Perbedaan SPF 30 dan 50

Perbedaan SPF 30 dan 50, Mana yang Lebih Bagus?

Perbedaan SPF 30 dan 50, Mana yang Lebih Bagus? – Adanya kesalahpahaman dan mitos mengenai SPF dan kegunaannya masih tersebar luas dimana-mana. SPF dengan pilihan terbaik berkisar antara SPF 30, 50, dan 100 untuk melindungi kulit kamu secara optimal dari sinar UV.

Benarkah sunscreen dengan SPF lebih tinggi dapat memberikan perlindungan lebih kuat terhadap sinar UVB? Yuk simak penjelasan perbedaan SPF 30 dan 50, serta SPF 100 pada artikel ini, ya!

Perbedaan SPF 30 dan 50, Serta SPF 100

1. Kegunaan SPF Untuk Kulit

Melindungi kulit kamu dari sinar UV yang berbahaya merupakan salah satu hal penting yang dapat kamu lakukan setiap hari. Selain mengenakan pakaian yang menutupi sebagian tubuh, sebaiknya kamu juga mengoleskan sunscreen dengan SPF yang tepat sebelum memulai aktivitas sehari-hari.

SPF atau Sun Protection Factor berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UVB. Lebih detailnya, apa saja manfaat SPF?

  • Mencegah rasa terbakar dan penggelapan kulit.
  • Melindungi kulit dari masalah hiperpigmentasi yang menyebabkan warna kulit tidak merata.
  • Menjaga kelembapan kulit kamu karena sinar UV dapat membuat kulit kamu dehidrasi.
  • Mencegah kerusakan DNA kulit yang bisa menyebabkan kanker kulit.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh kulit kamu dari SPF dalam sunscreen. Namun, pernahkah kamu memperhatikan bahwa jenis sunscreen memiliki nomor SPF yang berbeda pula? Jika ya, maka kamu perlu membaca artikel ini sampai akhir untuk mengetahui arti dari berbagai angka SPF!

MPM Beauty

2. Memahami SPF dan Variasinya

Angka SPF adalah tingkat perlindungan yang diberikan sunscreen terhadap sinar UVB. Namun, bagaimana cara menentukan angka SPF pada setiap sunscreen? jawabannya adalah dengan melakukan penelitian di dalam ruangan, memaparkan orang pada spektrum cahaya yang meniru sinar matahari siang hari.

Berkat penelitian ini, dokter kulit mengetahui berapa nomor SPF yang dimiliki sunscreen. Masih banyak perbedaan angka SPF yang tertera pada kemasan sunscreen, namun secara umum sunscreen memiliki angka SPF sebagai berikut:

  • Sunscreen dengan SPF 30.
  • Sunscreen dengan SPF 50.
  • Sunscreen dengan SPF 100.

Baca Juga : Sunscreen Physical VS Chemical, Apa Bedanya?

3. Perbedaan Proteksi

Kamu mungkin berpikir bahwa semakin tinggi angka SPF suatu sunscreen, semakin besar pula tingkat perlindungan yang diberikan sunscreen tersebut.

Namun kenyataannya, nilai SPF yang tinggi berarti kulit kamu akan tetap terlindungi dari sinar matahari dalam jangka waktu yang lebih lama. Berikut informasi lengkapnya.

  • Sunscreen SPF 30 dapat menjaga kulit kamu selama 300 menit sebelum terbakar sinar UVB.
  • Sunscreen dengan SPF 50 dapat menjaga kulit kamu selama 500 menit sebelum terbakar sinar UVB.
  • Sunscreen dengan SPF 100 dapat menjaga kulit kamu selama 1000 menit sebelum terbakar sinar UVB.

Menurut pakar kulit, sunscreen dengan SPF 100 hanya memberikan perlindungan sedikit lebih baik dibandingkan sunscreen dengan SPF 50. Parahnya, penggunaan sunscreen dengan SPF 100 bisa memberikan rasa aman palsu dan membuat kamu nyaman beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa rasa takut dan lupa menggunakan kembali sunscreen.

Terlebih lagi, sunscreen SPF 100 memblokir foton yang dipancarkan sinar UVB sekitar 98,3%, hanya berbeda 0,3% dari sunscreen SPF 50. Oleh karena itu, para dermatologis sangat menyarankan penggunaan sunscreen dengan SPF 50 untuk perlindungan yang andal tanpa memberikan “rasa aman palsu” yang bisa kamu dapatkan dari SPF 100.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata Dengan Es Batu, Mitos atau Fakta?

Tidak perlu dikhawatirkan, walaupun negara kita merupakan negara tropis yang mempunyai sinar UV yang berbahaya. Untuk perlindungan kulit yang optimal, cukup menggunakan sunscreen dengan SPF 50. Namun, pastikan untuk menggunakan kembali sunscreen sebagai perlindungan maksimal terhadap sinar UVB dan UVA.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan SPF 30 dan 50, serta SPF 100 yang perlu kamu ketahui. Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Leave a Reply