Tingkatkan Repeat Order

Strategi Tingkatkan Repeat Order

Strategi Tingkatkan Repeat Order – Sebagai pengusaha, pasti pengen kan customer penjualan terus meningkat seiring waktu. Banyak cara meningkatkan penjualan, seperti mencari customer baru. Tetapi selain mendapat customer baru, salah satu cara meningkatkan penjualan adalah memastikan mendapat repeat order dari cutomer yang telah didapat.

Repeat order menjadi faktor penting untuk meningkatkan penjualan. Kenapa? Ternyata, riset menunjukkan bahwa pembeli yang sudah pernah berbelanja di suatu tempat memiliki kemungkinan 60-70 persen membeli lagi dan jumlahnya lebih banyak dari pelanggan baru. Jadi jangan puas dulu dengan customer sekali atau dua kali berbelanja pada anda, terus buat mereka tingkatkan repeat order anda.

Tingkatkan Repeat Order

Berikut strategi tingkatkan repeat order

Beri Insentif pada Customer

Beri customer insentif atau pancingan untuk berbelanja lagi dengan ada. Salah satu jenis insentif yang populer adalah program poin. Sistemnya adalah customer mendapat poin untuk setiap pembelanjaan yang ia lakukan. Setelah berbelanja, atau mengulas produk atau jasa atau share ke sosial media sampai beberapa kali maka poin tersebut bisa ditukar dengan bonus seperti potongan harga atau hadiah. Sesuaikan dengan minat customer untuk hadiahnya.

Pemasaran Referral

Pemasaran referral ternyata tidak hanya efektif menambah customer tapi juga membuat customer makin setia berbelanja kepada anda. Apa itu pemasaran referral? Pemasaran referral adalah teknik pemasaran yang bersifat mengajak (refer) ke arah bisnis yang menjadi penawaran, dalam hal ini berbelanja kepada anda. Dan dengan menawarkan keuntungan berbelanja anda kepada customer, customer diharapkan mengajak calon customer lainnya untuk berbelanja kepada anda. Nah selain itu sistem referral ini juga akan tingkatkan repeat order anda.

 

Baca juga: Warna Yang Akan Mendominasi 2021

 

Sistem VIP yang jadi incaran Customer

Ini adalah program yang penting dalam tingkatkan repeat order anda. Karena memberikan sistem VIP adalah layanan tertinggi yang dapat anda berikan untuk customer anda. Customer akan senang ketika mendapat pelayanan lebih dan status yang tinggi. Berikanlah status VIP ini kepada customer yang melakukan pengeluaran terbanyak. Beri mereka layanan khusus seperti acara khusus, atau akses produk lebih cepat yang hanya anggota VIP saja yang dapat menikmatinya.

Sistem VIP ini biasanya dipadukan dengan sistem membership. Dimana dengan sistem membership ini ada tingkatan keanggotaan sesuai dengan tingkatan repeat order yang telah dilakukan. Selain itu dengan demikian anda dapat mengatur keanggotaan dan memilah hadiah dan layanan apa yang bisa diberikan pada masing-masing tingkatan.

Memberi Potongan Harga

Memberikan diskon atau potongan harga selalu merupakan metode efektif untuk tingkatkan repeat order. Memang memberi potongan harga akan membuat anggapan keuntungan akan berkurang, namun efek yang tampak dapat berlaku sebaliknya. Justru pelanggan anda dapat bertambah, tentu saja perlu taktik yang tepat untuk itu. Taktik yang tepat itu bisa menggabungkan pemotongan harga dengan membership, melalui perhitungan berdasarkan tingkatan, keanggotaan, dan order yang telah dilakukan sebelumnya.

 

Baca juga: Cara Ampuh Tingkatkan Omset Berjualan Online

 

Target Ulang

Pastinya anda ingin customer berbelanja kepada anda lagi untuk tingkatkan repeat order anda. Cara yang ampuh untuk itu adalah menarget mereka lagi. Caranya bisa mempromosikan kepada customer megenai produk atau jasa melalui pengiriman email atau pesan melalui sosial media. Selidiki sejarah pembelanjaan customer anda dan ingatkan mereka mengenai produk yang belum mereka beli.

Marketing secara Personal

Ini adalah salah satu trik tingkatkan repeat order yang efisien. Telusuri riwayat pembelian customer anda dan tawarkan kepada mereka produk atau jasa yang berhubungan dengan produk atau jasa yang sebelumnya telah mereka beli.

Mengumpulkan data UGC

Apa itu UGC? UGC adalah User Generated Content,  atau konten dari customer, misalnya testimony. Customer akan merasa senang apabila dapat memberikan feedback seperti itu. Konten demikian juga meningkatkan kepercayaan customer dan calon customer lainnya kepada produk anda. Pastinya ini adalah metode yang efektif tingkatkan repeat order anda.

Leave a Reply