pesaing

Kenali Pesaing Agar Bisnismu Semakin Berkembang

Kenali Pesaing Agar Bisnismu Semakin Berkembang – Mempunyai produk yang bagus, tidak bisa menjamin kesuksesan bisnis kamu. Salah satu faktor yang bisa menyebabkan kesuksesan bisnis anda terganggu adalah persaingan usaha yang ketat. Sebagai seorang pebisnis, kita memang harus “berbagi rezeki” dengan pebisnis lain. Namun tentunya, kita tidak boleh pasrah dengan keadaan dan harus tetap memberikan inovasi serta ide-ide kreatif lainnya pada produk kita. Solusi yang baik adalah dengan melakukan riset pasar atas peluang usaha yang ingin anda jalani. Perhatikan produk mereka dan buat inovasi di produkmu, agar customer bisa melihat inovasi dari sebuah produk. Selain itu juga, kamu bisa mencari lingkup bisnis yang belum banyak digarap pebisnis lain jika kamu sulit untuk melakukan inovasi. Inovasi atau ide kreatif yang bisa kamu lakukan pada produkmu adalah bisa berupa packaging, pengiriman, hingga memberikan sedikit inovasi pada produkmu yang bisa terlihat berbeda dengan pesaing. Hal-hal sederhana seperti ini yang nantinya menjadi nilai tambah untuk customermu. Sedikit perbedaan jelas lebih baik daripada banyak persamaan. Tanamkan hal ini dalam dunia bisnismu yang beauties.

Pesaing

Nah contohnya seperti apa sih inovasi yang bisa kita lakukan :

Packaging

Jika pesaing memiliki packaging yang biasa saja, kamu bisa memberikan inovasi pada packagingmu. Kamu bisa melihat referensi dari beberapa online shop luar negri. Jika biasanya packaging hanya bermotif polos, kamu bisa memberikan motif lain yang lebih cantik, kamu juga bisa menambahkan aksesoris seperti pita, atau tali rami sebagai kesan estetik. Kamu juga bisa menambahkan thank you card sebagai bentuk apresiasi kamu terhadap customermu. Desain semenarik mungkin sesuai dengan tema olshopmu dan kamu akan memberikan sedikit perbedaan pada bagian packaging.

 

Baca juga: Alpukat, Buah Dengan Sejuta Manfaat!!

 

Pengiriman

Jika biasanya pesaing hanya menggunakan pengiriman standard yaitu 2 sampai 3 hari baru sampai ke tangan customer, kamu bisa memberikan penawaran yang lebih baik yaitu dengan menggunakan pengiriman yang lebih cepat. Perbedaan satu hari jelas akan sangat berfungsi untuk menarik perhatian dari customer. Kamu juga bisa menggunakan kurir pribadi untuk mempercepat pengiriman produkmu untuk area yang bisa kamu jangkau. Dengan begitu customer akan semakin puas dengan pelayananmu dan akan mengingat tokomu.

 

Baca juga: Peluang Bisnis Produk Kecantikan

 

Berikan Sedikit Inovasi pada Produkmu

Jika produkmu adalah makanan, akan lebih mudah untuk kamu melakukan inovasi, karena kamu bisa berinovasi pada rasa ataupun topping. Namun jika produkmu selain makanan, kamu bisa berinovasi dengan warna, ataupun model.

Jadi beauties, sebelum berbisnis coba kenali dulu ya pesaing-pesaingmu. Selamat berbisnis beauties.

Tinggalkan Balasan