Centella Asiatica

Yuk, Berkenalan dengan Centella Asiatica

Yuk, Berkenalan dengan Centella Asiatica – Centella Asiatica, wah nama yang terdengar asing untuk kita ya. padahal tanaman ini sadar tidak sadar sering kita temui loh dalam kehidupan sehari-hari, seperti di pinggir jalan misalnya. Tanaman ini biasanya tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia.

Centella Asiatica atau tanaman dengan nama lain daun pegagan ini adalah tumbuhan merayap menutupi tanah, tidak berbatang, dan memiliki daun berbentuk agak bundar seperti ginjal dengan pinggiran yang berombak atau bergerigi, dengan tinggi tanaman dapat mencapai 10-50 cm.

Selain itu ternyata tanaman Centella Asiatica telah sering digunakan di Indonesia. Sebagai obat kulit, ramuan mempelancar peredaran darah, obat gangguan pada saraf, bahkan sebagai lalapan di Jawa Barat.

Nah, Centella Asiatica ini punya banyak manfaat loh untuk kecantikan dan kesehatan. Centella Asiatica memiliki kandungan asiatikosida, madekasosida, asam asiatik, dan asam madekasik. Selain itu Centella Asiatica juga mengandung mineral seperti magnesium, kalium, dan natrium. Dengan begitu banyak kandungan yang bermanfaat, apa saja sih manfaat tanaman Centella Asiatica?

 

Baca juga: HATI-HATI! Kenali Perbedaan Lipstik Asli atau Palsu

 

Khasiat Centella Asiatica untuk Kecantikan

Dengan kandungan aktif yang begitu banyak. Daun Pegagan sangat berkhasiat untuk kecantikan. Apa saja khasiatnya? Mari kita baca bersama.

Menambah Pembentukan Kolagen

Semakin bertambahnya pembentukan kolagen dalam tubuh, kulit akan semakin kenyal dan elastis. Bahkan sampai mencegah penuaan dini. Nah, Centella Asiatica mendorong peningkatan produksi kolagen dalam tubuh.

Mencegah Penuaan Dini

Seperti yang dibahas sebelumnya, karena dukungan Centella Asiatica dalam peningkatan produksi kolagen, kulit menjadi lebih kenyal dan mencegah penuaan dini. Selain itu kandungan antioksidan yakni flavonoid dan madecassoside, berkhasiat menangkal radikal bebas, polusi dan sinar ultraviolet. Tentunya kedua faktor tersebut mencegah proses penuaan dini.

Mengobati Jerawat

Centella Asiatica sudah terkenal sebagai obat jerawat yang ampuh. Bila muncul jerawat di kulit wajah anda, segera redakan jerawat tersebut dengan skincare yang mengandung Daun PegaganDan dijamin jerawat anda akan reda dengan cepat. Selain itu Daun Pegagan juga menyamarkan bekas jerawat dan hiperpigmentasi.

Semakin Melembabkan Kulit

Bagi kalian yang belum mengetahuinya. Skincare dengan kandungan Daun Pegagan seperti toner, serum atau cream, akan terasa sensasi dingin ketika diaplikasikan ke wajah. Jelas saja karena Daun Pegagan bersifat menenangkan kulit dengan sensasi soothing-nya.

Tidak hanya itu, Daun Pegagan merupakan zat pelembab yang cocok untuk mereka dengan kulit sensitif. Di samping itu kandungan asam amino dan beta-karoten dalam Daun Pegagan juga menutrisi kulit.

Menyehatkan Kulit

Dengan kulit yang terjaga kelembabannya, kulit akan menjadi lebih halus, kenyal dan semakin cerah. Terlebih lagi Daun Pegagan dengan kemampuan soothing-nya, semakin membuat kulitmu glowing dan sehat.

Memacu Regenerasi Luka

Jauh sebelum menjadi bahan dalam skincare, Daun Pegagan sudah terlebih dahulu dikenal sebagai obat radang kulit, seperti eskim. Selain itu Daun Pegagan sering dipasarkan sebagai bahan salep atau ekstrak minuman.

Karena itu tidak mengherankan Daun Pegagan sering digunakan untuk mengobati luka ringan seperti luka iris atau luka terkelupas. Kandungan triterpenoid dalam Daun Pegagan berkhasiat mengobati luka dan mencegah infeksi.

 

Baca juga: Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan Kulit

 

Khasiat Centella Asiatica untuk Kesehatan

Selain kecantikan Daun Pegagan juga berkhasiat untuk kesehatan. Apa saja khasiatnya? Mari kita baca bersama.

Mengoptimalkan Fungsi Kognitif Otak

Berbagai penelitian mengatakan bahwa Daun Pegagan memiliki manfaat yang positif untuk daya ingat seseorang. Selain itu Daun Pegagan juga mengoptimalkan fungsi kerja otak.

Mengurangi Stress

Hasil penelitian lainnya mengatakan Daun Pegagan menurunkan stress. Daun Pegagan mengurangi rasa cemas dan stress dengan demikian juga mencegah insomnia.

Memperlancar Aliran Darah

Ekstrak Daun Pegagan memperlancar aliran darah. Sehingga mengobati penyakit pendarahan seperti varises. Kandungan triterpernes dalam Daun Pegagan mempermudah penyaluran darah dalam pembuluh darah.

Menyembuhkan Penyakit Alzheimer

Ekstrak daun pegegan dapat menolong menurunkan gejala dari alzheimer. Hasil riset menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada kondisi pasien alzheimer berkat ekstrak Daun PegaganAda hipotesis bahwa Daun Pegagan berperan dalam perlindungan sel-sel otak dari serangan plak oleh penyakit alzheimer.

Meredam Sakit pada Persendian

Daun Pegagan menurunkan erosi pada pada tulang rawan dan menurunkan kadar inflamasi yang muncul.

Centella Asiatica

Leave a Reply