Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen

Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen Yang Wajib Diketahui

Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen Yang Wajib Diketahui – Bagi penduduk daerah tropis, harus memahami perbedaan antara moisturizer dan sunscreen. Karena, di negara-negara yang beriklim tropis, paparan matahari terjadi hampir setiap hari. Oleh karena itu, produk sunscreen yang tersedia di pasaran pun bermacam-macam.

Hal ini dimaksudkan supaya pembeli bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan jenis kulit masing-masing. Karena keragamannya, maka pilihan produk cenderung membingungkan. Terutama jika seseorang harus memeriksa kelebihan dan kekurangan setiap produk satu per satu.

Namun selain itu, penggunaan sunscreen ternyata sangat dianjurkan. Karena, selain melindungi wajah dari sinar UV, penggunaan sunscreen juga bisa mencegah penuaan dini. Selain penggunaan sunscreen, kulit kamu juga memerlukan moisturizer supaya tetap elastis sepanjang hari.

Manfaat lainnya adalah menjaga pH kulit tetap stabil, sehingga wajah terhindar dari masalah kulit kering dan berminyak. Supaya lebih jelas, yuk simak perbedaan moisturizer dan sunscreen berikut ini.

Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen

Moisturizer atau yang bisa diartikan sebagai pelembab merupakan suatu produk yang berupa kombinasi bahan-bahan kimia. Bahan kimia tersebut dibuat dengan tujuan untuk membuat lapisan luar kulit menjadi lebih lembut dan halus.

Pelembab juga bisa meningkatkan hidrasi kulit dengan cara meminimalkan penguapan udara dari kulit. Bagi kamu yang sering terpapar sinar matahari, kulit mempunyai kemampuan untuk dehidrasi, sehingga dapat mengeringkan lapisan atas kulit. Akibatnya tekstur kulit akan menjadi keras dan kering.

Oleh karena itu, kamu memerlukan pelembap yang dapat mengurangi penguapan dan membantu meningkatkan kelembapan kulit. Sedangkan tabir surya atau sunscreen tersedia dalam berbagai macam bentuk, antara lain lotion, krim, gel, dan spray.

Produk ini dapat membantu melawan sinar matahari sebelum menembus lapisan kulit. Selain itu, sunscreen juga bisa membantu dan melindungi kulit dari sinar matahari. Sunscreen dibagi menjadi beberapa jenis yakni dapat memantulkan cahaya matahari dan bisa menyerap sinar UV.

Saat ini, banyak perusahaan yang mengembangkan pelembab dan sunscreen dalam satu produk. Sehingga hal ini bisa sangat berguna dalam hal keefektivitasan, jadi tidak perlu menggunakan produk yang berbeda.

Tetapi, produk tersebut cenderung mempunyai SPF lebih rendah dibandingkan sunscreen. Walaupun mempunyai fungsi melindungi kulit, tetapi sunscreen dan pelembab bekerja dengan cara yang berbeda. Berikut beberapa perbedaan moisturizer dan sunscreen yang perlu kamu ketahui.

MPM Beauty

1. Perbedaan Fungsi

Moisturizer berfungsi untuk menghidrasi kulit, melembabkannya dan memberikan nutrisi. Selain itu masih banyak manfaat lainnya antara lain mencerahkan kulit, merawat dan memperbaiki masalah kulit.

Sedangkan sunscreen berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari. Bahan-bahannya juga dirancang untuk menghasilkan melanin dan mengurangi flek hitam serta garis-garis halus pada kulit.

2. Cara Penggunaan

Perbedaan moisturizer dan sunscreen berikutnya yaitu terletak pada cara penggunaannya. Sunscreen yang tepat dapat memberikan perlindungan ekstra. Dengan begitu, kamu tidak harus mengaplikasikannya kembali setelah 2 hingga 3 jam.

Apabila kamu memiliki kulit yang kering, kamu bisa menggunakan sunscreen dengan kandungan yang lebih banyak pelembab. Namun, jika kamu mempunyai kulit yang sangat kering, nyatanya penggunaan sunscreen tidak akan menyelesaikan masalah tersebut.

Walaupun memiliki fungsi melembapkan, tetapi kandungan dalam sunscreen tidak mampu menyehatkan kelembapan kulit wajah.

3. Takaran Penggunaan

Jumlah penggunaan menjadi perbedaan moisturizer dan sunscreen berikutnya. Penggunaan sunscreen yang dianjurkan adalah dua ruas jari dan diaplikasikan sebelum menggunakan makeup.

Sunscreen juga umumnya tidak memiliki fungsi melembapkan. Sedangkan moisturizer mengandung bahan yang sama dengan sunscreen. Kandungannya dilengkapi dengan bahan-bahan yang dapat meremajakan kulit. Dosisnya pun disesuaikan dengan kebutuhan setiap jenis kulit.

Baca Juga : Apakah Setelah Memakai Skincare Malam Harus Langsung Tidur? Ini Alasannya!

4. Tingkat Konsistensi

Konsistensi sunscreen biasanya meninggalkan rasa lengket dan hasil tampak lebih putih pada wajah. Apabila digunakan, sunscreen tidak sepenuhnya terserap ke dalam kulit, melainkan hanya di lapisan atas kulit. Dengan kata lain, sunscreen hanya bisa melindungi kulit bagian luar dari cahaya sinar matahari.

Berbeda dengan pelembab. Produk ini biasanya memiliki tekstur yang ringan, mudah menyerap dan berbentuk cair. Kamu bisa memilih produk moisturizer yang tidak menimbulkan komedo dan tidak mengandung minyak. Penggunaan pelembab juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit kamu.

5. Dalam Hal Keefektifan dan Manfaat Produk

Keefektifan dan manfaat produk juga menjadi perbedaan moisturizer dan sunscreen. Pelembab biasanya mempunyai kandungan SPF yang lebih rendah dibandingkan dengan sunscreen.

Untuk memperoleh manfaat dari SPF yang terkandung dalam sunscreen, maka kamu perlu menggunakannya secara berlapis. Selain itu, kamu juga disarankan untuk mengaplikasikannya kembali setelah 2 jam. SPF juga mempunyai keterbatasan dalam hal pertahanan kulit wajah, sehingga tidak mampu bertahan dari paparan sinar UV secara langsung.

Baca Juga : Urutan Pemakaian Skincare Siang Hari Yang Benar, Jangan Keliru!

6. Ketahanan Terhadap Air

Perbedaan moisturizer dan sunscreen yang terakhir adalah tahan terhadap air. Secara umum, sunscreen bersifat tahan air, sehingga bisa digunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan air, misalnya berenang.

Selain itu, sunscreen juga mengandung SPF yang dibutuhkan kulit. Berbeda dengan pelembab yang mempunyai SPF terbatas. Moisturizer tidak tahan terhadap air, sinar matahari, dan keringat, sehingga mudah luntur.

Untuk menjaga kesehatan kulit, kamu dapat menggunakan sunscreen sebelum bepergian. Dilanjutkan dengan memakai moisturizer supaya kulit tidak mengalami dehidrasi akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

Itulah perbedaan moisturizer dan sunscreen yang harus kamu ketahui. Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan