usia Muda

Penyebab kulit kering dan keriput di usia muda tidak lepas dari paparan sinar UV yang berlebihan. Namun, ada perbedaan yang perlu diketahui mengenai dampak sinar UVA dan UVB pada kulit.

Sinar UVA

Mempunyai efek buruk jangka panjang yang membuat kulit menjadi kering, kusam, elastisitasnya menurun, dan berpotensi menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit.

Sinar UVB

Mempunyai efek buruk jangka pendek yang menyebabkan kulit menjadi gelap, terbakar, berbintik, dan mengalami hiperpigmentasi.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa sinar UV, khususnya sinar UVB, dianggap bisa merusak pertahanan kulit atau skin barier. Sinar tersebut dapat mengancam lapisan stratum corneum (SC) pada epidermis kulit. Akibatnya, kemampuan kulit untuk melindungi dirinya pun melemah. Sehingga jerawat, ruam, kemerahan, reaksi alergi dan masalah kulit lainnya muncul dengan lebih mudah.

Baca Juga : Cara Mengatasi Wajah Keriput dan Kusam Supaya Tampak Sehat

Cara Menghindari Kulit Kering, Kusam, Dan Munculnya Kerutan

Pertama-tama, kamu perlu menyadari bahwa apapun cuacanya, sinar ultraviolet dari matahari dapat mengenai kulit. Sinar ultraviolet memiliki gelombang radiasi yang dapat melewati awan atau bahkan kaca rumah. Oleh karena itu, ada banyak cara yang bisa kamu praktikkan untuk menghindari kulit kering, kusam, dan keriput akibat paparan sinar UV.

Gunakan Perlindungan

Saat kamu melakukan kegiatan di luar ruangan dengan suhu panas yang berlebihan, usahakan untuk menggunakan pelindung, mulai dari topi, payung, jaket, pakaian tertutup/tahan UV, dan menggunakan sunscreen setiap hari.

Pasalnya indeks UV Indonesia sangat tinggi dan berbahaya bagi kulit. Sehingga sangat penting untuk menggunakan sunscreen setiap hari, baik di dalam maupun di luar ruangan. Dengan sunscreen, kulit kamu bisa terhindar dari dampak paparan sinar UV. Dengan begitu, kamu dapat mengurangi penyebab kulit kering dan keriput di usia muda.

Gunakan Pelembab

Krim pelembab atau moisturizer berfungsi sebagai asupan hidrasi untuk wajah. Pelembab mengandung hyaluronic dan vitamin C yang ampuh mencegah kerutan di wajah.

Konsumsi Air Mineral Secukupnya

Kamu mungkin tahu bahwa air mineral adalah asupan penting untuk tubuh. Air mineral juga mempunyai manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Dengan mengonsumsi air mineral secukupnya, wajah akan terhidrasi dan tentunya berpengaruh pada fisiologi kulit.

Baca Juga : 4 Efek Samping Minyak Kemiri Untuk Wajah

Perhatikan Pola Makan Dan Jangan Merokok

Selain air mineral, pemilihan makanan juga menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari penyebab kulit kering dan keriput di usia muda.

Makanan yang mengandung antioksidan seperti teh hijau, salmon, dan alpukat dianggap dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi potensi penuaan dini.

Selain itu, hindari juga rokok. Merokok, selain merusak organ tubuh lainnya, juga berdampak pada asupan serat yang memberikan kelenturan dan energi pada kulit. Apalagi nikotin juga dapat menyempitkan pembuluh darah, dan dapat menghambat aliran darah ke kulit. Akibatnya, nutrisi penting, termasuk vitamin A, bisa terpengaruh.

Itulah penyebab kulit kering dan keriput di usia muda dan cara menghindarinya. Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan