Ciri Ciri Tidak Cocok Handbody

Ciri Ciri Tidak Cocok Handbody dan Kesalahan Saat Menggunakannya

Ciri Ciri Tidak Cocok Handbody dan Kesalahan Saat Menggunakannya – Sebaiknya kamu mengenali gejala tidak cocok menggunakan handbody, sehingga kamu dapat mencegah penggunaannya dan menghindari handbody yang tidak sesuai dengan kulit kamu.

Handbody merupakan salah satu produk kecantikan yang digunakan untuk melembabkan dan menutrisi kulit tangan dan bagian tubuh lainnya seperti kaki, tangan atau bahkan wajah.

Handbody umumnya mengandung pelembab, antara lain glycerin, dimethicone, atau minyak herbal seperti minyak zaitun atau minyak jojoba. Kandungan tersebut mampu menjaga kelembapan alami kulit serta mencegah kulit mengering dan menjadi kasar.

Produk handbody tersedia dalam berbagai macam aroma dan merek berbeda, serta bisa digunakan sebagai perawatan sehari-hari untuk menjaga kulit tetap sehat dan terawat.

6 Ciri Ciri Tidak Cocok Handbody

Penggunaan handbody yang tidak tepat akan menjadi masalah. Kulit setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing, dan bahan-bahan handbody tidak selalu cocok untuk semua orang. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih produk handbody yang menyehatkan kulit. Berikut ciri ciri tidak cocok handbody.

1. Iritasi Kulit

Peradangan kulit merupakan salah satu risiko yang mungkin timbul karena penggunaan handbody yang tidak tepat. Tanda dan gejala umum adalah gatal, kemerahan, dan pengelupasan kulit. Apabila tidak ditangani dengan baik, maka peradangan kulit bisa bertambah parah dan mengakibatkan infeksi.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri ciri tidak cocok handbody supaya terhindar dari iritasi. Jika peradangan kulit terjadi setelah penggunaan handbody. Jadi sebaiknya segera cegah penggunaannya dan konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

MPM Beauty

2. Menyebabkan Alergi

Gejala alergi yang sering muncul akibat penggunaan handbody yang tidak tepat pada kulit yaitu bengkak, gatal, dan ruam. Terkadang, alergi yang lebih parah bisa menyebabkan kulit menjadi merah dan melepuh, terlebih lagi disertai dengan nyeri.

Apabila timbul tanda dan gejala alergi setelah penggunaan handbody. Akan lebih baik jika kamu menghindari penggunaannya dan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.

3. Kulit Menjadi Kering

Kulit kering merupakan salah satu ciri ciri tidak cocok handbody. Menggunakan handbody yang tidak sesuai dengan jenis kulit bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar. Hal ini terjadi karena bahan-bahan yang terkandung dalam handbody tidak sesuai dengan jenis kulit. Sehingga mampu menghilangkan kelembapan alami dari kulit.

Selain itu, penggunaan handbody yang terlalu sering atau berlebihan juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh karena itu, penting untuk memilih handbody yang sesuai dengan jenis kulit kamu dan menggunakannya dengan tepat. Artinya menggunakan handbody secukupnya dan tidak terlalu banyak. Gunakan handbody supaya kulit kamu tetap terjaga kelembapannya dan tetap sehat.

4. Rasa Lengket

Beberapa jenis handbody bisa meninggalkan rasa lengket atau berminyak pada kulit setelah digunakan. Hal ini khususnya terjadi pada handbody yang mengandung bahan-bahan berkualitas rendah atau terlalu banyak minyak. Selain itu, orang dengan kulit berminyak seringkali lebih sensitif terhadap produk yang meninggalkan rasa lengket atau berminyak pada kulit.

Untuk menghindari rasa lengket atau berminyak pada kulit setelah penggunaan handbody, sebaiknya pilih produk yang mengandung bahan pelembab terbaik yang dapat dengan mudah diserap melalui pori-pori dan kulit, seperti hyaluronic acid atau aloe vera.

Selain itu, pastikan untuk membaca label dengan cermat dan mencari produk yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. Apabila kamu merasa tidak nyaman, maka kamu perlu berkonsultasi dengan dokter kulit agar direkomendasikan produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

5. Gatal

Jika muncul sensasi gatal di kulit setelah penggunaan handbody, ini mungkin pertanda ciri ciri tidak cocok handbody untuk kulit kamu. Kulit yang gatal bisa jadi disebabkan oleh iritasi atau alergi yang timbul karena bahan-bahan yang terkandung di dalam handbody.

Selain rasa gatal, gejala lain yang selalu dirasakan adalah munculnya ruam, kemerahan, bengkak atau pengelupasan pada kulit. Apabila kamu mengalami reaksi ini, maka kamu harus menghentikan penggunaan produk sekarang juga dan mencari handbody yang sesuai dengan jenis kulit.

6. Tidak Memberikan Kelembapan Yang Cukup

Jenis kulit yang berbeda-beda membutuhkan perawatan yang berbeda-beda, termasuk penggunaan handbody. Bahan-bahan terkandung dalam handbody yang tidak sesuai dengan jenis kulit seseorang juga dapat menyerap kelembapan alami kulit, sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan rentan terhadap iritasi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih handbody yang tepat sesuai dengan jenis kulit untuk memberikan kelembapan pada kulit, serta menjaganya tetap sehat dan terawat. Untuk kulit kering, sebaiknya pilih produk yang memiliki kandungan pelembab tinggi seperti dimethicone atau gliserin.

Sedangkan untuk jenis kulit normal atau berminyak, pilihlah handbody yang ringan dan cepat menyerap ke dalam kulit, serta yang mengandung air atau gel.

Baca Juga : Jenis Kulit Yang Susah Putih, Ini Mungkin Penyebabnya!

Kesalahan Ketika Menggunakan Handbody

Banyak orang yang mungkin belum menyadari bahwa pemilihan handbody yang salah dapat menyebabkan masalah kulit. Berikut beberapa kesalahan ketika menggunakan handbody yang dapat membahayakan kulit.

1. Mengaplikasikan Terlalu Banyak

Mengoleskan handbody secara berlebihan bisa menyebabkan masalah kulit. Misalnya, pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan jerawat atau infeksi bakteri pada kulit. Hal ini terjadi karena terlalu banyaknya handbody yang diaplikasikan pada kulit. Sehingga hal tersebut bisa menyebabkan peningkatan minyak pada kulit.

Apabila minyak tidak dibersihkan dengan benar, maka komedo akan terbentuk dan menyumbat pori-pori, kemudian menyebabkan jerawat dan infeksi bakteri pada kulit. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan jumlah yang cukup pada kulit dan menghindari penggunaan handbody berlebihan.

2. Penggunaannya Tidak Merata

Penting untuk diingat bahwa setiap bagian kulit di tubuh membutuhkan pelembab. Oleh karena itu, jangan hanya memperhatikan bagian-bagian yang terkena udara dan sinar matahari, seperti telapak tangan dan kaki. Jangan lupa untuk mengaplikasikan handbody ke seluruh tubuh setelah mandi.

Hal ini bermanfaat dalam menjaga kelembapan kulit dari risiko kekeringan akibat udara panas atau dingin dan penggunaan produk perawatan kulit yang keras. Ini juga dapat menyelamatkan kulit kamu dari kekeringan.

3. Oleskan Saat Kulit Kering

Untuk mendapatkan hasil maksimal saat menggunakan handbody, sebaiknya diaplikasikan saat kulit masih lembap atau basah, termasuk sehabis mandi. Hal ini dikarenakan kulit yang lembap membuat kandungan handbody lebih mudah terserap, sehingga kulit susah untuk terhidrasi.

Oleh karena itu, disarankan untuk sering menggunakan handbody dan mengaplikasikan pada kulit yang masih lembab, yakni setelah mandi. Dengan begitu, manfaat handbody bisa lebih optimal sehingga kulit lebih sehat, terhidrasi, dan terhindar dari permasalahan kulit berbahaya.

Baca Juga : Cara Menggunakan Air Mawar Sebelum Tidur, Bangun Auto Glowing

4. Mengandung Zat Kimia Yang Berisiko

Paraben dan benzophenone-3 merupakan bahan kimia yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit, termasuk handbody. Tetapi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan paraben dalam jangka panjang bisa menyebabkan gangguan hormon.

Sementara itu, benzophenone-3 bisa menyebabkan iritasi kulit atau bahkan meningkatkan risiko berkembangnya kanker pada hewan percobaan. Itu sebabnya sangat penting untuk memilih handbody yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya, dan perhatikan informasi pada label kemasan produk. Lebih baik lagi, pilihlah handbody yang terbuat dari bahan herbal dan aman untuk kulit.

Itulah ciri ciri tidak cocok handbody yang harus kamu ketahui. Penting untuk memilih handbody yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit kamu. Jika kamu tertarik untuk membuat produk kecantikan menggunakan nama brand sendiri, kamu bisa menghubungi Customer Service MPM Beauty untuk informasi seputar maklon kosmetik dan skincare terbaik.

Tinggalkan Balasan