Kenapa Sunscreen Bikin Kusam

Kenapa Sunscreen Bikin Kusam? Ini Kesalahannya!

Kenapa Sunscreen Bikin Kusam? Ini Kesalahannya! – Sunscreen merupakan salah satu jenis perawatan kulit yang wajib dimiliki setiap orang saat ini. Tetapi, masih banyak orang yang salah dalam menggunakan sunscreen, sehingga timbul pertanyaan kenapa sunscreen bikin kusam?

Terlepas dari manfaat sunscreen yang sangat bagus untuk wajah, penting untuk mengetahui cara menggunakannya secara efektif. Lalu bagaimana cara menggunakan sunscreen yang efektif agar kulit kamu tidak kusam? Untuk menjawab pertanyaan kenapa sunscreen bikin kusam, berikut penjelasan lengkapnya.

Kenapa Sunscreen Bikin Kusam?

Supaya kulit kamu tidak menjadi kusam setelah memakai sunscreen, ada banyak kesalahan dalam penggunaan sunscreen yang sering dilakukan banyak orang dan perlu kamu ketahui. Berikut kesalahannya.

1. Memilih Jenis Sunscreen Yang Salah

Alasan pertama kenapa sunscreen bikin kusam yaitu memilih jenis sunscreen yang salah. Kesalahan ini bisa terjadi karena kamu tidak mengetahui jenis kulit sebelum memilih sunscreen.

Untuk alasan ini, penting bagi kamu untuk memperhatikan jenis wajah. Apakah kamu memiliki kulit berminyak, berjerawat, kering atau sensitif? Kulit kusam akibat sunscreen bisa jadi disebabkan oleh bahan-bahan yang tidak sesuai dengan jenis kulit kamu.

MPM Beauty

2. Pemakaian Sunscreen Yang Tidak Merata

Alasan kenapa sunscreen bikin kusam kulit kamu selanjutnya yaitu karena penggunaannya yang tidak merata. Banyak orang melakukan kesalahan ini saat menggunakan sunscreen karena mereka hanya mengaplikasikannya pada bagian tubuh yang terkena sinar matahari saja.

Beberapa bagian yang sering terlupakan saat menggunakan sunscreen adalah bagian belakang telinga, bagian leher dan bagian lainnya. Beberapa bagian tersebut tanpa kamu sadari, juga merupakan bagian yang sering terkena sinar matahari, sehingga membuat kulit kamu menjadi kusam.

3. Takaran Sunscreen Tidak Sesuai (Terlalu Tipis/Terlalu Banyak)

Alasan kenapa sunscreen bikin kusam kulit kamu berikutnya yaitu karena kamu mungkin tidak menggunakan sunscreen dalam jumlah yang tepat, terlalu tipis atau terlalu banyak.

Apabila kamu menggunakan sunscreen yang terlalu tipis, kamu mungkin tidak dapat menjaga kulit secara optimal, meskipun sunscreen yang kamu gunakan memiliki kandungan SPF yang tinggi.

Sedangkan jika kamu menggunakan sunscreen secara berlebihan, tentu saja hal ini akan menyebabkan debu dan kotoran menempel dan menumpuk di kulit kamu. Takaran yang tepat dalam penggunaan sunscreen yaitu dengan menggunakan sunscreen sepanjang dua jari saja, lalu menggunakannya pada berbagai bagian tubuh, seperti wajah yang harus terlindung dari sinar matahari atau sinar ultraviolet.

4. SPF Yang Digunakan Tidak Tepat

Selain karena takaran yang salah, alasan kenapa sunscreen bikin kusam kulit kamu karena kandungan SPF pada sunscreen tersebut kurang tepat.

Kandungan SPF yang tepat pada sunscreen minimal SPF 30. Selain itu, penting bagi kamu untuk memilih sunscreen yang memiliki kandungan broad spectrum. Broad spectrum adalah sunscreen yang dapat melindungi kulit kamu dengan lebih baik dari sinar UV A dan UV B.

5. Tidak Mengaplikasikan Kembali Sunscreen

Kesalahan selanjutnya kenapa sunscreen bikin kusam yaitu karena kamu tidak mengaplikasikan ulang sunscreen. Sangat penting untuk mengoleskan kembali atau menggunakan sunscreen setiap 2 jam sekali supaya tetap mendapatkan manfaat maksimal dari sunscreen.

Selain itu, sebelum mengaplikasikan kembali sunscreen, kamu juga harus membersihkan wajah supaya bersih dan bebas dari minyak, kotoran, debu dan riasan.

6. Melakukan Layering Skincare yang Tidak Tepat

Layering atau menggunakan beberapa produk sebelum atau sesudah penggunaan sunscreen dengan urutan yang salah juga bisa membuat kulit kamu menjadi kusam.

Contoh penggunaan produk sunscreen dengan produk perawatan kulit lainnya dapat dimulai dengan urutan sebagai berikut: pembersih wajah, toner, serum, sunscreen, cushion, dan bedak.

7. Terkena Sinar Matahari Padahal Sunscreen Belum Terserap Sempurna

Kesalahan lainnya kenapa sunscreen bikin kusam adalah terlalu lama terpapar sinar matahari, padahal sunscreen belum terserap sempurna. Sangat penting untuk memberikan waktu 15 hingga 30 menit supaya sunscreen benar-benar meresap ke dalam kulit sebelum memulai aktivitas.

Baca Juga : Face Mist Untuk Kulit Sensitif, Jadi Segar dan Lembab

Tips Penggunaan Sunscreen Agar Tidak Bikin Wajah Kusam

Setelah memahami berbagai kesalahan dalam penggunaan sunscreen, sehingga kini kamu sudah tahu kenapa sunscreen bikin kusam, berikut beberapa tips mengaplikasikan sunscreen supaya efektif dan tidak lagi membuat kulit wajah kamu menjadi kusam.

1. Gunakan Sunscreen Minimal SPF 30

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, agar kulit kamu terlindungi dari bahaya sinar matahari dan sinar UV, kamu tentunya harus menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF minimal SPF 30.

Semakin tinggi kandungan SPF-nya, maka semakin baik untuk melindungi kulit kamu. Tetapi, sebaiknya gunakan sunscreen dengan SPF 50 dan PA++++. Selain melindungi kulit, bahan ini juga mampu menghalangi sinar UVA dan UVB yang berbahaya bagi kulit.

2. Gunakan 15 Hingga 30 Menit Sebelum Melakukan Kegiatan

Tips penggunaan sunscreen selanjutnya yaitu mengaplikasikannya 15 hingga 30 menit sebelum melakukan kegiatan, terutama jika kamu melakukan kegiatan di luar ruangan. Menurut American Academy of Dermatology, sunscreen membutuhkan waktu lebih lama untuk terserap ke dalam kulit dibandingkan dengan sunblock.

3. Gunakan Setelah Pelembab

Cara mengaplikasikan sunscreen yang benar yaitu harus dilakukan setelah penggunaan pelembab atau moisturizer. Hal ini karena pada dasarnya kulit kamu harus menjaga kelembapannya terlebih dahulu, baru kemudian dilanjutkan dengan sunscreen untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari atau sinar ultraviolet.

4. Lakukan Reapply

Tips penggunaan sunscreen berikutnya yaitu dengan mengaplikasikan kembali atau reapply sunscreen setiap 2 jam sekali. Hal tersebut dikarenakan sunscreen umumnya mempunyai batasan waktu untuk melindungi kulit dari sinar matahari atau sinar ultraviolet. Oleh karena itu, penting untuk mengoleskan kembali sunscreen setelah 2 jam atau setiap 2 jam.

Baca Juga : Pakai Sunscreen Dulu Atau Serum, Ini Urutan yang Benar

5. Gunakan Sunscreen Secukupnya

Tips terakhir penggunaan sunscreen adalah mengaplikasikan sunscreen secukupnya. Hal ini penting dilakukan agar kamu tidak menggunakan sunscreen terlalu banyak atau terlalu tebal hanya karena ingin mendapatkan manfaat maksimal dari sunscreen yang kamu gunakan.

Itulah beberapa alasan kenapa sunscreen bikin kusam. Semoga bermanfaat! Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan