Taktik Jitu Mulai Bisnis. Tunggu Apa lagi?

Taktik Jitu Mulai Bisnis. Tunggu Apa lagi?

Taktik Jitu Mulai Bisnis. Tunggu Apa lagi? – Memulai bisnis adalah mimpi banyak orang. Tentu saja, selain dapat menjalankan bisnis yang disukai, anda juga bisa mendapat omset yang menggiurkan.

Tetapi, menjalankan bisnis tidak semudah yang dikira. Usaha yang sepi, bahan baku yang harganya mahal, kekurangan modal, kekurangan pegawai, dan hambatan-hambatan lainnya yang membuat kamu gagal menjalankan usaha.

Nah berikut ini adalah taktik jitu memulai bisnis yang bisa kamu terapkan

Riset Pasar dan Tentukan Usaha Kamu

Banyak jenis usaha yang dapat kamu jalani. Bidang kecantikan, kuliner, manufaktur, perdagangan, dan bidang-bidang bisnis lainnya.

Akan tetapi, apapun bisnis yang ingin kamu jalani, langkah awal memulai bisnis risetlah pasarnya terlebih dahulu. Dan juga fokuslah pada bidang bisnis yang kamu pilih. Terutama ketika memulai usaha dimana modal masih terbatas dan belum mendapat keuntungan.

Melakukan riset dan meneliti keadaan pasar memiliki dampak yang besar dalam memulai usaha loh. Dengan meriset pasar, kamu dapat melihat peluang bisnis, pesaing, dan langkah yang tepat untuk menjalankan bisnis kamu. Dan meski kamu memulai dengan modal yang kecil sekalipun, riset pasar bisa menjadi langkah awal kamu mendapat keuntungan besar.

memulai bisnis

Penempatan Modal

Setelah menentukan jenis bisnis dan meriset pasar, langkah selanjutnya adalah menempatkan modal. Dengan menempatkan dan memperhitungkan pengeluaran modal, maka pengoperasian bisnis dapat berjalan lebih efisien, terutama ketika kamu baru memulai bisnis. Penempatan modal yang perlu kamu perhatikan ada 2 yaitu

Capital expenses, modal untuk perlengkapan bisnis, transportasi, dan peralatan. Misalnya kamu membuka usaha menjual cemilan online, maka capital expense bisnis ini adalah membuat toko online, komputer, internet, dan stok cemilan.

Operational expenses, modal operasional. Cakupannya adalah gaji karyawan, biaya listrik, telepon, dan biaya kebutuhan lainnya.

Carilah Bahan Baku Berkualitas

Usaha tanpa bahan baku, maka apakah yang akan ditawarkan pada pembeli? Tentu saja bahan baku mempunyai nilai yang penting dalam mengembangkan bisnis. Sehingga bahan baku yang berkualitas tentu akan diperlukan.

Carilah referensi supplier sebanyak mungkin dari teman, lingkungan sekitar dan internet. Carilah supplier yang menyediakan bahan baku berkualitas tentunya.

Setelah menemukan supplier yang tepat, negosiasikan harga yang pas dengan supplier. Jalinlah hubungan baik dengan supplier karena bagaimanapun merekalah pemasok bahan baku untuk bisnis anda.

 

Baca juga: Ketahanan Lama Sebuah Skincare

 

Menentukan Lokasi Usaha

Lokasi usaha memiliki peranan besar dalam memulai bisnis. Semakin strategis lokasi usaha kamu, semakin berpotensi bisnis kamu akan berkembang.

Namun lokasi bisnis yang strategis mungkin akan sulit bagi pebisnis pemula karena terbatasnya modal. Alternatif yang bisa dilakukan adalah mencoba memulai bisnis rumahan.

Misalnya ketika membuka bisnis kuliner makanan dan minuman. Mulai menjual dari rumah anda dengan memasang etalase saja di halaman rumah atau membuka katering di rumah sendiri.

Selain itu kamu dapat mulai menawarkan usaha kamu pada tetangga kamu terlebih dahulu. Jika hasilnya memuaskan mereka mungkin akan merekomendasikan pada lingkungan sekitar mereka juga dan tentu nama bisnis kamu akan meluas.

Siapa tahu dengan memulai bisnis dari bisnis rumahan, di masa depan kamu bisa memiliki tempat yang lebih strategis.

Promosikan Usaha Kamu Melalui Media Online

Di masa teknologi yang telah maju dan internet sudah merupakan keseharian masyarakat, salah satu taktik jitu ketika memulai bisnis adalah promosi melalui media online seperti sosial media. Terlebih media online memiliki harga yang terjangkau dibanding banner, billboard, dan media iklan lainnya. Terutama sekarang ini media sosial memiliki fitur ads yang dapat membuat promosi bisnis anda menjadi lebih optimal.

 

Baca juga: Atasi Kulit Kering Anda. Segera!!!

 

Nah itulah taktik-taktik jitu yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnismu ya. Semoga bermanfaat dan bisnis kamu bisa berkembang semakin besar.

Tinggalkan Balasan