Tips & Trik Atasi Sunburn

Tips & Trik Atasi Sunburn

Tips & Trik Atasi Sunburn – Sunburn adalah kondisi kulit kemerahan dan terasa perih seperti terbakar. Selain itu kulit juga akan mengelupas setelah beberapa hari. Umumnya sunburn disebabkan kulit terlalu lama terpapar sinar ultraviolet secara berlebihan baik berasal dari matahari maupun buatan seperti mesin tanning.

Gejala Sunburn

Gejala sunburn berbeda untuk setiap individunya. Sunburn sendiri juga dipengaruhi warna kulit dan durasi kulit terpapar sinar UV. Contohnya, orang berkulit putih mungkin akan terkena sunburn setelah 15 menit terpapar sinar matahari, selagi orang berkulit cokelat dapat menanggung sinar matahari selama berjam-jam.

Gejala sunburn yang umum adalah

  • Kulit memerah
  • Terjadi pembengkakan
  • Terasa perih
  • Terasa panas
  • Kulit melepuh
  • Muncul iritasi

Dan apabila sunburn mencapai tingkat lanjut yang parah dapat menyebabkan dehidrasi, syok, infeksi, bahkan meninggal.

atasi sunburn

Cara Atasi Sunburn
Kompres Dengan Air Dingin

Salah satu cara atasi sunburn adalah dinginkan tubuh dengan merendam selama beberapa detik. Lalu carilah tempat untuk berlindung dari sinar matahari. Kemudian kompreskan bagian yang terkena sunburn dengan air dingin atau es. Perlu perhatian, jangan tempelkan es langsung ke kulit. Metode lain adalah dengan mandi air dingin, tetapi jangan gunakan sabun yang terlalu keras karena mungkin menyebabkan iritasi.

Memakai Pelembab

Memakai pelembab akan membantu meredakan rasa perih pada bagian yang terkena sunburn. Oleskan pada bagian yang terasa perih. Tetapi hati-hati dalam memilih pelembab karena bahan dalam pelembab mungkin menyebabkan alergi dan iritasi. Jadi perhatikan baik-baik kandungan pada pelembab tersebut, hindari bahan seperti benzocaine.

Banyak Minum Air Putih

Salah satu metode atasi sunburn adalah banyak meminum air putih. Luka bakar akan membutuhkan banyak cairan tubuh untuk memperbaikinya. Jadi selalu isi cairan tubuhmu sehingga tidak dehidrasi.

Minum Obat Anti-Peradangan

Meminum obat anti peradangan membantu meredakan luka bakar dan inflamasi. Obat tersebut bisa dikonsumsi hingga kondisi sunburn membaik.

Jangan Menekan Bagian Kulit yang Melepuh

Jangan menekan bagian kulit yang melepuh karena akan mengkontaminasi serum dan pelindung kulit. Sehingga proses penyembuhan terhambat dan kemungkinan terjadi infeksi. Tutuplah bagian yang melepuh dengan kasa steril. Setelah itu jika lepuhan pecah, bersihkan bagian yang melepuh dengan sabun dan bilas dengan air.

 

Baca juga: Jerawat di Usia Tua? Begini Cara Mengatasinya

 

Kelupas Kulit Dengan Lembut

Setelah beberapa hari, kulit pada bagian sunburn akan mengelupas. itu artinya kulit mengalami regenerasi, membuang sel kulit yang rusak dan menumbuh sel kulit baru. Kelupaslah kulit secara perlahan dan gunakan pelembab.

Lindungi Kulit Anda

Kenakan pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari selama proses penyembuhan. Gunakan bahan yang tidak dapat ditembus cahaya. Akan tetapi jangan mengenakan pakaian yang terlalu ketat. Pakailah pakaian yang longgar agar kulit memiliki ruang untuk bernapas.

Pergi ke Dokter

Jika kondisi kulit semakin parah, sampai anda mengalami demam, segeralah meminta bantuan medis untuk penyembuhan.

 

Baca juga: Jasa Maklon Body Serum dari MPM untuk Anda

 

Pencegahan sunburn bisa dengan mengunakan tabir surya atau krim siang dengan kandungan SPF 30. Selain itu bisa dengan mengenakan pakaian berlengan panjang, topi berujung melebar, dan kacamata hitam untuk melindungi tubuh dari sinar UV.

Meskipun kulit yang terkena sunburn akan sembuh, terkena sinar UV dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan yang berjangka panjang. Kerusakan ini beresiko menyebabkan kanker kulit. jadi selalu hati-hati dan jaga kulitmu.

Tinggalkan Balasan