Perbedaan Brightening dan Whitening

Perbedaan Brightening dan Whitening Yang Perlu Kamu Ketahui

Perbedaan Brightening dan Whitening Yang Perlu Kamu Ketahui – Whitening merupakan perawatan kulit yang mempunyai fungsi memutihkan kulit melalui penghambatan produksi melanin. Sedangkan brightening berfungsi mencerahkan kulit melalui pengelupasan sel kulit mati. Selain itu, perbedaan whitening dan brightening adalah bahan yang digunakan untuk mencerahkan lebih aman.

Tentunya banyak dari kamu yang menduga jika pernyataan-pernyataan skincare tersebut sama, padahal kenyataannya memutihkan dan mencerahkan pasti ada perbedaannya. Yuk, simak perbedaan brightening dan whitening!

Perbedaan Brightening Dan Whitening

Ada perbedaan antara memutihkan dan mencerahkan yang harus kamu ketahui sebelum kamu memutuskan untuk membeli. Perbedaan brightening dan whitening yaitu skincare whitening tentunya bertugas membuat kulit menjadi lebih putih dengan cara menghambat produksi melanin, sedangkan brightening mencerahkan dengan cara pengelupasan sel-sel kulit mati.

MPM Beauty

Brightening

  • Mencerahkan kulit dengan melakukan eksfoliasi kulit (pengelupasan kulit)
  • Kandungan brightening biasanya lebih aman
  • Ingredients brightening dianggap efektif dan minim hasil negatif jangka panjang

Whitening

  • Berfungsi memutihkan kulit dengan meningkatkan melanin alami kulit
  • Memiliki efek samping jangka panjang karena cara kerjanya melalui penghambatan produksi melanin
  • Dampak yang umumnya terjadi adalah kulit menjadi lebih putih, namun kulit akan menjadi belang apabila terkena sinar matahari

Perawatan kulit yang mencerahkan dan memutihkan tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kamu mungkin bisa memilih jenis perawatan kulit yang sesuai dengan keinginan. Tetapi jika dilihat dari segi efek samping, skincare whitening bukanlah perawatan kulit yang disarankan untuk penggunaan jangka panjang. Kenapa bisa begitu? Mari simak perbedaan brightening dan whitening.

Detail Perbedaan Brightening dan Whitening

Walaupun sama-sama mencerahkan kulit, namun ternyata perbedaan whitening dan brightening ini memiliki formula, cara kerja, dan hasil yang berbeda-beda.

Brightening (Mencerahkan)

Dalam bahasa Indonesia brightening adalah cerah yang berasal dari kata bright. Hal ini menunjukkan bahwa produk skincare brightening mempunyai manfaat untuk mencerahkan kulit karena mengandung bahan pencerah seperti eksfolian.

Inilah yang menjadi perbedaan brightening dan whitening, dimana whitening mempunyai kecenderungan untuk memutihkan kulit dengan cara menghambat produksi melanin. Lebih detailnya, secara umum skincare brightening berfungsi untuk mencerahkan kulit melalui eksfoliasi.

Salah satu alasan kulit membutuhkan perawatan brightening yaitu karena kerusakan kulit dari paparan sinar matahari, polutan dan faktor-faktor lain yang menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati.

Sebagai reaksi dari penumpukan sel-sel mati, kulit justru mempunyai potensi untuk meregenerasi dirinya sendiri, namun pada kasus tertentu, terkadang proses regenerasi tersebut tidak berfungsi secara maksimal. Dengan bantuan perawatan kulit brightening yang mengandung exfoliant ini, kamu dapat memperbaiki warna asli kulit.

Selain itu, perbedaan brightening dan whitening berikutnya yaitu bahan-bahan yang digunakan. Bahan yang digunakan pada brightening biasanya lebih aman. Selain kandungan exfoliant, Alpha Arbutin juga bagus karena ampuh mencerahkan tanpa menimbulkan efek negatif dalam jangka panjang.

Baca Juga : 7 Lulur Alami Untuk Memutihkan Kulit

Whitening (Memutihkan)

Apa artinya whitening? Perbedaan brightening dan whitening selanjutnya adalah cara kerjanya. Skincare whitening bertujuan untuk membuat kulit menjadi lebih putih. Biasanya cara kerja produk whitening yaitu dengan menghambat produksi melanin pada kulit.

Banyak pendapat yang menyatakan bahwa perawatan memutihkan kulit kurang dianjurkan karena efek jangka panjangnya dibandingkan dengan perawatan mencerahkan kulit.

Perlu diketahui bahwa melanin yang diproduksi melalui enzim tirosinase merupakan zat yang memberi warna pada kulit. Faktanya, melanin juga berperan melindungi kulit dari sinar ultraviolet, namun produksi melanin berlebih dapat menyebabkan warna kulit menjadi tidak merata.

Dalam skincare whitening, bahan pemutih seperti HQ (hydroquinone) umumnya ditambahkan ke dalam krim untuk memutihkan kulit. Hasilnya, bahan ini mampu menghasilkan kulit yang lebih putih dibandingkan kulit asli yang kamu punya.

Kesimpulan Perbedaan Brightening dan Whitening

Perbedaan whitening dan brightening yaitu bahan yang digunakan untuk brightening biasanya lebih aman. Selain kandungan eksfoliasinya, Alpha Arbutin juga menjadi andalan karena efektif mencerahkan tanpa menimbulkan efek buruk dalam jangka panjang.

Menggunakan produk pemutih sebagai rutinitas perawatan kulit dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan efek samping yang buruk pada kulit dan kesehatan tubuh secara umum, karena cara kerja perawatan kulit ini menghambat produksi melanin.

Baca Juga : Perbedaan Parfum Alkohol dan Non Alkohol? Ini Jawabannya

Perawatan kulit brightening cenderung lebih aman diterapkan sebagai kebiasaan perawatan kulit. Namun yang terpenting, selalu perhatikan formula perawatan kulit. Selain itu, dibandingkan dengan brightening, whitening biasanya menyebabkan kulit belang. Tidak jarang hal ini membuat penampilan kamu terlihat aneh dan kulit pun tidak terlihat segar.

Itulah perbedaan brightening dan whitening yang perlu kamu ketahui, pastikan bahan perawatan kulit tidak berbahaya, termasuk tidak mengandung merkuri atau hydroquinone. Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

This Post Has One Comment

Leave a Reply