berapa hari menetralkan wajah untuk mengganti skincare

Berapa Hari Menetralkan Wajah Untuk Mengganti Skincare? Yuk, Pahami Dulu Caranya

Berapa Hari Menetralkan Wajah Untuk Mengganti Skincare? Yuk, Pahami Dulu Caranya – Mengganti perawatan kulit tidak seperti mengganti menu makanan yang dapat dilakukan hanya dalam beberapa menit. Penggunaan skincare mempunyai tujuan tertentu. Kebutuhan akan perawatan kulit wajah juga tidak lepas dari kandungan aktif dalam produk tersebut.

Perlu diingat, apabila kamu berencana untuk mengganti produk perawatan kulit, maka dibutuhkan konsistensi dalam mengaplikasikannya pada kulit supaya produk bisa berfungsi dengan baik.

Tetapi, jika kamu memiliki tujuan tertentu dalam penggunaan produk perawatan kulit, contohnya mengobati jerawat lalu beralih langsung ke menghilangkan bekas jerawat, maka kamu sebaiknya melakukan proses netralisasi terlebih dahulu. Lantas berapa hari menetralkan wajah untuk mengganti skincare?

Para ahli mengatakan apabila kamu sering mengganti skincare dapat merusak kulit. Elizabeth Tanzi, seorang dokter kulit di Washington DC, berpendapat bahwa bahan-bahan aktif dalam produk skincare mungkin menyebabkan iritasi, tetapi juga dapat bekerja secara efektif pada kulit.

Apalagi kamu menggunakan produk secara berlebihan atau mencampurkan satu produk dengan produk lainnya tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Belum lagi kamu juga harus mengetahui cara menetralisir wajah yang benar untuk mengganti skincare.

Nah, agar tidak ada kemungkinan berdampak buruk pada kulit kamu, ketahuilah langkah-langkah tepat yang harus diikuti saat akan mengganti skincare, seperti dijelaskan di bawah ini.

Berapa Hari Menetralkan Wajah Untuk Mengganti Skincare? Berikut Caranya

Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum kamu mengganti skincare. Menurut Kendra Bergstrom, MD, asisten profesor dermatologi klinis di Fakultas Kedokteran Universitas Washington, penting untuk mempertimbangkan produk yang bekerja lebih baik. Pertimbangan tersebut meliputi kepekaan kulit terhadap produk, usia produksi kolagen alami, perubahan hormonal, sensitivitas kulit, dan rutinitas sehari-hari.

Lalu berapa hari menetralkan wajah untuk mengganti skincare dan bagaimana cara menetralkan wajah yang tepat? Berikut poin-poin yang harus dilakukan.

MPM Beauty

1. Membersihkan Wajah Secara Teratur

Pembersih wajah akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan debu yang menempel di permukaan kulit. Dengan membersihkan wajah secara teratur, bisa membuat kulit kamu kembali netral secara bertahap setelah kamu menghentikan penggunaan skincare sebelumnya.

Yang harus kamu perhatikan adalah memilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Apabila kulit kamu terlalu kering, bantu tingkatkan kelembapan dengan bahan pelembab pada pembersih kulit kamu. Bersihkan wajah secara rutin dua kali sehari, yaitu pada pagi hari sebelum melakukan kegiatan dan pada malam hari sebelum istirahat.

2. Gunakan Pelindung Kulit Dari Paparan Matahari

Sinar ultraviolet berdampak buruk pada kelembutan, kelembapan dan kelenturan kulit. Supaya masalah tidak bertambah sebelum beralih ke produk skincare yang baru, disarankan untuk tetap menggunakan tabir surya pada kulit.

3. Menjaga Pola Makan Yang Sehat

Menjaga kesehatan kulit tidak lagi hanya melibatkan penggunaan produk skincare saja. Namun juga memberi nutrisi dari dalam, dengan mengonsumsi makanan yang sehat agar dapat menyehatkan kulit. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya beta-karoten. Bahan-bahan sehat ini dapat membantu pembaharuan sel, menyesuaikan fungsi kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

Baca Juga : Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Untuk Ibu Menyusui, Harus Tahu!

4. Beri Waktu Istirahat Dari Skincare Lama Ke Yang Baru

Pengkondisian diperlukan, yaitu memberikan jeda waktu pada kulit untuk menetralisir hasil dari produk skincare yang lama. Untuk mengatasinya, pertama-tama cobalah mengurangi intensitas penggunaan sebelum berhenti sama sekali.

Contohnya, apabila dalam panduan skincare kamu digunakan dua kali sehari, cobalah menguranginya menjadi sekali sehari. Apabila kamu mengalami dampak buruk, seperti mengalami breakout atau perubahan warna kulit wajah yang drastis, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter kulit.

Lantas, berapa hari menetralkan wajah untuk mengganti skincare? Umumnya, setelah tidak ada efek apa pun saat kamu menghentikan penggunaan produk skincare sebelumnya, kamu dapat menetralkan kulit wajah selama 3 hari sebelum menggunakan produk perawatan kulit yang baru.

Rekomendasi dokter Niketa Sonavane adalah setelah tiba waktunya untuk menghentikan rutinitas skincare, maka selanjutnya fokus pada hidrasi dan pemulihan. Saat melakukan perbaikan kulit, hindari bahan skincare aktif, seperti ceramide dan asam hialuronat selama 1 hingga 2 minggu. Selain itu, lindungi kulit dari sinar matahari, produk yang mengandung pemutih dan kandungan asam.

5. Uji Kecocokan Skincare Sebelum Beralih Ke Produk Baru

Sebelum menggunakan produk skincare baru pada kulit wajah, kamu harus melihat dulu dampak dari produk tersebut. Uji produk pada kulit di bagian belakang telinga atau di siku.

Kulit di bagian tersebut hampir sama dengan jaringan kulit di wajah kamu. Gunakan sampel terlebih dahulu sebelum membeli produk. Apabila produk tersebut berdampak buruk pada kulit kamu, tahan dulu. Ketika kulit kamu terasa gatal, bersisik atau iritasi, maka kamu harus berkonsultasi dengan dokter kulit.

6. Melindungi Kulit

Kamu harus memperhatikan sepenuhnya kulit wajah. Selama jeda perawatan kulit, kamu dapat menambahkan serum relaksasi untuk membantu memulihkan kulit. Serum lembut ini berfungsi melindungi kulit dari polutan dan kerusakan akibat sinar matahari. Selama waktu senggang ini, hindari penggunaan eksfoliasi yang keras.

7. Menata Ulang Rutinitas Perawatan Kulit

Para ahli merekomendasikan penggantian produk dalam jangka waktu tertentu. Dengan cara itu, kamu bisa mengatur ulang rutinitas yang akan membantu kamu memahami apa yang benar-benar dibutuhkan.

Direktur medis dan dokter kulit, Batul Patel, memberikan saran tentang cara memilih produk skincare selembut mungkin. Hindari yang mengandung pewangi dan fokus pada perbaikan kondisi kulit.

Baca Juga : Ciri Ciri Sel Kulit Mati Pada Wajah Yang Perlu Kamu Ketahui

8. Konsisten Dalam Menggunakan Produk

Setelah kamu melewatkan tes kecocokan, dan ingin langsung beralih ke penggunaan produk skincare yang baru, pastikan untuk mengaplikasikan produk tersebut minimal satu bulan sebelum membandingkannya kembali.

Menurut dokter kulit Melanie Palm, biasanya diperlukan waktu tiga hingga empat bulan untuk menilai apakah perubahan perawatan kulit berhasil memperbaiki tampilan kulit secara keseluruhan.

Penting untuk tetap konsisten dalam menggunakan produk perawatan kulit. Karena menurut Palm, dibutuhkan waktu satu bulan penuh bagi lapisan kulit epidermis untuk mendapatkan hasil dari produk yang kamu gunakan.

Itulah penjelasan cara yang tepat dan berapa hari menetralkan wajah untuk mengganti skincare. Semoga bermanfaat! Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan