Usaha Kosmetik di Kampung

Usaha Kosmetik di Kampung, Ketahui Modal dan Tips Memulainya

Usaha Kosmetik di Kampung, Ketahui Modal dan Tips Memulainya – Usaha kosmetik memberikan peluang usaha yang menjanjikan. Terlebih lagi kamu dapat menghasilkan keuntungan yang besar hanya dengan modal yang kecil. Masyarakat di kampung tentunya juga membutuhkan kosmetik untuk menghadiri berbagai macam keperluan seperti acara penting lainnya.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini apabila kamu ingin mendapatkan keuntungan yang menjanjikan dari usaha kosmetik di kampung. Menjalankan usaha kosmetik di kampung pastinya berbeda dengan menjalankan usaha kosmetik di kota. Oleh karena itu, yuk simak beberapa tips memulai usaha kosmetik di kampung yang perlu kamu ketahui.

Alasan Mengapa Usaha Kosmetik di Kampung Menjanjikan

Tidak hanya di kota saja, perempuan di desa pun rela mengeluarkan banyak uang untuk tampil cantik. Kebutuhan akan kosmetik di desa selalu konsisten, mengingat banyaknya berbagai kegiatan seperti acara syukuran dan pernikahan.

Oleh karena itu, produk kecantikan memiliki tingkat permintaan yang tinggi. Daya saingnya pun tidak sesulit bisnis kosmetik di kota. Jadi, kamu bisa mengambil peluang ini sebagai pionir usaha kosmetik di kampung dengan penghasilan yang menjanjikan.

Persaingan Usaha Kosmetik di Kampung

Saat memulai usaha kosmetik di kampung, maka kamu harus memperhatikan faktor-faktor berikut yang menentukan persaingan bisnis.

1. Jumlah Konsumen

Jumlah penduduk di daerah pedesaan biasanya lebih kecil dibandingkan dengan jumlah penduduk di kota besar. Oleh karena itu, pelanggan bisnis kosmetik secara otomatis berkurang. Sehingga kamu harus bisa mencari pelanggan yang potensial untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

2. Daya Beli Masyarakat

Sesuaikan jenis dan harga produk kecantikan yang kamu promosikan dengan daya beli masyarakat desa. Jangan biarkan bisnis kamu tidak berjalan lancar dikarenakan gagal dalam menyesuaikan beberapa faktor-faktor saat menjalankan bisnis.

MPM Beauty

Cara Memulai Usaha Kosmetik di Kampung

Untuk menjalankan usaha kosmetik di kampung, maka kamu harus mempersiapkan dan melakukan beberapa hal berikut.

1. Pelajari Karakter Masyarakat Kampung

Masyarakat di desa mempunyai kecenderungan untuk tertarik pada gambar produk. Mereka juga akan merasa lebih yakin jika ada testimoni dari konsumen yang pernah menggunakan kosmetik kamu. Itu sebabnya, kamu harus meneliti terlebih dahulu orang-orang tersebut sebelum menjual suatu produk.

2. Kuasai Produk Kosmetik

Ketahui jenis dan kemampuan kosmetik yang kamu promosikan. Kumpulkan sumber yang terpercaya dan rangkum deskripsi produk. Sehingga hal ini akan mempermudah kamu untuk melakukan promosi. Hal tersebut sangat penting dilakukan mengingat rata-rata warga desa yang masih kurang mengenal beberapa kosmetik tertentu.

3. Pilih Lokasi Yang Bagus

Kamu dapat membuka toko offline untuk meningkatkan penjualan. Masyarakat kampung akan lebih percaya terhadap produk kecantikan karena bisa dilihat secara langsung. Terlebih lagi, bisnis kamu juga terlihat lebih profesional dengan adanya toko offline.

Untuk lokasi yang bagus, jauhkan dari kawasan yang dikuasai oleh toko otomotif atau kawasan industri. Pilih salah satu yang dekat salon atau pusat perbelanjaan. Dengan cara ini, maka para wanita yang menjadi target audiens akan lebih mudah memahami toko tersebut.

4. Melakukan Promosi Melalui Acara

Kamu dapat membuka jasa tata rias pengantin saat ada acara pernikahan di kampung tersebut. Hal ini merupakan cara yang ampuh untuk mempromosikan usaha kosmetik di kampung. Karena para ibu-ibu dan wanita muda biasanya lebih tertarik dengan produk yang kamu gunakan saat merias pengantin.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Skincare Agar Semakin Dikenal

5. Jual Produk Yang Berkualitas

Pastikan untuk mempromosikan kosmetik dengan sertifikasi BPOM dan MUI. Kualitas kosmetik yang terjamin dari lembaga tersebut akan menjadikan bisnis kamu bisa bertahan dalam jangka panjang dan memperoleh kepercayaan konsumen.

6. Berikan Garansi Produk

Kosmetik merupakan barang dagangan yang digunakan secara rutin. Kamu dapat menawarkan jaminan kualitas dalam bentuk garansi produk. Sehingga hal tersebut memberikan rasa tenang saat menggunakan produk.

7. Gunakan Kemasan Yang Menarik

Kamu bisa membuat logo bisnis kosmetik yang nantinya akan diletakkan pada kemasan produk. Logo ini akan membuat produk kecantikan yang kamu jual lebih mudah diingat oleh konsumen. Kemasannya juga akan menjadi daya tarik saat dipromosikan.

Perhatikan Sistem dan Modal Bisnis

Kamu dapat mengatur struktur bisnis dan jumlah modal yang dibutuhkan dalam rencana bisnis. Dengan menentukan target bisnis dan segmentasi pasar ke dalam rencana bisnis, tentunya akan mempermudah kamu dalam mengatur struktur bisnis supaya berjalan dengan efisien.

Mempersiapkan modal usaha merupakan faktor penting yang menentukan keberlangsungan usaha. Oleh karena itu, sangat penting memiliki modal investasi dan operasional untuk menjalankan usaha kosmetik di kampung. Berikut rincian modal yang perlu kamu persiapkan.

  • Etalase Rp2,5 juta
  • Meja dan kursi Rp500 ribu
  • Rak produk Rp500 ribu
  • Renovasi toko Rp1 juta
  • Air dan kekuatan Rp500 ribu
  • Sewa toko Rp4 juta

Perkiraan modal untuk menjalankan usaha kosmetik di kampung adalah Rp 9 juta.

Keuntungan Usaha Kosmetik di Kampung

Saat ini kosmetik menjadi kebutuhan nomor satu bagi sebagian besar masyarakat, termasuk masyarakat pedesaan. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan sedikit persaingan dan menjadi pionir dalam usaha kosmetik di kampung.

Kamu dapat memperoleh keuntungan tambahan dengan menghadirkan layanan ekstra. Contohnya pengantaran produk, tata rias, dan usaha sampingan seperti kedai kopi dan salon kecantikan. Dengan cara ini, kamu bisa menarik lebih banyak konsumen dan menjadikan bisnis kamu lebih progresif.

Baca Juga : Syarat Kemasan Kosmetik dari BPOM dan Jenisnya

Tips Menjalankan Usaha Kosmetik di Kampung

Tips-tips berikut ini bisa kamu pelajari supaya usaha kosmetik di kampung berjalan lancar dan mendatangkan banyak pembeli.

1. Tawarkan Diskon Khusus

Kamu bisa memberikan diskon khusus kepada konsumen yang pertama kali bertransaksi di toko kamu. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan sistem poin per pembelian. Manfaatkan juga momen khusus sambil memberikan diskon.

Contoh momen khusus ada bermacam-macam, mulai dari tahun baru, lebaran, dan tanggal unik. Berikan diskon pada produk yang biasanya paling banyak dibeli, sehingga kamu dapat meningkatkan penjualan dengan baik.

2. Pahami Waktu Yang Tepat Untuk Promosi

Di kampung sering kali mengadakan acara di mana ibu-ibu dan para remaja putri biasanya mendominasi. Misalnya saja dari PKK, pengajian, senam bersama, dan pernikahan. Dengan demikian, kamu bisa berjualan produk kosmetik.

3. Menjadi Penjual Yang Aktif

Para ibu-ibu dan remaja putri biasanya senang bersosialisasi. Oleh karena itu, kamu harus bisa menjadi penjual yang aktif dan bisa diajak berkomunikasi. Selipkan promosi produk sambil mengobrol dengan mereka. Tanggapi dengan baik ketika seseorang bertanya tentang produk kecantikan.

4. Gunakan Media Sosial

Periklanan dan pemasaran digital melalui jejaring sosial juga berlaku untuk masyarakat pedesaan. Kamu bisa membuat akun bisnis di berbagai jejaring sosial seperti Twitter, Instagram, TikTok, Facebook, dll. Kemudian secara rutin tambahkan konten menarik yang terkait dengan produk kecantikan untuk menarik orang-orang terdekat.

Memulai usaha kosmetik di kampung mampu menghasilkan keuntungan yang sangat besar dengan modal yang kecil. Pandai-pandai saja menjual produk yang kamu promosikan melalui media sosial supaya usaha kamu bisa berkembang.

Itulah beberapa tips menjalankan usaha kosmetik di kampung dan rincian modal yang perlu kamu ketahui. Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan