perbedaan cleanser dan facial wash

Perbedaan Cleanser dan Facial Wash, Jangan Salah Pilih!

Perbedaan Cleanser dan Facial Wash, Jangan Salah Pilih! – Kamu perlu mengetahui beberapa pembersih wajah sebelum memilihnya, karena hal ini tergantung pada jenis kulit kamu. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Facial wash dan cleanser sering dianggap sebagai produk perawatan kulit yang sama. Tahukah kamu bahwa ada perbedaan cleanser dan facial wash? Dan perbedaan produk perawatan kulit ini akan berdampak pada pemilihan produk mana yang cocok untuk kulit wajah kamu.

Nah, supaya tidak salah pilih, yuk simak penjelasan lengkapnya, mulai dari apa itu cleanser dan facial wash, perbedaan cleanser dan facial wash, hingga cara menggunakannya.

Apa Itu Cleanser?

Sebelum menjawab perbedaan cleanser dan facial wash, sebaiknya kamu mengenal setiap produk terlebih dahulu. Cleanser merupakan produk perawatan kulit yang berfungsi untuk membersihkan kotoran, make-up, sisa kosmetik, polusi, kulit mati dan minyak pada wajah.

Sehingga kotoran tersebut tidak lagi menyumbat pori-pori dan mengurangi risiko kerusakan kulit wajah. Sangat penting untuk mengaplikasikan produk ini setelah seharian melakukan kegiatan atau setelah menggunakan make up dan sunscreen.

Jenis Cleanser

Cleanser terdiri dari berbagai macam jenis. Kebutuhan jenis cleanser untuk kulit wajah juga tergantung pada jenis kulit kamu, sehingga lebih aman untuk digunakan. Berikut ini jenis-jenis cleanser yang umum digunakan, dan jenis kulit yang tepat untuk menggunakannya.

MPM Beauty

1. Milk Cleanser

Milk cleanser merupakan salah satu jenis cleanser yang mengandung susu untuk mencerahkan wajah dan melembabkan kulit. Cleanser ini terbuat dari emulsi alami dari air dan lemak, sehingga mampu menghaluskan kulit wajah tanpa mengurangi kelembapan dan minyak alami kulit. Milk cleanser lebih tepat digunakan untuk kulit kering dan penggunaan kosmetik ringan.

2. Mild Cleanser

Mild cleanser merupakan cleanser yang sangat dianjurkan bagi pemilik kulit sensitif dan rentan berjerawat. Cleanser ini tidak mempunyai banyak busa (bahkan ada yang tidak menghasilkan busa sama sekali), dan tidak menggunakan bahan kimia yang dapat berbahaya bagi kulit. Tentu saja jenis cleanser ini sudah disesuaikan supaya mampu membersihkan kotoran secara maksimal tanpa membuat kulit terasa kering.

Kamu dapat membeli produk mild cleanser yang dapat melembabkan dan menutrisi skin barrier kulit. Tidak hanya dapat digunakan untuk kulit sensitif, berbagai manfaat mild cleanser juga cocok untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit berminyak, rentan berjerawat, dan kulit kering.

3. Cleansing Balm

Cleanser jenis balm ini sangat cocok untuk orang dengan kulit kering, dan tidak disarankan untuk kulit sensitif karena mengandung minyak esensial yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

4. Micellar Water

Micellar water merupakan salah satu jenis cleanser yang cukup sering digunakan di Indonesia. Jenis cleanser ini dapat digunakan semua jenis kulit untuk menghilangkan sisa riasan. Namun pembersihan yang dilakukan tidak akan sebersih cleansing balm.

Pembersih ini tidak memiliki efek eksfoliasi sehingga cukup aman untuk kulit sensitif. Tipsnya, tetap cuci muka setelah menggunakan micellar water. Sehingga debu dan sisa make up dapat bersih secara optimal.

5. Exfoliating Cleanser

Exfoliating cleanser adalah salah satu jenis cleanser yang dapat membersihkan kotoran dan menghilangkan kulit mati pada wajah. Beberapa exfoliating cleanser telah diformulasikan supaya aman untuk semua jenis kulit, mulai dari kulit berminyak sampai kulit sensitif.

Namun perlu diingat bahwa kamu tidak dapat menggunakan pembersih ini setiap hari. Sangat dianjurkan untuk menggunakan exfoliating cleanser sebanyak tiga kali seminggu.

6. Cleansing Foam

Terakhir, ada cleansing foam sebagai pembersih yang sesuai dengan namanya mempunyai tekstur berbusa. Cleanser ini digunakan dengan menambahkan air hingga membentuk busa. Jenis ini kurang direkomendasikan untuk orang dengan kulit sensitif dan lebih direkomendasikan untuk kulit normal atau berminyak. Karena tidak jarang saat menggunakan cleansing foam kulit terasa kesat setelah digunakan.

Baca Juga : Berapa Lama Skincare Terlihat Hasilnya? Ini Penjelasannya

Apa Itu Facial Wash?

Facial wash merupakan sabun pencuci wajah yang berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah. Facial wash sendiri juga bermacam-macam jenisnya, namun setiap facial wash mampu melembapkan dan memberikan efek menenangkan pada kulit wajah.

Apa Facial Wash Termasuk Cleanser?

Apabila ditanya, apakah facial wash termasuk cleanser? Bisa jadi. Karena tujuannya untuk membersihkan kulit. Tetapi, sebenarnya ada perbedaan cleanser dan facial wash. Jika kita mempelajari definisi cleanser yang artinya adalah pembersih, maka dapat dikatakan bahwa facial wash adalah pembersih. Tetapi untuk kegunaannya, facial wash dan cleanser merupakan dua hal yang berbeda.

Perbedaan Cleanser Dan Facial Wash

Perbedaan cleanser dan facial wash yang paling mendasar yaitu penggunaannya. Apabila cleanser bermanfaat untuk membersihkan kotoran dan kosmetik, maka facial wash akan membantu menyegarkan wajah dan membersihkan sisa-sisa kotoran sampai ke pori-pori. Dengan begitu, kotoran tidak akan menyumbat dan menimbulkan jerawat.

Tekstur cleanser dan facial wash juga berbeda. Apabila cleanser biasanya berbentuk krim, gel, dan oil yang dapat melembabkan kulit, facial wash umumnya berbentuk busa atau menghasilkan busa sehingga ringan saat digunakan untuk cuci wajah.

Baca Juga : Siklus Pertumbuhan Rambut dan Cara Menjaganya

Cara Menggunakan Cleanser dan Facial Wash

Apabila ditanya, apakah perlu menggunakan cleanser dan facial wash secara bersamaan? Jawabannya adalah iya. Pasalnya, hasil akhir dari cleanser tidak akan maksimal jika tidak dengan bantuan penggunaan facial wash atau mencuci muka, begitu pula sebaliknya.

Hal selanjutnya yang perlu kamu pahami adalah cara menggunakannya. Apakah facial wash dulu atau cleanser dulu? Berikut langkah-langkah untuk menggunakannya.

  • Lepaskan bulu mata terlebih dahulu jika kamu menggunakannya
  • Bersihkan wajah dengan cleanser
  • Apabila kamu menggunakan cleansing balm atau oil cleanser, langsung gunakan handuk bersih untuk membersihkannya
  • Cuci muka dengan facial wash, tidak perlu menunggu beberapa menit, bisa langsung dibilas.
  • Keringkan kulit wajah dengan cara menepuk-nepuknya secara perlahan menggunakan handuk yang lembut dan bersih.

Itulah perbedaan cleanser dan facial wash beserta penjelasan lengkapnya. Sekarang kamu tahu bahwa keduanya harus digunakan secara bersamaan, sehingga pembersihan yang dilakukan untuk kulit kamu bisa lebih efektif. Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan