Bolehkah Mencuci Muka 3 Kali Sehari

Bolehkah Mencuci Muka 3 Kali Sehari? Ini Alasannya

Bolehkah Mencuci Muka 3 Kali Sehari? Ini Alasannya – Pertanyaan apakah boleh membersihkan wajah tiga kali sehari memang diperbincangkan banyak orang. Mencuci muka merupakan salah satu langkah penting dalam perawatan kulit. Lantas, bolehkah mencuci muka 3 kali sehari?

Mencuci muka dilakukan dengan sabun pembersih atau facial wash khusus yang memiliki kandungan lebih lembut dibandingkan sabun pembersih badan. Manfaatnya yaitu membersihkan sisa riasan dan kotoran yang menempel di permukaan wajah.

Artikel ini akan memberikan penjelasan tentang bolehkah mencuci muka 3 kali sehari untuk kulit berminyak dan lainnya. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Bolehkah Mencuci Muka 3 Kali Sehari?

Membersihkan muka dengan sabun pembersih wajah dan air merupakan langkah perawatan kulit yang tidak boleh kamu lewatkan. Langkah ini akan membersihkan debu dan sisa riasan di wajah kamu, serta membuatnya bersih kembali.

Apabila kamu tidak membersihkan wajah dengan benar, maka pori-pori kamu bisa tersumbat dan bisa menyebabkan komedo hitam, komedo putih, dan jerawat yang lebih parah.

Sehingga hal ini akan membatasi kinerja keseluruhan produk perawatan kulit yang digunakan setelah mencuci muka. Sebaliknya, apabila kamu terlalu sering mencuci muka, maka kulit wajah dapat mengalami dehidrasi dan terlalu kering.

MPM Beauty

Bolehkah mencuci muka 3 kali sehari? Jawabannya adalah hal itu tidak disarankan. Mengutip buku Skincare Decoded: The Practical Guide to Beautiful Skin oleh Victoria Fu dan Gloria Lu (2021), mencuci muka secara berlebihan atau over-cleansing bisa menghilangkan lipid pada kulit dan merusak fungsi pelindung kulit.

Dengan begitu, hal ini memungkinkan bakteri masuk dan menyebabkan jerawat, kemerahan, iritasi, neurodermatitis, dan penurunan ketahanan alami terhadap sinar UVA dan UVB.

Frekuensi mencuci muka juga harus disesuaikan dengan jenis kulit kamu. Untuk kulit kering, disarankan membersihkan wajah menggunakan sabun sebanyak 1 kali sehari pada malam hari sebelum tidur.

Lalu, lanjutkan dengan rangkaian perawatan pelembab kulit, seperti dengan penggunaan serum dan pelembab. Untuk kulit berminyak dan kombinasi, cuci muka dua kali sehari, pagi dan malam, untuk mengatur produksi minyak berlebih di wajah.

Mencuci muka wajib dilakukan apabila kamu memakai makeup untuk mengurangi tumbuhnya jerawat. Lakukan serangkaian cuci muka dan perawatan kulit sebelum dan sesudah makeup.

Gunakan juga pembersih berbahan dasar minyak atau micellar water untuk menghilangkan makeup sebelum membilasnya dengan air.

Baca Juga : Siklus Pertumbuhan Rambut dan Cara Menjaganya

Cara Cuci Muka yang Baik dan Benar

Langkah-langkah mencuci wajah yang baik dan benar perlu dipraktikkan agar wajah kamu bisa senyaman mungkin tanpa membuatnya terlalu kering. Berikut tahapan mencuci muka dengan sabun pembersih:

  • Sebelum menggunakan sabun pembersih wajah, bilas terlebih dahulu wajah kamu dengan air dingin atau air hangat.
  • Gunakan tangan kamu untuk menggunakan sabun pembersih wajah.
  • Setelah menggunakan sabun pembersih, gosok perlahan wajah kamu dengan gerakan memutar.
  • Tidak harus menunggu sampai sabun mengering, segera bilas untuk menghindari kulit kering.
  • Biarkan wajah kamu kering secara alami. Lanjutkan dengan rangkaian perawatan kulit lainnya.

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung Secara Alami dan Cepat

Jadi, bolehkah mencuci muka 3 kali sehari? Jawabannya yaitu tidak disarankan. Karena hal tersebut bisa merusak fungsi pelindung pada kulit. Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan