Cara Menghilangkan Jerawat Pasir Dengan Cepat Dalam 1 Hari

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir Dengan Cepat Dalam 1 Hari dan Penyebabnya

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir Dengan Cepat Dalam 1 Hari dan Penyebabnya – Jerawat adalah masalah paling umum yang dialami semua orang. Setiap jenis jerawat disebabkan oleh faktor-faktor yang berbeda.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi bertambahnya jerawat, penting untuk merawat kulit dengan baik. Salah satu jenis jerawat yaitu jerawat pasir, sering tumbuh di bagian kening dan dagu.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara menghilangkan jerawat pasir dengan cepat dalam 1 hari, simak penjelasan lengkap tentang apa itu jerawat pasir, penyebab, ciri-ciri jerawat pasir dan cara menghilangkan jerawat pasir dengan cepat dalam 1 hari.

Apa Itu Jerawat Pasir?

Jerawat pasir adalah papula dengan ukuran jerawat yang kecil. Ciri-ciri jerawat pasir dapat didiagnosis melalui warna dan teksturnya yaitu warna putih atau hitam. Jerawat ini disebut jerawat komedonal karena biasanya muncul di kening dan dagu dalam bentuk papula mirip komedo. Nah, jerawat pasir hitam disebabkan oleh folikel jerawat yang terbuka dan teroksidasi udara menjadi warna yang lebih gelap.

Sebaliknya, whitehead atau jerawat pasir berwarna putih mempunyai permukaan yang tertutup. Tampak seperti titik-titik kecil atau pasir yang menempel di kulit. Dari semua jenis jerawat pasir, rasanya akan terasa kurang mulus saat disentuh.

Menurut dokter kulit bersertifikat Adarsh Vijay Mudgil, MD, jerawat pasir adalah bentuk jerawat yang paling ringan. Dengan begitu, jika kamu merawat kulit dengan baik, kamu dapat menghilangkannya. Perlu kamu ketahui bahwa jerawat pasir paling sering dialami pada usia remaja saat memasuki masa pubertas. Namun jangan menutup kemungkinan bahwa orang yang lebih tua juga dapat mengalaminya.

MPM Beauty

Penyebab Jerawat Pasir

Jika jerawat pasir muncul di kening, dagu, atau bagian lain di wajah kamu, jangan sering-sering menyentuhnya. Apalagi memencetnya karena bisa memperparah jerawat atau bahkan membuat kulit iritasi. Sebelum mengetahui cara menghilangkan jerawat pasir dengan cepat dalam 1 hari, sebaiknya ketahui dulu penyebabnya agar bisa mengambil tindakan yang tepat.

Secara umum, jerawat pasir terjadi ketika sel-sel yang melapisi saluran kelenjar sebaceous tumbuh berlebihan dan menyebabkan peningkatan produksi minyak. Ketika debu menghalangi permukaan kulit, timbullah jerawat, termasuk jerawat pasir. Perilaku sehari-hari juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat pasir, antara lain sebagai berikut.

1. Perubahan Hormon

Hormon dapat menyebabkan produksi sebum, yang biasa terjadi pada remaja selama masa pubertas. Ketika hormon menyebabkan produksi sebum, wajah kamu secara otomatis berubah menjadi lebih berminyak. Kulit mati yang tidak dibersihkan juga menyumbat folikel, yang menyebabkan munculnya jerawat berpasir.

2. Gunakan Produk Perawatan Kulit Yang Mengandung Minyak

Sebelum memilih produk yang akan digunakan, ada baiknya untuk mencermati komposisi produk perawatan kulit tersebut. Jangan gunakan produk yang mengandung minyak untuk kulit berminyak. Hal tersebut bisa menjadi penyebab munculnya jerawat pasir.

3. Rambut Berminyak

Banyak orang yang tidak menyangka bahwa rambut berminyak mempengaruhi kulit wajah. Jika kamu rutin menggunakan pomade atau gel rambut, pastikan untuk membersihkannya dengan baik setelah menggunakannya agar tidak terdapat komedo di area terdekat dari garis rambut, yaitu dahi. Disarankan juga untuk melepas sarung bantal secara berkala dan menghindari menyentuh wajah.

4. Tidak Menjaga Kebersihan Kulit

Kebersihan kulit yang buruk menyebabkan sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori. Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan wajah dua kali dalam sehari atau setelah melakukan aktivitas yang memicu keringat.

Karena jerawat pasir juga memiliki kemampuan untuk tumbuh di area tubuh yang berminyak, termasuk punggung, disarankan untuk melepas pakaian yang berkeringat dan membersihkan tubuh sesegera mungkin.

5. Makan Makanan Manis Dan Makanan Olahan

Dalam beberapa kasus, pola makan dengan diet glikemik tinggi lebih berisiko menimbulkan jerawat. Menurut para ahli, kelebihan glukosa dalam tubuh dapat menyebabkan lonjakan hormon dan jerawat akan mulai berkembang. Sebagai tindakan pencegahan, batasi asupan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti roti putih, karena mampu meningkatkan indeks glikemik tubuh.

6. Stres

Masih terkait dengan perubahan hormon, stres bisa mengubah tatanan hormon menjadi tidak seimbang. Meskipun untuk mengatasi stres memerlukan metode tertentu, gaya hidup sehat tetap penting. Tidur atau istirahat yang cukup, sering berolahraga, dan pertahankan pola makan yang sehat.

Perilaku di atas harus diubah sebagai tindakan pencegahan agar jerawat pasir tidak lagi muncul di kulit wajah. Nah, cara menghilangkan jerawat pasir dengan cepat dalam 1 hari, bisa kamu ikuti rekomendasi berikut ini.

Baca Juga : Perbedaan Scar dan Bopeng, Apa Bedanya?

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir Dengan Cepat Dalam 1 Hari

Pengobatan jerawat pasir, meski bentuknya kecil, tetap memerlukan langkah yang tepat. Karena jika tidak, bisa menyebabkan infeksi kulit atau jerawat pasir bertahan lebih lama di kulit kamu. Untuk mengatasi masalah ini, lihat langkah-langkah tersebut.

1. Cara Mengatasi Jerawat Pasir Secara Alami

Jika kamu memilih cara herbal untuk menghilangkan jerawat, kamu bisa menggunakan lidah buaya dan madu. Bahan pertama yaitu lidah buaya, telah terbukti dalam penelitian medis bersifat anti inflamasi dan membunuh bakteri. Cara ini memungkinkan kamu untuk mengempiskan jerawat sehingga tekstur kulit menjadi bersih kembali dan jerawat pasir sedikit demi sedikit hilang. Bahan kedua, madu, yang menurut penelitian tahun 2016 dapat memberikan efek antimikroba namun tidak bertindak cepat dalam mengatasi jerawat.

2. Ubah Kebiasaan Perawatan Kulit Yang Buruk

Apakah kamu sering lupa untuk merawat wajah? Atau kamu sering mengalami perubahan hormon tetapi tidak mendapatkan pengobatan yang tepat? Oleh karena itu, kamu perlu menghilangkan ketergantungan tersebut agar jerawat pasir tidak lagi muncul di kulit kamu.

Kamu juga perlu memperhatikan komposisi atau kandungan dalam produk perawatan kulit yang kamu gunakan. Jangan menggunakan bahan-bahan yang meningkatkan produksi minyak ke kulit kamu.

3. Gunakan Krim Yang Mampu Mengatur Produksi Sebum

Komposisi bahan perawatan kulit atau krim anti jerawat yang tepat menentukan keberhasilan menghilangkan jerawat pasir dengan cepat. Oleh karena itu, kamu harus memilih perawatan kulit yang mampu mengendalikan produksi sebum dari kelenjar sebaceous sebagai penyebab utama munculnya jerawat berpasir.

4. Gunakan Pembersih Wajah Yang Mengandung Benzoil Peroksida

Benzoil peroksida merupakan bahan aktif yang membantu menekan bakteri penyebab jerawat. Juga bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit mati.

Baca Juga : Cara Mengatasi Wajah Keriput dan Kusam Supaya Tampak Sehat

5. Konsultasikan Dengan Dokter Ahli

Penting untuk meminta nasihat dari dokter ahli. Terutama jika kamu mengalami jerawat pasir dan mempunyai kulit yang sensitif.

Itulah cara menghilangkan jerawat pasir dengan cepat dalam 1 hari. Namun perlu kamu ketahui bahwa ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi keberhasilan dalam menghilangkan jerawat pasar.

Selain menggunakan produk skincare yang tepat, penting juga untuk memiliki kebiasaan dalam melakukan perawatan kulit yang baik, serta mengendalikan stres dan menjalani gaya hidup sehat.

Itulah cara menghilangkan jerawat pasir dengan cepat dalam 1 hari. Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan