Jerawat di Usia Tua? Begini Cara Mengatasinya

Jerawat di Usia Tua? Begini Cara Mengatasinya

Jerawat di Usia Tua? Begini Cara Mengatasinya – Pada masa remaja, jerawat merupakan hal yang wajar saja muncul. Namun, tidak hanya di masa remaja, perubahan hormon di masa tua juga dapat menimbulkan jerawat. Selain perubahan hormon, gaya hidup juga mempengaruhi seperti, kotoran atau debu, makanan berminyak dan makanan manis.

Perubahan hormon pada masa pubertas, menopause, dan kehamilan menguncang keseimbangan hormon androgen yang membuat meningkatkan produksi minyak sebum di kulit. Kelenjar kulit orang yang berjerawat biasanya sensitif dengan perubahan hormon, sehingga produksi minyak sebum menjadi meningkat. akan tetapi pada saat itu, sel-sel kulit mati tidak terbersihkan dengan baik sehingga menumpuk dan menutupi folikel.

Penutupan folikel dan bercampurnya minyak menjadi sarang untuk bakteri berkembang biak yang menyebabkan munculnya jerawat.

Berikut ini adalah cara mengatasi jerawat di usia tua

Mengatur Pola Makan

Penyebab utama jerawat di usia tua (kisaran 50 tahun ke atas) adalah perubahan hormon. perubahan hormon ini menyebabkan hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang dan mengalami gangguan. Karena itu salah satu cara mengatasi jerawat di usia tua adalah mengatur pola makan. Mengubah pola makan dapat membantu menyeimbangkan hormon pada tubuh. Anjuran untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan omega-3.

mengatasi jerawat di usia tua

Mencuci Wajah Secara Teratur

Salah satu cara mengatasi jerawat di usia tua adalah mencuci muka. Mencuci wajah bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menyumbat pori-pori kulit wajah. Gunakan sabun wajah yang mengandung Salicylic Acid untuk mencuci wajah. Cucilah wajah sehari dua kali agar pencegahan jerawat efektif.

Teknik Penguapan Wajah

Cara lain mengatasi jerawat di usia tua adalah teknik penguapan wajah. Cara melakukan proses penguapan wajah adalah teteskan minyak pohon teh ke baskom berisi air panas. Dekatkan wajah ke air panas dan tutup kepala dengan handuk. Minyak pohon teh ini berfungsi membuka pori-pori pada wajah dan selanjutnya menyeimbangkan kadar pH pada kulit wajah. Setelah penguapan wajah, keringkan wajah dengan handuk dan oleskan minyak pohon teh pada wajah.

 

Baca juga: Jasa Maklon Body Serum dari MPM untuk Anda

 

Detoksifikasi Kulit

Cara lain untuk mengatasi jerawat di usia tua adalah detoksifikasi. Ada banyak cara untuk detoksifikasi pada kulit, salah satu caranya adalah meditasi. Berlatih yoga juga saran yang bagus untuk mecegah jerawat dari dalam. Sebab stres juga adalah salah satu penyebab jerawat juga loh.

 

Baca juga: Taktik Jitu Mulai Bisnis. Tunggu Apa lagi?

 

Nah itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat di usia tua untuk kamu ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan