Manfaat Hyaluronic Acid Untuk Kulit Berjerawat

Manfaat Hyaluronic Acid Untuk Kulit Berjerawat dan Mengatasi Penuaan

Manfaat Hyaluronic Acid Untuk Kulit Berjerawat dan Mengatasi Penuaan – Jerawat di wajah merupakan salah satu masalah kulit yang biasanya dialami banyak orang. Berapapun usianya, setiap orang pastinya mengalami masalah ini. Terlebih lagi jika kamu banyak melakukan kegiatan di luar ruangan, paparan sinar matahari dan polusi udara dapat memperburuk keadaan.

Terdapat berbagai macam solusi yang dapat kamu coba, tentu salah satunya yaitu dengan menggunakan Hyaluronic acid. Melalui bahan ini, akan mengatasi jerawat wajah. Lantas apa saja manfaat hyaluronic acid untuk kulit berjerawat?

Mengenal Manfaat Hyaluronic Acid Untuk Kulit Berjerawat

Hyaluronic acid juga disebut sebagai hyaluronan atau asam hialuronat, merupakan zat yang diproduksi tubuh secara alami. Mempunyai fungsi utama dalam menjaga bagian tertentu dari tubuh supaya tetap terlumasi dengan baik dan lembab. Zat ini dapat ditemukan dalam jumlah besar di kulit, mata, dan jaringan ikat.

Selain itu, asam hyaluronic acid mempunyai banyak kegunaan. Beberapa menganggapnya sebagai suplemen, sedangkan yang lainnya menggunakannya secara topikal. Salah satu manfaat terbaik dari asam hyaluronic acid yaitu cocok untuk semua jenis kulit. Mulai dari kulit yang mudah berjerawat sampai kulit kering atau menua. Berikut beberapa manfaat hyaluronic acid untuk kulit berjerawat.

MPM Beauty

1. Membantu Mengurangi Bertambahnya Jerawat

Hyaluronic acid yang dikenal karena sifatnya yang menenangkan dan melembapkan, akan membantu menghilangkan bekas luka jerawat dan mengurangi peradangan. Produk perawatan kulit dengan bahan ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mengatasi masalah jerawat kamu.

2. Menjaga Kelembapan Kulit Secara Alami

Manfaat hyaluronic acid untuk kulit berjerawat selanjutnya yaitu menjaga kelembapan kulit. Mungkin kulit kamu rentan terhadap jerawat. Apabila kamu tidak menjaga kelembapannya, masalah ini akan semakin parah dan dapat memperburuk kondisi kulit wajah kamu.
Untuk semua jenis kulit, menjaga kelembapan alami sangatlah penting. Hyaluronic acid merupakan cara yang bagus untuk dilakukan karena bahan tersebut membantu melembabkan kulit.

Tidak hanya membantu memperbaiki tekstur kulit, namun juga melawan kekeringan dan kulit yang tidak rata. Pada akhirnya, hal tersebut akan membantu kamu mengurangi munculnya jerawat di wajah.

3. Memberikan Peningkatan Hidrasi

Manfaat hyaluronic acid untuk kulit berjerawat berikutnya yaitu memberikan peningkatan hidrasi. Kulit yang rentan berjerawat pasti sangat membutuhkan hidrasi. Asam hialuronat membantu kamu dalam menjaga kulit tetap terhidrasi. Sehingga hal ini membuat kulit bersih dan kencang.

4. Menenangkan Kulit

Jerawat seringkali dapat menyebabkan sensasi terbakar pada kulit dan juga mengakibatkan masalah kulit lainnya. Manfaat hyaluronic acid untuk kulit berjerawat dapat membantu menenangkan kulit dan mengurangi bekas jerawat sehingga membantu kulit tampak lebih sehat.

Baca Juga : Cara Menggunakan Salep Pelicin Wajah Yang Perlu Kamu Ketahui

5. Membuat Wajah Bercahaya

Kulit yang cerah merupakan idaman kita semua. Hyaluronic acid mempunyai potensi untuk membuka pori-pori. Sehingga hal tersebut merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kulit yang halus dan bersih. Sifat hidrasi alami akan mengunci kelembapan, dan pada akhirnya memberikan kulit bercahaya dan kenyal.

6. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Manfaat hyaluronic acid untuk kulit berjerawat terlihat dalam proses pemulihan luka. Walaupun secara alami terdapat dalam kulit, tetapi kebutuhan akan konsentrasi yang tinggi akan menjadi penting, karena mungkin ada kerusakan yang harus segera diperbaiki.

Asam hialuronat membantu untuk meningkatkan proses pemulihan luka dengan mengatur tingkat peradangan. Selain itu, kandungan tersebut juga berfungsi untuk memberi sinyal kepada tubuh agar memulihkan pembuluh darah di area yang rusak.

7. Menjaga Skin Barrier

Ketebalan skin barrier bisa menurun seiring bertambahnya usia, paparan sinar ultraviolet, dan gaya hidup yang buruk. Dampaknya bisa berupa munculnya tanda-tanda penuaan dini, termasuk garis-garis halus dan bintik-bintik hitam.

Melalui penggunaan asam hialuronat, zat ini mampu menjaga kekuatan skin barier atau lapisan pelindung kulit. Senyawa ini juga mempunyai potensi untuk mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebihan.

8. Meningkatkan Elastisitas Kulit Hingga Meredakan Kemerahan Pada Kulit

Asam hialuronat juga berfungsi untuk mengurangi kedalaman kerutan, meningkatkan kekencangan, serta elastisitas kulit. Kandungan ini bekerja dengan cara meningkatkan kelembapan kulit. Manfaat hyaluronic acid untuk kulit berjerawat tersebut bisa langsung dirasakan saat produk perawatan kulit digunakan secara rutin, dua kali sehari.

Selain itu, penggunaan asam hialuronat untuk jangka panjang dapat membantu mengurangi kemerahan yang ada di wajah. Kandungan ini tidak hanya mampu mengatasi kemerahan akibat peradangan, namun juga membantu mengatasi bekas luka akibat jerawat.

9. Menyamarkan Bekas Jerawat

Hyaluronic acid bisa membantu menyamarkan bekas jerawat dengan meningkatkan proses regenerasi sel-sel kulit, sehingga membuat kulit tampak lebih rata dan bersih di bulan pertama.

Hal ini disebabkan oleh pergerakan asam hialuronat yang berfungsi menjaga kelembapan pada area kulit yang terdapat bekas jerawat. Dengan demikian, asam hialuronat membantu mencegah bekas jerawat mengering dan menjadi sulit dihilangkan.

Baca Juga : Ciri-Ciri Cocok Memakai Cream Wajah, Yuk Kenali!

Efek Samping Hyaluronic Acid

Secara umum, asam hialuronat aman digunakan dalam bentuk suplemen, produk perawatan kulit atau suntikan, asalkan digunakan sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Namun, pada beberapa orang, senyawa ini bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit.

Oleh karena itu, disarankan untuk terlebih dahulu melakukan tes alergi dengan mengoleskan sedikit produk ke kulit untuk memeriksa kemungkinan reaksinya. Efek samping berupa nyeri, gatal dan kemerahan karena penggunaan asam hialuronat melalui suntikan. Tetapi, efek samping tersebut bersifat ringan dan mungkin hilang dalam waktu seminggu. Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan