Modal Usaha Kosmetik dan Cara Memulainya-01

Modal Usaha Kosmetik dan Cara Memulainya

Modal Usaha Kosmetik dan Cara Memulainya – Apakah kamu berminat untuk membuka usaha kosmetik? Jika tertarik, maka kamu harus mengetahui berapa modal yang perlu dikeluarkan terlebih dahulu. Usaha ini sangat laris di pasaran karena banyak orang yang membutuhkan kosmetik untuk kegiatan sehari-hari. Lantas, berapakah modal usaha kosmetik yang dibutuhkan? Bagaimanakah cara memulainya? Yuk simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Berapakah Modal Usaha Kosmetik?

Modal yang kamu perlukan untuk memulai usaha kosmetik yaitu sekitar 10 juta rupiah. Modal tersebut nantinya akan digunakan untuk modal investasi dan biaya operasional pada usaha kosmetik yang ingin kamu jalankan. Berikut penjelasan modal usaha kosmetik yang perlu kamu ketahui.

1. Modal Investasi

Modal investasi merupakan biaya yang dikeluarkan untuk membeli perlengkapan atau barang yang hendak digunakan. Contoh perlengkapan atau barang yang termasuk modal investasi yaitu etalase, bangku, rak kaca, cermin, dan papan iklan toko. Sehingga kamu harus mengeluarkan modal sekitar 4 juta rupiah. Modal tersebut bisa semakin bertambah atau mungkin kurang, tergantung dari mana kamu membeli perlengkapan atau barang tersebut.

2. Modal Operasional

Modal operasional merupakan biaya yang dikeluarkan untuk membeli perlengkapan atau barang yang dipakai setiap hari atau untuk jangka pendek (< 1 bulan). Modal operasional ini harus dikeluarkan minimal 1 bulan sekali. Artinya, kamu harus menyisihkan keuntungan tiap bulannya untuk modal usaha kosmetik.

Umumnya, modal operasional digunakan untuk menyetok berbagai macam tipe kosmetik, membayar gaji pegawai, membayar sewa ruko, listrik, air, dan lain-lain. Kisaran modal operasional yang perlu kamu keluarkan yaitu 6 juta rupiah.

MPM Beauty

Cara Memulai Usaha Kosmetik

Jika kamu sudah mengetahui berapa modal usaha kosmetik, maka selanjutnya kamu perlu mengetahui cara memulai usaha kosmetik, mulai dari membuat gagasan usaha sampai mempromosikan produk. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1. Membuat Gagasan Usaha

Sebelum memulai usaha apa pun, hal pertama kali yang harus dilaksanakan yaitu membuat gagasan usaha. Kamu harus memastikan untuk meriset lebih dulu target pasar dan para pesaing. Ketahui apa yang terjadi di sektor bisnis kosmetik, kemudian buatlah gagasan usaha dengan yang sedang terjadi sekarang ini.

Mempunyai target pasar yang tepat akan membantu kamu saat menjalankan bisnis kosmetik. Selanjutnya tentukan siapa saja target pasar kamu, mulai dari wanita karier, ibu rumah-tangga, atau anak muda. Dengan begitu, kamu dapat menyesuaikan produk yang dipasarkan dan membuat strategi promosi yang akurat.

Kemudian mengetahui apa yang pesaing kerjakan sampai usaha kosmetik mereka bisa berjalan dengan lancar. Kerjakan segala hal positif yang mereka lakukan, dan berikan sedikit keunikan supaya usaha kosmetik yang kamu jalankan berbeda dari pesaing lainnya. Jika usaha kosmetik kamu mempunyai keunikan tersendiri, pastinya para pelanggan tertarik dan akhirnya mereka membeli produk kosmetik yang kamu jual.

2. Tentukan Tempat Usaha

Sesudah membuat gagasan usaha, selanjutnya kamu perlu menentukan tempat usaha. Akhir-akhir ini, usaha kosmetik yang dijual secara online mengalami peningkatan penjualan karena ada banyak pelanggan yang lebih suka berbelanja secara online.

Meskipun menjalankan usaha kosmetik secara online terlihat gampang, pastinya ada kesulitan tertentu, seperti pelanggan menerima produk yang berbeda karena penjual salah mengirim barang, akhirnya nilai review toko kosmetik kamu menurun dan berpengaruh jelek untuk pemasaran.

Sedangkan membuka usaha secara off-line biasanya memerlukan modal usaha kosmetik yang lebih besar karena membutuhkan biaya sewa ruko. Ada baiknya, usaha kosmetik kamu harus mempunyai toko off-line dan online, tetapi jika modal yang kamu punya terbatas, kamu bisa mulai berjualan secara online telebih dahulu.

3. Cari Penyuplai

Ketika menjual sebuah produk, kamu harus menemukan penyuplai barang lebih dulu. Kamu harus mendapatkan penyuplai yang menjual produk dengan harga yang murah, sehingga kamu dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar. Pastikan juga menjual produk yang sesuai target pasar.

Selain itu, pastikan produk yang kamu jual mempunyai kualitas yang bagus. Jangan sampai kamu menjual produk kosmetik dengan kualitas yang jelek dan tidak jelas bahan-bahannya. Oleh karena itu, kamu harus memastikan pelanggan jika produk yang kamu jual menggunakan bahan-bahan yang berkualitas.

4. Mulai Pemasaran dan Promosi

Apabila langkah-langkah di atas sudah kamu kerjakan, maka selanjutnya kamu perlu melakukan pemasaran dan promosi. Pastikan promo yang kamu buat sesuai target pasar yang telah ditetapkan. Kamu bisa membuat promosi menggunakan berbagai macam media, seperti  sosial media dan website.

Baca Juga : Punya Toko Kosmetik Sederhana? Ini Tips Suksesnya

Cara Meningkatkan Penjualan Usaha Kosmetik

Jika kamu sudah mengetahui kisaran modal usaha kosmetik dan cara memulainya. Maka langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan yaitu meningkatkan penjualan. Yuk simak beberapa cara di bawah ini!

1. Menampilkan Foto Produk yang Menarik

Langkah pertama yang wajib kamu kerjakan untuk meningkatkan penjualan usaha kosmetik yaitu dengan menampilkan foto produk yang memikat para calon pembeli. Jika kamu berjualan secara online, pastinya sangat penting untuk menampilkan foto produk yang menarik. Karena hal tersebut akan membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk.

2. Memberikan Hadiah Ke Pelanggan Setia

Salah satu langkah selanjutnya untuk meningatkan penjualan usaha kosmetik adalah dengan memberikan hadiah ke pelanggan setia. Hadiah tersebut bisa berbentuk barang atau diskon. Ketika pelanggan mendapatkan hadiah, maka mereka akan merasa senang dan dihargai, sehingga mereka akan terus membeli produk kosmetik di toko kamu.

Selain itu, para pelanggan setia biasanya melakukan marketing dari mulut ke mulut, di mana mereka mereferensikan toko kosmetik kamu kepada rekan, keluarga, atau kenalannya. Oleh karena itu, kamu harus bisa membuat konsumen merasa senang dan dihargai.

Baca Juga : Paket Usaha Skincare Untuk Pengusaha Pemula

3. Mengoptimalkan Media Sosial

Perubahan trend sosial media yang cepat bisa membantu kamu dalam melakukan marketing dan promosi. Terlebih lagi warga Indonesia saat ini selalu aktif di sosial media, mereka dapat habiskan beberapa jam dalam sehari untuk aktif di sosial media.

Itulah penjelasan mengenai modal usaha kosmetik yang kamu butuhkan dan cara memulainya. Semoga artikel ini bermanfaat! Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan